Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Harga Sewa Tenda Pernikahan Sederhana, Irit Budget

Konten [Tampil]

Harga-Sewa-Tenda-Pernikahan-Sederhana-tenda-plafon

Harga sewa tenda pernikahan sederhana kini mulai banyak bersaing di masyarakat. Apalagi dengan budget minimal bisa menyewa tenda pernikahan yang sesuai keinginan. Kira-kira berapa budget yang kamu butuhkan untuk menyewa tenda pernikahan sederhana?

Dalam bahasa Jawa, nama lain dari tenda pernikahan adalah terop atau tarub/tarup. Ini digunakan untuk menampung para tamu pernikahan yang datang. Biasanya sih ini digunakan untuk pernikahan di rumah.

Di kota besar, terop/tarub ini hanya sekadar memasang tenda pernikahan, namun lain halnya untuk di beberapa daerah Jawa terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menurut selopuro.ngawikab.id, Tarub berasal dari kata : 'ditata karep ben murup' (ditata agar lebih hidup). Jadi ini merupakan kegiatan berupa penataan ruang dan pemasangan tenda di rumah yang punya hajat. Fungsinya sebagai tambahan ruang bagi para tamu/rewang yang membantu jalannya acara pernikahan.

Nah bedanya dengan suasana modern, tradisi tarub ini masih syarat makna. Tradisi Tarub biasanya dilakukan setelah acara kumbokarnan. Bahkan bisa dikerjakan empat-tujuh hari menjelang upacara panggih.

 Ada dua istilah baru ya? Aku ulas ya apa artinya.

Di Solo, kumbokarnan adalah semacam rapat panitia untuk acara pernikahan. Rapat ini diselenggarakan untuk memastikan tugas panitia yang ada serta keluarga yang terlibat.

Sedangkan upacara panggih adalah upacara adat pernikahan, yaitu saat bertemunya pengantin laki-laki dan pengantin perempuan (ini diselengarakan di tempat pengantin perempuan by the way).

Selain mendirikan tenda, dalam tradisi ini juga dilakukan pemasangan berbagai hiasan seperti anyaman daun kelapa sebagai peneduh (bleketepe), serangkaian janur kuning, pisang tuwuhan/suluhan, bahkan ada kelapa muda dan berbagai dedaunan.

Seluruh elemen hias yang dibuat dalam tradisi ini tentunya memiliki berbagai simbol doa keselamatan lahir batin untuk pasangan pengantin yang nantinya akan menjalani prosesi pernikahan. Begitu sih berdasarkan sumber yang aku baca.


Harga Sewa Terop

Harga sewa terop tentu berbeda-beda tergantung dari model, luas, dan beberapa hal lainnya. Umumnya antara daerah yang satu dengan yang lainnya juga berbeda-beda. Aku berikan gambaran umumnya ya.

Terop ini juga disewa dengan berbagai pilihan model. Misalnya ada tipe Tenda Rangka + Terpal, Tenda Plafon, Tenda Dekorasi Salur, Tenda Dekorasi Balon, Tenda Dekorasi Tertutup, Tenda Transparan, Tenda Kerucut, dan masih banyak lagi tipe lainnya.

Untuk harganya berkisar dari harga 50.000 per m2 hingga 1 juta per m2. Harga ini cenderung stabil dari tahun ke tahunnya. Kenaikannya tetap ada sih, namun nggak begitu drastis.

Untuk sewa tenda pernikahan/terop ini juga bisa kamu ambil paket dengan beberapa hal seperti dekorasi, rias pengantin, musik dan lainnya. Nggak harus ambil paket sendiri dan beda tempat, agar lebih praktis aja sih.

harga sewa tenda plafon
Tenda plafon (jualsarung-kursi.com)

Kali ini kita ulik yuk berapa kira-kira harga sewa tenda pernikahan sederhana?


Harga Sewa Tenda Pernikahan Sederhana

Sebelum masuk membahas rate harga, ternyata dalam pemilihan tenda pernikahan juga bisa berdasarkan warna lho. Ada filosofinya masing-masing. 

1# Pemilihan Warna Tenda Pernikahan

Misalnya nih jika kamu memilih warna tenda pernikahan dominan putih, itu biasanya diartikan dengan kesucian, keagungan, kemurnian, kesegaran. Biasanya warna putih lah yang sering digunakan untuk pernikahan. Selain itu, warna ini tidak akan terlihat ‘mati’ atau redup saat dipadukan dengan warna lain.

Jika kamu ingin pernikahan kamu cenderung ingin elegan dalam sisi kemakmuran, kegembiraan, serta kemewahan, kamu bisa memilih warna emas/gold. Sedangkan warna elegan lain adalah silver/perak. Silver menggambarkan keseriusan, kestabilan, dan juga sisi glamour.

Untuk menggambarkan kasih sayang, kelembutan dan harapan, kamu bisa menggunakan warna dominan pink. Sedangkan jika kamu ingin gambaran kedamaian, ketenangan, dan juga kesejukan, kamu bisa memilih biru sebagai warna dominan.

Warna lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah ungu. Meski terkenal dengan warna janda, ungu menggambarkan kekuatan besar, keajaiban, kekuasaan, keagungan, dan kaum bangsawan. Kamu bisa padu-padankan untuk mendapatkan kesan megah.

sewa tenda pernikahan tenda dekor vip
Tenda Dekor VIP (tendabimasakti.com)

2# Menghitung Budget Tenda Pernikahan

Bersumber dari amira-tent.com, penghitungan sewa tenda ternyata sangat mudah. Sngkatnya yaitu kita tinggal mengalikan panjang x lebar dan hasilnya dikalikan harga tenda tersebut.

Misalkan kamu ingin menyewa tenda dengan ukuran 10 m x 10 m, berarti kamu harus mengalikan panjang dan lebarnya yaitu 10×10 = 100 m2. Jadi harga sewanya adalah 100 m2 x 50.000 (tergantung jenis tendanya), total untuk sewa tendanya 5.000.000.

Perlu diperhatikan, biasanya pihak penyewa tenda akan memberikan charge tambahan jika kamu menggunakan kain baru untuk tendanya. Untuk bahan dekor kain baru (tergantung tipe tendanya), misalnya dikenakan biaya 15.000 per m2.

Sedangkan selain tenda, ada juga yang namanya untuk budget flooring/alas. Untuk menghitung flooring/alas papan juga sama. Misalnya 10 x 10 m hasilnya 100 m2 X 35.000 = 3.500.000.

Untuk tenda plafon dekorasi VIP dan roder dekorasi VIP biasanya memerlukan AC Standing karna ruangan tenda cenderung tertutup rapat, ini untuk kenyamanan tamu. Cara perhitungannya adalah 1 unit AC Standing digunakan untuk ukuran tenda 25 m2. Sehingga untuk tenda 100 m2, maka membutuhkan AC Standing sebanyak 4 Unit.

Harga sewa tenda pernikahan sederhana yang irit bisa kamu dapatkan, sesuaikan saja dengan budget kamu, gaes!

Harga Sewa Tenda Pernikahan Sederhana
Tenda Kerucut (weddingmarket.com)

Harga Paket Sewa Tenda Pernikahan Murah Tenda Kerucut

Mengambil informasi dari dewiswedding.com yang berlokasi di Bekasi, untuk tenda kerucut dibandrol dengan harga sebagai berikut :

Untuk tenda kerucut (5x5 m) alias per unit dibandrol dengan harga sewa sebesar 850.000, sedangkan untuk tenda kerucut (3x3 m) harga sewanya adalah 750.000. Dan semuanya tersebut tanpa dekor dan hitungan pemakaian per harinya.


Harga Sewa Tenda 4x6

Untuk kamu yang ingin sewa tenda 4x6 bisa kamu dapatkan dari poin 'menghitung budget tenda pernikahan' yang telah dijelaskan di atas. Tentu ini tergantung dari jenis tendanya juga. Masih dari sumber dewiswedding.com, aku spill ya harga sesuai jenis tenda. Tinggal hitung saja.

Harga Sewa Tenda Pernikahan Sederhana
dewiswedding.com

Sewa Tenda Pernikahan Terdekat

Nah, untuk kamu yang ingin berhemat dalam sewa tenda, kamu bisa memilihnya dengan paket yang lain. Seperti dekorasi, rias, dll. Kamu juga bisa memilih penyewaan yang terdekat dengan rumah kamu untuk mendapatkan budget minimal.

***

Semoga artikel 'Harga Sewa Tenda Pernikahan Sederhana, Irit Budget' ini bermanfaat ya buat kamu. Baca juga Wedding Series Articles lainnya di blog ini. Thank you :)

blogger perempuan blogger parenting lifestyle blogger blogger indonesia

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar