Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Paket Catering Pernikahan di Rumah, Lebih Murah?

Konten [Tampil]

tips memilih Paket Catering Pernikahan di Rumah hemat budget

Paket catering pernikahan di rumah itu lebih murah nggak sih ketimbang di gedung? Nah, kita akan ulik nih di artikel ini. Aku pribadi nggak menggunakan catering untuk keseluruhan acara saat menikah dulu, hanya sebagian.

Hanya sebagian? Yes, maksudnya begini...

Jadi untuk makanan menu utama, aku memiliki tim sendiri untuk masak. Biasa deh kalau di desa ada tim masak dari 'rewang' gitu. Namun bukan catering. Nah untuk menu tertentu seperti stand-stand makanan dan minuman pendamping aku memesannya di beberapa tempat.

Misalnya, saat itu aku memesan catering bakso untuk stand-nya, selain itu ada es krim, jajan tradisional, es buah, dan beberapa menu pendamping makanan utama.


Apakah Biaya Catering Pernikahan di Rumah Lebih Murah?

Ngomong-ngomong soal melangsungkan pernikahan di rumah, tentu budget-nya akan lebih murah ketimbang di gedung. Apalagi untuk di daerah perkotaan yang sewa gedung per jam-nya saja sudah selangit harganya.

Nah, meskipun di rumah saja, bukan berarti kamu asal-asalan ya dalam memilih vendor-vendor pernikahan kamu termasuk catering. Budget untuk sewa gedung bisa dialokasikan untuk dekorasi maupun catering yang lebih baik.

Vendor catering ini tentu nantinya akan berbeda dengan masak sendiri (rewang). Karena based on pengalaman, vendor catering sudah jauh lebih memahami kondisi untuk acara pernikahan. Bahkan kamu nggak perlu lagi untuk melibatkan keluarga dalam hal masak-memasak.

So, dengan memilih paket catering untuk pernikahan kamu di rumah, seluruh anggota keluarga kamu bisa menikmati pesta pernikahanmu dengan happy.

Buat kamu yang ingin budget catering lebih ditekan lagi, kamu bisa sewa vendor catering dari vendor pernikahan kamu (wedding organizer). Jadi sekaligus gitu. Selain hemat waktu dalam koordinasi, biasanya kamu bisa dapat harga diskon karena sudah pesan sepaket.


Tips Memilih Catering Pernikahan di Rumah, Hemat Beb!

1# Tentukan dulu budget-nya

Karena ada banyak paket catering untuk pernikahan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan budget-nya. Namun jangan memaksakan juga. Pilih yang sesuai anggaran, namun tetap layak demi menghargai tamu yang datang.

Sebagai gambaran mengenai vendor catering untuk pernikahan kamu, kamu bisa saja menghadiri wedding expo yang diadakan di kota kamu. Biasanya banyak diskon juga sih di sana.

memilih vendor catering murah

2# Tema pernikahan sebagai pertimbangan menu makanan

Untuk kamu yang menikah dengan konsep tradisional, kamu bisa pertimbangkan untuk menyajikan menu tradisional juga. Begitu pun dengan pernikahan modern, menu-menu modern bisa kamu sajikan.

Namun jika kamu ingin out of the box, menu lintas tema juga nggak masalah sih. Namun saran aja nih, untuk menghemat biaya, menu luar Indonesia misalnya western, arab, dll bisa kamu keluarkan dari list. Biasanya menu itu mahal soalnya. Tapi balik lagi ke anggaran dan tema pernikahan juga.


3# Tamu yang dominan jadi pertimbangan menu juga

Misalnya pernikahan kamu dominan orang tua alias sepuh, ya jangan dong kamu pilih menu yang aneh-aneh dan sulit dikonsumsi mereka. Sesuaikan dengan tamunya.

Untuk umum, pastikan menu yang kamu sajikan itu halal ya. Pastikan betul-betul kehalalannya. Karena sebagai muslim, sangat penting untuk makan makanan yang halal, nggak hanya bahannya namun prosesnya juga. Jangan sampai membawa musibah untuk para tamu.


4# Pilih catering pernikahan terdekat

Jika memungkinkan, kamu bisa memilih catering pernikahan yang paling dekat dengan rumahmu. Ini akan memberikan benefit untuk menjaga higienitas, menekan budget transportasi dan jika ada kekurangan bisa cepat teratasi.


5# Testimoni baik

Pastikan kamu memilih catering pernikahan yang sudah teruji, kamu bisa melihat dari testimoni. Apalagi testimoni kerabat terdekat. Jika kamu mendapat testimoni hanya di online, berupa sosmed atau website, pastikan terpercaya.

Jadi kamu bisa minta tester ke mereka jika memang testimoninya kurang terpercaya. Sah-sah aja sih, beberapa catering pernikahan menyelenggarakan itu.


6# Menu makanan variatif dan sesuaikan dengan jumlah undangan

Penting untuk memilih menu catering yang variatif. Ini bisa lebih membahagiakan tamu dengan selera yang bernaeka ragam. Siapkan makanan asin, manis, maupun pedas. Apapun yang penting beraneka ragam.

Nah, jangan berlebihan juga. Sesuaikan dengan tamu undangan dan adakan beberapa cadangan makanan. Kombinasi makanan utama berupa prasmanan dan stand makanan pendamping juga perlu dipikirkan jumlah perbandingannya. Agar tidak kurang, dan jangan berlebihan.

harga Paket Catering Pernikahan di Rumah per porsi

So ya, setelah menjalankan tips di atas, kini kita ulik yuk Paket Catering Pernikahan di Rumah. Berapa ya budget yang dibutuhkan?


Paket Catering Pernikahan di Rumah

Nah, untuk paket catering pernikahan ini tentu berbeda-beda ya harganya. Ini dibedakan dengan jenis menunya, porsinya, jarak vendor, dan lain sebagainya.

1# Harga Paket Catering Pernikahan di Rumah

Kali ini aku akan spill harga paket catering di artikel setelah ini ya, judulnya Harga Catering Pernikahan Per Porsi, Bandung Jabodetabek. Di sana akan di jabarkan lengkap harga untuk menu apa dan berapa porsinya. Mampir ya, guys! ^^

Oh iya, biasanya vendor itu sudah menyediakan meja, dekor buffet, alat makan,hingga pelayannya alias waiters. Untuk pembayaran biasanya jika pernikahan paket rumahan, pelunasan bisa sewaktu hari H dan untuk booking bisa berupa DP sekian persen tergantung vendornya.

Spill dikit deh, untuk harga paketnya (secara umum) kisaran 20.000 hingga 50.000 per-porsi.


2# Inspirasi Menu Paket Catering Pernikahan di Rumah

Aku akan memberikan inspirasi menu-menunya terlebih dahulu di artikel ini. Check this out!

Untuk menu utama yaitu nasi, kamu bisa memilih lho jenis nasinya. Beberapa vendor menyediakan nasi goreng dan nasi putih.

Jenis mie juga biasanya mereka menyediakan beberapa jenis, seperti mie goreng, soun goreng, maupun kwetiaw.

Untuk inspirasi sup, ada beberapa pilihan juga biasanya, meliputi : Soup Manten Tiga Dara, Soup Tomyam, Soup Bakso Sosis, Soup Ayam Jagung, Soup Makaroni Dengan Bakso, dll.

Ayam juga pasti ada nih di meja prasmanan. Kamu bisa menyediakan Ayam Rica-Rica, Ayam Bumbu Rujak, Ayam Cabai Hijau, Ayam Balado, Ayam Blackpaper, Ayam Sambal Matah,  Ayam Rendang, Ayam Goreng Saus Padang, Ayam Goreng Mentega, Ayam Woku dan sebagainya.

Selain ayam, ada juga menu ikan. Ini pilihan yang biasanya ada di catering pernikahan : Ikan Dori Fillet Asam Manis, Ikan Goreng Saus Padang, Ikan Goreng Cabai Hijau, Ikan Bumbu Rujak, Ikan Bumbu Balado, Ikan Garang Asam, Ikan Pesmol, Ikan Sambal Matah, Ikan Goreng Saus Teriyaki, Ikan Goreng Saus Asam Padeh, dll. 

Paket Catering Pernikahan di Rumah murah dan terdekat

Untuk jenis salad/sayur biasanya di prasmanan kamu bisa menemukan Asinan Sayuran, Gado-Gado Betawi, Pecel Sayuran, Rujak Pengantin, Karedok, dsb.

Nggak cukup sampai di situ, kamu bisa melengkapi meja prasmanan dengan : puding, soft drink, buah, kerupuk, air mineral.

Nah, untuk stand-stand yang berdiri sendiri, kamu bisa melengkapinya dengan hidangan bakso, soto, sate, aneka es (es cendol, dawet, cincau, doger, es krim, dll), bakwan malang, batagor, siomay, tekwan hingga pempek.

***

Duh, bisa bayangin ya enak-enak banget menunya hehe. Semoga bahasan Paket Catering Pernikahan di Rumah ini bermanfaat buat kamu. See you!

ibu di balik gawai nurrahmah widyawati
Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

Posting Komentar