Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Franchise Dibawah 1 Juta, Ide Makanan Minuman Kekinian!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Franchise Dibawah 1 Juta

Franchise dibawah 1 juta memangnya ada? Nah, franchise ini adalah bisnis yang makin lama makin digandrungi karena praktis dan tidak perlu marketing mandiri yang repot. Bahkan artis-artis saja memiliki bisnis yang menjaring banyak mitra kerja alias franchise ini.

Sepintas kita lihat si Jerome Polin, anak Suroboyo yang mendapatkan beasiswa di Jepang dengan studi Matematika. Bersama kakak dan partner, dia membuka franchise Menantea. Tentu member franchisenya nggak perlu repot-repot promo. Karena Menantea sendiri sudah ada strategi marketingnya.

Artis lain adalah si Fadil Jaidi, dia menawarkan waralaba Traffic Bun. Menu dominan burger ini juga sudah memiliki banyak cabang. Promonya juga sudah dijamin bagus karena icon si Fadil sendiri sudah memiliki engagement yang keren.

Namun masalahnya, seberapa mahal franchise yang ditawarkan? Kemarin saja aku sempat menulis modal yang diperlukan untuk mendaftar waralaba kopi kekinian hingga 70-150 juta. Aku jujur nggak survey si Menantea dan Traffic Bun ini berapa. Hanya terbayang aja sih hahaha.

Tapi tenang, di sini aku akan mengulik, apa aja ya franchise dibawah 1 juta yang bisa kita lirik? Memangnya ada? Siapa tau ya kan punya rezeki lebih untuk bisa join juga. Amin dulu ya kan.


1. Franchise dibawah 1 juta

Anyway, aku pernah menuliskan mengenai franchise/waralaba di artikel Waralaba Frozen Food Terlaris. Di sana aku menuliskan mengenai:

  • Definisi franchise
  • Perjanjian/syarat waralaba atau franchise
  • Keuntungan & kelemahan bisnis waralaba/franchise

Nah selebihnya aku akan memberikan tips umum dalam mejalani bisnis waralaba. Yang pertama, kamu harus mengenal betul seluk beluk franchise tersebut. Misalnya perjanjiannya, royalti dan aturan pengikat sejenisnya.

Kedua, jangan lupa untuk atur budget, jangan terlalu memaksakan kehendak dengan berhutang yang nggak sesuai syariat. No riba ya! Dosa wkwk! Atur sesuai kemampuan diri aja atau pinjam yang sesuai syariat. Apalagi perlu modal awal dan butuh waktu juga untuk balik modal.

Ketiga, perhatikan cash flow bisnis. Karena kita harus balik modal, bayar pegawai (kalau ada), jadi perlu dicatat betul saat bisnis franchise sudah mulai dijalankan. Kalau nggak gitu nanti balik modalnya lama.

syarat franchise waralaba

Selanjutnya, sesuai dengan PP No. 42 Tahun 2007, ada 6 kriterian waralaba yang baik:

#1 Memiliki identitas dan ciri khusus

Kamu perlu kritis menilai produk franchise. Apakah produk yang dijual bisa dengan mudah ditemukan di pasaran secara umum? Misalnya minuman coklat Pop Ice yang di-branding dengan kemasan lain, maka kamu telah membantu franchisor yang melakukan rebranding produk .

#2 Terbukti memberikan keuntungan

Yang dimaksud di sini adalah franchise tersebut sudah berjalan kurang lebih 5 tahun dan terbukti memberikan keuntungan serta menunjukkan perkembangan. Sehingga pemberi waralaba/franchisor sudah memiliki pengalaman dan kiat-kiat khusus dalam menyikapi berbagai permasalahan dalam usahanya.

#3 Memiliki standar baik

Standar yang baik ini bisa berupa pelayananyang prima dan produk yang ditawarkan juga dibuat secara tertulis alias ada SOP-nya. Ini dimaksudkan agar si penerima waralaba bisa bekerja sesuai dengan standar operasional kerja pemberi waralaba/franchisor. Jadi, kualitas tetap terjamin dengan baik.

#4 Mudah untuk diduplikasi

Ini berupa cara pelaksanaan dan proses pembelajarannya. Jadi setiap penerima waralaba yang belum berpengalaman tentang bisnis/usaha sejenis dapat menjalankannya dengan mudah sesuai arahan dan bimbingan pemberi waralaba.

#5 Adanya dukungan berkesinambungan

Dukungan ini berupa pelatihan, operasional dan cara promosi. Dimaksudkan untuk membantu pengembangan bisnis penerima waralaba secara kontinyu.

#6 Hak dan Kekayaan Intelektual sudah terdaftar

Hak kekayaan intelektual yang dimaksud adalah merk dagang, hak cipta, hak paten, rahasia dagang sudah didaftarkan dan memiliki sertifikat.


Nah kali ini aku akan share beberapa franchise dengan modal 1 juta-an. Tapi mungkin nggak bisa pas 1 juta nih (mon maap). Paling kisaran modal 1-5 juta ya ^^ check this out!


2. Pentol Planet, franchise makanan modal 1 juta?

Pentol Planet adalah makanan camilan yang disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terbuat dari daging sapi dan bahan rahasia lainnya. Yang unik adalah saus kacang yang istimewa dan ini jadi ciri khas cita rasa pentol planet.

Pentol planet adalah salah satu anak perusahaan CV. Planet Kamulan Entreprise. Ini termasuk salah satu produk unggulan perusahaan ini. Berdiri 7 tahun yang lalu, yaitu pada di pinggiran kota Trenggalek. Awalnya bisnis ini hanya dengan gerobak dorong saja lho.

franchise cilok 1 juta

Harga pentol planet per porsinya dijual dari 2000-5000, terjangkau sih. Kabarnya bisa balik modal dalam 3 bulan. Investasi yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini ada beberapa  paket pilihan mulai dari 1,5 jt - 15 jt (ini tergantung konsep yang diinginkan).

Untuk penjelasan dapat apa saja per paketnya kamu bisa kunjungi ke websitenya langsung aja di http://www.pentolplanet.com/p/cara-jadi-mitra.html


3. Franchise minuman modal 1 juta? Aku belum nemu yang pas!

Nggak 1 juta persis sih yang bakal aku ulas untuk minumannya. Ini ada franchise minuman yang sempat hits. Apakah termasuk Franchise Dibawah 1 Juta? Sayangnya nggak. Paketnya dimulai dari 2.9 juta, namanya adalah Cappucino Cincau Tempo Doeloe.

Untuk detail paket usahanya bisa cek langsung ke websitenya ya, gaes! https://cappucinocincau.org/paket-usaha-cappucino-cincau-tempo-doeloe/

Capcin itu sudah berdiri sejak tahun 2014, halal, dan bubuk minumannya telah tersertifikasi Dinkes. Sistem kemitraannya cukup mudah, yaitu si mitra hanya perlu membayar seharga paket dan ongkir. Keuntungan 100% milik mitra, jadi free royalty.

Kantor pusat Capcin Tempo Doeloe terletak di Perum Griya Bungah Asri Blok F No 17 Bungah Gresik. Namun tenang aja, bisa kok kirim ke seluruh Indonesia.


4. Franchise murah untuk pemula? Pilih sesuai kemampuan aja

Ada brand nih namanya Haiyo Yogurt. Perbedaannya dengan yogurt yang lain, dia adalah satu satunya franchise yogurt pertama kali, dengan bahan baku paling murah. Produk dikemas apik dalam sachet berupa powder, jadi mudah untuk di sajikan dan juga disimpan. 

Ternyata cukup dengan menyediakan lokasi dan karyawannya saja, kamu bisa langsung berjualan franchise minuman murah HAIYO Yogurt lho! Mereka menyediakan paket yang sudah siap. Paket booth kisaran 5 juta-an.

Uniknya, jarak setiap outlet ini di tentukan dengan area kecamatan. Jadi hanya diperbolehkan membuka 1 gerai setiap kecamatan. Selengkapnya kamu bisa langsung aja ke https://haiyogurt.wordpress.com/.

Franchise Dibawah 1 Juta

Penutup

Jadi itulah ulasannya. Kamu ada ide nggak mengenai Franchise Dibawah 1 Juta lainnya? Bisa makanan, minuman, atau apa aja deh. Kalau ada bagi dong infonya ^^ Thank you!

ibu di balik gawai nurrahmah widyawati
Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

Posting Komentar