Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Cara Mengembangkan Bakat Anak? Ikut Yupi's Got Talent 2022!

52 komentar
Konten [Tampil]

Yupi’s Got Talent 2022

Cara mengembangkan bakat anak bisa dengan berbagai hal, salah satunya dengan mengikuti Yupi's Got Talent 2022.

Sebelum membahas kompetisi keren tersebut, kita ulik ini dulu yuk! Apa itu bakat? Apa sih pentingnya mengembangkan bakat anak? Lalu bagaimana caranya mengembangkan bakat menjadi prestasi?


Bakat Adalah...

Bakat adalah kemampuan alamiah untuk memperoleh suatu pengetahuan dan keterampilan, bisa bersifat umum maupun khusus. Lebih lanjut kita akan mengulik mengenai bakat secara khusus ya.

Menurut Conny Semiawan dan Utami Munandar, bakat khusus (talent) yaitu kemampuan bawaan berupa potensi khusus. Hal ini jika memperoleh kesempatan untuk berkembang dengan baik, maka akan muncul sebagai kemampuan khusus dalam bidang tertentu sesuai potensi.

Ini memberikan gambaran singkat kepada kita semua nih, bahwa untuk meraih prestasi dalam bakatnya, seseorang tetap memerlukan latihan dan pengembangan lebih lanjut.


Pentingnya Tahu dan Mau Mengembangkan Bakat Anak

Ternyata penting lho untuk tahu dan mau mengembangkan bakat anak. Apa saja manfaatnya?

1# Bekal anak untuk menghadapi kehidupan

Nggak dipungkiri bahwa hidup memerlukan misi spesifik agar bisa selalu bersemangat menjalani hari. Anak yang sudah optimal mengembangkan bakatnya akan lebih memiliki bekal dan siap dalam menghadapi kehidupan nyata.

Si anak sudah tahu apa yang disukai dan bidang apa yang membuatnya bahagia untuk terus dikembangkan sesuai potensi. Jika konsisten, bukan tidak mungkin bakat tersebut berpengaruh terhadap pekerjaannya kelak, menuai prestasi atau bahkan menjadi salah satu sumber kehidupan nantinya.


2# Anak tumbuh optimis, kreatif dan produktif

Anak yang perkembangan bakatnya diasah secara maksimal, cenderung akan memiliki sifat optimis dalam hidupnya. Tingkat rasa percaya dirinya juga tumbuh dengan baik. Selain itu anak dengan bakat khusus biasanya juga kreatif.

Dalam pemecahan masalah, anak dengan bakat khusus cenderung lebih tenang dan bisa mengendalikan diri. Sehari-harinya anak tersebut juga lebih produktif. Dengan kata lain ia tahu apa yang disukai dan ia melakukan hal-hal menyenangkan yang membuatnya merasa 'lebih hidup'.


3# Menyalurkan emosi positif anak

Anak yang terbiasa mengasah bakat, akan cenderung positive vibes. Saat ia dalam keadaan tidak baik-baik saja, biasanya ia akan menyalurkannya kepada bakatnya. Sehingga energi yang ada terarah dan cenderung menjadi emosi positif.

Dalam penentuan gaya belajar maupun metode pendidikan, anak yang tahu bakatnya akan lebih mudah diarahkan. Dalam prosesnya akan lebih mulus dan biasanya akan menjadi ahli di bidangnya dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini karena mereka sudah memiliki potensi.


4# Tekun dan pantang menyerah adalah sifatnya

Anak dengan bakat khusus terbiasa untuk berlatih mengembangkan bakat hingga mahir. Sehingga biasanya anak ini memiliki ketekunan dan jiwa pantang menyerah untuk meraih apa yang diinginkannya. Terutama berkaitan dengan bakatnya. Gagal? Ya coba lagi!


Contoh Bakat Khusus

Adapun lebih lanjut Conny Semiawan dan Utami Munandar mengklasifikasikan jenis maupun contoh bakat khusus, meliputi :

1# Bakat akademik khusus

Ini berkaitan dengan angka (numeric), logika bahasa, dan sejenisnya.

2# Bakat kreatif-produktif

Ini kaitannya dalam menciptakan suatu hal yang baru. Misalnya, menghasilkan rancangan arsitektur maupun teknologi terbaru, dan lain sebagainya.

cara mengembangkan bakat anak

3# Bakat seni

Bakat seni khusus ini bisa berupa kemampuan mengaransemen musik, menciptakan lagu hanya dalam waktu sekian menit misalnya, bisa melukis dengan sangat indah dalam waktu singkat, dan lainnya.

4# Bakat kinestetik/psikomotorik

Bakat dalam kategori ini contohnya jago bermain sepak bola, bulu tangkis, tenis, maupun keterampilan teknik.

5# Bakat sosial

Kalau kamu sangat mahir melakukan negosiasi, menawarkan produk, mencari koneksi, mahir berkomunikasi dalam organisasi, bahkan sangat mahir dalam memimpin, maka bakat khusus kamu adalah bakat sosial.

Jadi untuk kita, terutama para orang tua, tahu kah apa bakat khusus anak kita? Apakah kalian menyadari betapa pentingnya sosok kita untuk mendukung anak dalam hal mengembangkan bakatnya?

Sosok orang tua sangat penting untuk mendukung anak berprestasi dalam bakatnya. Tapi terkadang kita bingung, bagaimana ya cara mengembangkan bakat anak? Mulai dari mana? Nggak usah galau, check this out!


Cara Mengembangkan Bakat Anak

Adapun cara untuk mengembangkan bakat anak kita agar bisa berprestasi, meliputi :

1# Membangun karakter internal anak

Sebelum memberikan stimulasi eksternal, ada baiknya orang tua untuk membangun terlebih dahulu karakter internal anak. Kita bisa mengarahkan mereka untuk memperkenalkan 'big why' terkait motif dalam meraih prestasi melalui bakatnya.

Ajarkan juga terkait dengan risiko. Bahwa tidak semua hal berjalan mulus dan selalu berhasil. Jangan hanya ajarkan menyikapi keberhasilan (tetap rendah hati), namun perkenalkan juga mengenai kegagalan. Bijak dalam menyikapi kegagalan juga merupakan suatu keberhasilan.

Kemampuan bertahan dan gigih berjuang dalam kesulitan juga perlu dikenalkan dalam rangka pengembangan bakatnya. Konsisten juga salah satu syarat keberhasilan.


2# Kenalkan banyak kegiatan, beri banyak kesempatan

Biasanya sebelum menemukan suatu potensi untuk terlihat bakatnya, orang tua harus banyak mengenalkan kegiatan kepada anak. Misalnya kegiatan seni, kinestetik, sosial dan lain sebagainya.

Berilah banyak kesempatan anak untuk mencoba dan sebaiknya orang tua jangan terlalu banyak melakukan distraksi. Berikan arahan saat diperlukan. Saat sudah terlihat bakatnya, gali jam terbangnya.


3# Berilah sarana dan prasarana pendukung yang memadai

Dalam rangka menunjang pengembangan bakat anak, orang tua harus menyediakan sarana maupun prasarana yang dibutuhkan. Misalnya anak berbakat main biola, sebaiknya orang tuanya menyediakan biola di rumah maupun mendaftarkan anak di les biola.

Namun memang ada hal keterbatasan yang nggak semua orang tua bisa lakukan atau penuhi. Namun jika itu hal yang positif, lakukan saja yang terbaik sebisa kita. Terkadang hal ajaib akan datang setelah usaha yang maksimal.

contoh bakat khusus

4# Support system

Sebagai orang tua tentu dukungan kita untuk mengembangkan bakat anak sangat lah penting. Dukungan keluarga, saudara, teman juga nggak kalah penting. Bahkan menempatkan anak di circle yang tepat juga bisa membantu dia berkembang dengan pesat.

Jangan bandingkan perkembangan bakat anak dengan anak lainnya. Setiap anak itu unik dan memiliki rezekinya masing-masing. Pola asuh orang tua juga berpengaruh terhadap perkembangan bakat si anak itu sendiri.


5# Latihan berkompetisi

Salah satu cara mengembangkan bakat anak adalah ikut kompetisi. Dengan kompetisi, kita menjadi tahu sejauh mana bakat anak. Namun kalah atau menang jangan membuat kita sombong atau bahkan down.

Kompetisi dilakukan untuk evaluasi anak, bagian mana yang harus diperbaiki. Maupun hal apa yang perlu dipertahankan untuk ke depannya.


Yupi's Got Talent 2022

Salah satu ajang yang bisa anak ikuti dalam rangka menunjang perkembangan bakat/talent dan minat anak adalah Yupi's Got Talent 2022. Yes, yang menyelenggarakan adalah Yupi. Yupi ini favoritku dari kecil. Hingga sekarang menjadi favorit anak-anakku.

Apa itu Yupi's Got Talent?

Yupi’s Got Talent 2022 adalah sebuah wadah yang ditujukan agar anak dapat mengekspresikan semua bakat dan talenta yang mereka miliki.

Jadi untuk kamu yang suka menyanyi, menari, modelling dan lainnya, kamu bisa menampilkannya dalam ajang yang sangat bergengsi ini. Yupi percaya bahwa semua orang bisa jadi bintang!

cara mengembangkan minat dan bakat siswa

Ajang ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk kategori junior dan kategori remaja & dewasa.

1# Kategori Junior (usia 5-11 tahun 11 bulan pada 30 Juni 2022)

Yang masuk dalam Yupi’s Got Talent Junior adalah sebagai berikut :

  • Singing (musik dan genre apa saja)
  • Dancing (Single atau Group dengan maksimal 5 orang). Dance yang ditampilkan modern: Breakdance, Hip Hop, Ballet, Shuffle Dance, LED Dance & Tradisional.
  • Music Performance (alat musik yang disarankan : piano/organ, biola, gitar, saxophone, alat musik tradisional)
  • Sport performance (Wushu, Cheerleading, Gymnastic, dll yang dapat ditampilkan di panggung)
  • Photo Contest
  • Modelling
  • Other Talents (baca puisi, story telling). Story telling bisa dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.


2# Kategori Remaja-Dewasa (12-19 tahun 11 bulan pada 30 Juni 2022)

Kategori kontes untuk Yupi’s Got Talent ini meliputi:

  • Singing (musik dan genre apa saja)
  • Dancing (Single atau Group dengan maksimal 5 orang). Dance yang ditampilkan modern: Breakdance, Hip Hop, Ballet, Shuffle Dance, LED Dance & Tradisional.
  • Music Performance (alat musik yang disarankan : piano/organ, biola, gitar, saxophone, alat musik tradisional)
  • Sport performance (Wushu, Cheerleading, Gymnastic, dll yang dapat ditampilkan di panggung)
  • Other Talents (stand-up comedy, vloging dan bakat unik lainnya yang bisa perform di panggung)

 

Cara Mendaftar Yupi's Got Talent 2022

  1. Kamu harus mendaftar terlebih dahulu (gratis) di website Yupi Gummy *Yupi’s Got Talent Junior dapat didaftarkan dengan data diri orang tua.
  2. Setelah selesai, masuk ke bagian halaman registrasi Yupi’s Got Talent dan isi data tambahan:
  3. Masukkan kode unik yang ada di dalam produk Yupi’s Got Talent
  4. Upload link video atau upload foto yang akan dilombakan. Ini sebagai syarat utama kepesertaan.
  5. Siapkan Identitas diri seperti KTP/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga.

dimana kode unik untuk mendaftar yupi's got talent

Dimana kita bisa mendapatkan kode uniknya? Kamu akan mendapatkan kode unik dengan membeli produk Yupi Special Edition (variasi Paket Produk Yupi’s Got Talent) yaitu versi "Shine” atau “Bright” di marketplace kesayangan kamu, yaitu di Tokopedia maupun di Shopee.

Punya bakat dan ingin menunjukkannya pada dunia? Ini saatnya! Mengikuti kompetisi adalah salah satu cara mengembangkan bakat anak. So, yuk bergabung di Yupi's Got Talent 2022!


Referensi : repository.uin-suska.ac.id, https://www.yupiland.com/ygt

cara mengembangkan bakat anak

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

52 komentar

  1. Benar banget bun, penting sekali bagi kita sebagai orang tua untuk mengetahui bakat anak. Sebab hal tersebut juga penting untuk masa depannya. Terima kasih atas sharingnya

    BalasHapus
  2. Keren nih Yupi ngadain acara untuk menampung talent-talent anak Indonesia. Yuk ikut-ikut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Pak bisa daftarkan anaknya atau anak didiknya :)

      Hapus
    2. Bisa ikutan sejak anak umur berapa sih mbak? Empat tahun bisa nggak ya?

      Hapus
  3. Pengen daftarin anakku ke website Yupi Gummy tapi masih menganalisa bakat anakku apaan yak.. Dasar aku mamak kurang peka wkwk

    Keren juga Yupi ini, selain permennya selalu variatif dengan segala bentuknya yang banyak, sekarang bisa jadi wadah mengasah bakat anak juga. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kesukaan anak-anak ya Yupi tuh wkwk, cucok bgt event mereka kali ini

      Hapus
  4. Sebagai ornag tua, seringkali kita menganggap anak tidak boleh memiliki resiko, akhirnya anak hanya merasakan hal yang aman. Saat menemukan masalah tidak bisa mengatasi saat dewasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, membatasi pengalaman untuk mengikuti banyak kegiatan aka membatasi kreatifitas mereka ya :( reminder

      Hapus
  5. Keren nih acaranya, aku bantu share ke teman-temanku yang anaknya sudah mencukupi persyaratannya

    BalasHapus
  6. Setuju banget. Bakat itu emang harus dicari tahu sejak dini, gak perlu tar tar biar maksimal nanti saat dewasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener ^^ biar pas gede dah mahir alias ahli

      Hapus
  7. Menarik bgt ini. Memang kita sbg ortu kudu jeli lihat potensi anak ya

    BalasHapus
  8. Allhamdulilah orang tua aku juga selalu ngedukung bakat anak-anaknya. Terima kasih sharingnya mba, mau aku share ke keponakan kayaknya seru

    BalasHapus
  9. Masih PR banget buat ngegali bakal anak. Tp seneng klo ada Yupi got talent gini jadi yang punya bakat terpendam bisa tersalurkan

    BalasHapus
  10. Menjadi orang tua memang tidak mudah yaa, kita harus memiliki banyak referensi agar dapat memberikan stimulus yang tepat agar bakat anak berkembang.

    BalasHapus
  11. Masyaallah bermanfaat banget tulisan nya, terbaik! Terimakasih sharing nya

    BalasHapus
  12. Yah sayang banget anakku masih usia 4th.. next semoga tahun depan ada lagi jadi bisa ikutan

    BalasHapus
  13. Waah detail banget informasi nya, makasih banyak mba..
    Aku masih menganalisa bakat anakku nih karna baru 3 tahun jd masih suka segala hal, ihihihi

    BalasHapus
  14. Catat ah cara daftarnya buat aku infokan ke anak sahabatku, dia anak SD dan sudah bisa membuat desain pakaian bagus banget. Sayang bakatnya belum ada yang mengembangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren bgt ;) semoga bisa dimaksimalkan ya potensinya

      Hapus
  15. Kalau ingatr dulu pas kecil bakatku hampir gak punya sarana dan prasarana yang menunjang. Sekarang aku jadi ingin memberikan kedua hal itu buat anak-anakku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya mbak, sebagai pengalaman, maka kini waktunya berikan yg terbaik buat si kecil :)

      Hapus
  16. Seneng deh sekarang udah banyak kompetisi buat menyalurkan bakat anak kayak gini, buat nyari infonya pun gak susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, jadi makin terasah ya mba bakatnya jadi sebuah prestasi ^^

      Hapus
  17. Wah mantep banget nih yupiii. Semoga event ini masih ada ya untuk beberapa tahum ke depan, anakku masih kicik soalnya kalo skrg wkwkkw

    BalasHapus
  18. Tulisannya super lengkap ini. Jadi bakat itu ternyata ada banyak ya macamnya. Aku jadi berfikir kayaknya anak aku bakatnya sosial deh. Hehe

    BalasHapus
  19. Memang sih tiap anak tuh udah dibekali bakat dari sejak lahir. Orang tua emang support system, yang tugasnya bantu mengenali dan mengambangkannya. Untung nih ada Yupi's Got Talentu bisa banget jadi wadah mengembangkan bakat anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, semoga bisa jadi support system terbaik bagi nak anak :)

      Hapus
  20. Pada akhirnya, mengajarkan anak dan membiasakannya untuk menemukan lebih jauh dirinya sendiri dengan melatihnya dalam sebuah kompetisi, ketika si bakat sudah benar benar ditemukan, bisa jadi sarana juga untuk mengasah kemampuan si kecil ya.

    BalasHapus
  21. Bagus banget nih ada program Yupi's Got Talent, jadi makin terpacu buat orang tua menggali dan mengembangkan bakat anak

    BalasHapus
  22. Wah seru banget Yupi bikin acara kayak gini ya mba, bisa banget sebagai wadah untuk menumbuhkan minat dan bakat anak sedini mungkin, sebagai sarana mendukung anak juga ya mba..seru ini pasti..

    BalasHapus
  23. Semoga acaranya terus berkelanjutan dan dapat memfasilitasi pengembangan bakat anak yang selama ini belum tersalurkan

    BalasHapus
  24. Cara daftarnya gak ribet nih, kudu infoin ke ponakan, siapa tau mau daftar di Yupi juga

    BalasHapus
  25. Sebagai orangtua sudah seharusnya mewadahi anak, misal mendengarkan mereka bercerita karena kadang hak kecil terlihat menyebalkan ternyata itu adalah langkah menjadi hebat nantinya

    BalasHapus
  26. seandainya aku masih remaja aku mau banget nih ikutan yupi;s got talent, hihihi. tapi gak bisa, jadi kayaknya anakku deh yang aku ikutin ke yupi;s got talent 2022, semogab isa bantu mengasah bakat anakku nantinya

    BalasHapus
  27. Waah menarik banget nii eventnya.. Sangat membantu anak untuk pengembangan bakatnya mereka agar lebih terlatih sekaligus bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka jugaa yaa

    BalasHapus
  28. baru tau ada event ini, menarik banget yaaa, barusan mampir ke webnya dan atraktif banget! mau ngajakin anakku ikutan aah :D

    BalasHapus
  29. Wah, kategorinya banyak ya kak. Ngomong-ngomong bakat anak, kadang agak bingung mau mengarahkan. Tapi lihat artikel dan tips ini jadi lebih paham enaknya gimana, hehe.

    BalasHapus
  30. Pengen juga ngikutin anak ke Yupi's Got Talent begini. Apalah daya, anaknya tipe di balik layar kaya bapaknya wkwk. Tapi kalau permen Yupi, dia seneng banget tuh.

    BalasHapus

Posting Komentar