Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Waralaba Frozen Food Terlaris! Syarat dan Keuntungannya

2 komentar
Konten [Tampil]

waralaba frozen food

Pingin deh bisnis Waralaba Frozen Food gitu. Jadi sekarang belajar dulu nih tentang syarat, keuntungan, kelemahan, serta beberapa cara menjadi mitra franchise frozen food.

Apalagi pandemi ini masih belum berakhir, malah ada lagi gelombang cinta (eh 3). Semoga setelah ini bumi membaik dan sembuh ya. Aamiin paling serius. Jadi frozen food masih jadi jalan ninjaku untuk stok makanan di kulkas.

Tapi ngomong-ngomong soal waralaba ini, apa aja sih syarat-syaratnya? Jadi sama-sama kita ulik yuk di artikel ini secara mendalam (asik).


Perbedaan waralaba dan franchise

Sebenarnya waralaba adalah nama lain dari franchise. Kamu sering nggak lihat tempat makan atau resto yang namanya sama dan cabangnya banyak di mana-mana? Nah, bisa jadi bisnis itu waralaba/franchise, guys.

Beberapa contoh waralaba yang saat ini telah berkembang misalnya dalam bidang kuliner atau makanan seperti Thai Tea, minuman Boba, Sabana, Kebab Baba Rafi dan brand lainnya.

Selain itu, waralaba juga dapat berbentuk retail mini outlet seperti Indomaret, Yomart, Alfamart, dll. Nah di artikel ini akan membahas waralaba frozen food.

Yang namanya waralaba tentu melibatkan 2 pihak kan. Jadi perlu banget nih kita paham, apa aja sih syarat-syarat yang membuat suatu perjanjian itu dikatakan sah?


Perjanjian/syarat waralaba atau franchise

Berikut adalah syarat sah dalam melakukan perjanjian kerjasama:

- Masing-masing pihak punya kompetensi untuk membuat kesepakatan.
- Hal-hal yang dibicarakan dalam perjanjian harus jelas.
- Tidak boleh bertentangan dengan hukum dan norma.


Dalam perjanjian waralaba sekurang-kurangnya memuat :

  1. Nama dan alamat lengkap franchisor dan franchisee.
  2. Hak kekayaan intelektual yang diberikan franchisor kepada franchisee. Meliputi apa saja? Bisa berupa merek, desain, logo, bumbu, sistem manajemen, desain outlet, dll.
  3. Harga kemitraan yang ditawarkan oleh franchisor kepada franchisee. Selain itu, pemberian royalti kepada franchisor kepada franchisee, lengkap dengan prosedurnya.
  4. Aktivitas bisnis, bisa berupa pelayanan, kuliner, pendidikan, dll
  5. Fasilitas yang disediakan apa saja? Bisa berupa pembinaan, pelatihan, perawatan peralatan, dll.
  6. Daerah bisnis yang diperbolehkan, misalnya hanya di Jawa dan Bali, dll.
  7. Periode kerjasama juga perlu dibicarakan. Termasuk prosedur perpanjangan usaha, hingga pemutusan perjanjian usaha.

syarat kerjasama waralaba

Keuntungan & kelemahan bisnis waralaba/franchise

Dilansir dari jurnal.id, paling tidak ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat saat memutuskan untuk berbisnis waralaba/franchise, yaitu meliputi :

  • Manajemen bisnis telah terbangun
  • Merek atau brand sudah dikenal masyarakat
  • Kerjasama yang telah terbangun sejak awal
  • Peluang sukses yang lebih cepat
  • Manajemen finansial lebih mudah


Namun, ada keuntungan tentu ada kelemahannya. Masih dari sumber yang sama, berikut adalah kelemahan bisnis waralaba, yaitu:

  1. Kurangnya kendali dari pembeli waralaba terhadap bisnisnya sendiri (sistem ditentukan pemilik waralaba). 
  2. Meskipun bisnis waralaba memiliki pasar yang matang, para pembeli waralaba biasanya terjebak dalam tren pasar. Perilaku konsumen yang berubah-ubah pada tren memengaruhi bisnis. 
  3. Ketergantungan pada reputasi waralaba lainnya. Jika waralaba lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi, maka akan memengaruhi waralaba yang sedang kamu kelola.
  4. Membutuhkan modal yang lebih banyak (biaya awal dan biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan bagi para pembeli waralaba).
  5. Adanya pemotongan keuntungan. Pembeli waralaba memiliki kewajiban membayar royalti dari sejumlah keuntungan yang didapatkan.


Apa itu frozen food?

Menurut Indah Sarwuni (2021), Frozen Food adalah serangkaian proses pengawetan dalam produk makanan dengan langkah mengubah seluruh kandungan air menjadi bentuk sehingga aktivitasnya mampu menghambat pembusukan serta memiliki batas waktu simpan.

Tahap pembuatan Frozen Food antara lain melalui proses:

  • Persiapan raw material
  • Proses pencetakan atau forming
  • Pelapisan (coating)
  • Penggorengan (frying)
  • Pembekuan (freezing)
  • Pengemasan (packaging)

Makanan frozen yang banyak beredar di masyarakat kita, meliputi dimsum/siomay, nugget, sosis, bakso, risoles, donat, piscok, empek-empek, kebab, ayam ungkep, dan masih banyak lagi lainnya.


Waralaba frozen food terlaris

1. Waralaba frozen food Fiesta

waralaba frozen food fiesta

Produk Fiesta ini diproduksi di PT Primafood International. Fiesta merupakan salah satu nama merek milik PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CP Food) yang menjual berbagai produk frozen food mulai dari sosis, ayam, nugget, dll.

Produk-produk yang dihasilkan sudah memiliki Sertifikat HACCP, Sertifikat Halal dari MUI, Terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) Dengan Nomor NKV, RPHU (Rumah Potong Hewan Unggas), dan UPD (Usaha Pengolahan Daging)

Jenis produknya meliputi : GOLDEN FIESTA, FIESTA, FIESTA READY MEAL, FIESTA READY TO SERVE, FIESTA READY TO EAT, FIESTA FRESH EGGS, CHAMP, AKUMO, OKEY, dan ASIMO.

Cara mendaftar menjadi mitra Fiesta :

1. Bisa daftar ke websitenya di cpfood.co.id klik "BE SELLER"

2. Adapun data-data yang wajib diisi dalam formulir pendaftaran : Alamat email, Jenis usaha, Nama lengkap sesuai KTP, Alamat toko, Area toko, Nomor telepon, Foto KTP, Foto NPWP, Foto KK, Foto bukti setor pajak.

3. Persyaratan menjadi mitra usaha PT. Primafood International

  • Calon Mitra sudah memiliki freezer sendiri.
  • Mitra usaha melakukan pembelian produk frozen dengan minimal order 10 box.
  • Bersedia untuk dilakukan survey oleh tim PFI sesuai dengan waktu yang disepakati kedua belah pihak.
  • Hanya untuk produk olahan ayam & sapi.


2. Kemitraan usaha frozen food Belfoods

frozen food belfoods

Produk yang terkenal selain Fiesta adalah Belfoods. Belfoods merupakan bagian dari PT Sreeya Sewu Indonesia, Tbk yang memiliki bisnis terintegrasi, mulai dari peternakan hingga pabrik pengolahan ayam.

Belfoods memiliki pabrik yang berlokasi di Jonggol, Bogor, Jawa Barat dengan 4 lini produksi utama, yaitu lini nugget, lini bakso, lini sosis, dan lini mantau.

Belfoods memproduksi berbagai produk makanan olahan beku yang berkualitas dan dipasarkan dengan berbagai merek antara lain Belfoods Royal, Belfoods, dan Belfoods Uenaaak.

Belfoods telah memperoleh sertifikasi ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu), ISO 22000 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan), dan Sertifikasi Jaminan Halal untuk setiap produknya.


Cara mendaftar menjadi mitra Belfoods :

Aku sudah mengunjungi kanal belfoods.com tapi pada bagian "info agen" nampaknya sudah tidak update. Yang bisa diakses adalah link Blibli untuk belanja produk Belfoods secara online.

Namun setelah menjelajah aku menemukan cara menjadi mitra Belfood di agenusaha.com, yaitu : Ada yang namanya program BIKIN UNTUNG Belfoods, untuk informasi lengkapnya bisa chat ke WA 081311899895.

Selain itu, untuk menjadi agen Belfoods kamu juga bisa menanyakannya ke sales Belfoods di daerahmu. Tapi ternyata nggak semua daerah tersedia sales Belfoods.

Adapun daerah yang tersedia yaitu Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Pekanbaru, Mojokerto, Makasar, Jakarta, Batam, Bandung, Timor-Timur, Tegal, Sidoarjo, Madura, NTB, NTT, Malang, Kediri, Purbalingga, Banjarmasin, Jakarta, Bali, Lampung, Cianjur, Cirebon, Medan, Bangka Belitung, Banten, Samarinda, dan Palembang.

Dengan menjadi agen Belfoods, kamu nggak perlu repot-repot untuk bikin makanan beku sendiri untuk dijual. Selain itu, agen juga akan dipinjami freezer, sehingga agen tak perlu modal untuk beli freezer.


3. Kemitraan usaha frozen food Bekasi

agen frozen food bekasi

Buat Bekasi dan sekitarnya, aku ada info nih. Untuk yang memiliki modal tidak terlalu besar, kamu juga bisa dengan metode reseller.

Namanya CV. Adzami Bogatama, ini perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan ringan beku.

CV ini mengawali bisnisnya dengan hanya satu jenis produk saja (Frozen Kebab) dan pemasaran yang baru melalui teman-teman dekat, namun kini sudah produk CV.

Adzami Bogatama menjual lima jenis frozen yaitu : Frozen Kebab, Pempek, Tekwan, Donat dan Pizza, masing-masing jenis juga memiliki beberapa varian.

Jika kamu join menjadi reseller mereka, kamu nggak perlu repot karena materi iklan promosi online sudah up to date dari mereka. Jadi, kamu nggak perlu lagi mikirin mau posting atau promosi apa. Produknya juga ready stock.

Untuk join reseller, kamu bisa menuju ke website adzamibogatama.co.id, masuk ke "Reseller", tinggal isi deh formnya.

***

Penutup

*Note: aku nggak kenal dan nggak ada hubungannya dengan pihak penyelenggara waralaba di atas. Jadi diharapkan sebelum transaksi telusuri lebih dalam ya gaes untuk menghindari penipuan. Thanks!

Akhirnya sekarang kamu paham apa itu waralaba/franchise, syarat, keuntungan, kelemahannya, hingga cara join bisnis di beberapa tempat yang menyediakan frozen food.

Semoga artikel Waralaba Frozen Food Terlaris! Syarat dan Keuntungannya ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa clear & clarify dulu ya sebelum membeli untuk menghindari penipuan :)

ibu di balik gawai

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

2 komentar

  1. Mbaam, betah deh aku scroll blognyaa, nyaman banget di mata. Artikel nya juga informatif banget. Gambarnya juga sedap dipandang. Aiish, sukaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak ya mbak dah mampir ;) hehe you made my day <3

      Hapus

Posting Komentar