Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

7 Paket Wisata Dieng 1 Hari, Libur Lebaran Makin Asik!

2 komentar
Konten [Tampil]
7 Paket Wisata Dieng 1 Hari, Libur Lebaran Makin Asik!
Source : goodnewsfromindonesia.id

Paket wisata Dieng 1 hari memangnya ada? Ada lho! Untuk kamu yang liburnya mepet, namun butuh healing ke wilayah dataran tinggi yang sejuk nan indah, Dieng adalah pilihan yang tepat.

Aku baru dua kali sih ke Dieng. Karena kampung halamanku masuk Kabupaten Kebumen, nggak butuh waktu lama untuk sampai ke Dieng. Seingatku waktu itu aksesnya dari rumah ada 2, via Banjarnegara dan via Wonosobo.

Pemandangan dari dua jalur tersebut menyajikan pemandangan yang berbeda, ya sama-sama indah sih. Hanya saja aku lebih suka via Banjarnegara kala itu, meski jalannya lumayan serem naik berkelak-kelok gitu. Paling aman sih via Wonosobo.

Pertama kali aku kesana itu pulang pergi naik motor. Berangkat via Banjarnegara dan pulang via Wonosobo karena ingin mencicipi Mie Ongklok. Kamu wajib coba sih! Untuk kedua kalinya aku menginap (naik mobil), jadi 2 hari 1 malam di sana. Ternyata malam di sana super dingin ya hihi.

Nah, aku dah lama banget nih nggak ke sana. Mumpung libur, apa kita coba aja one day tour lagi ke sana? Yuk ngulik paket-paket murah menuju ke sana! Biar libur lebaran makin asik.


Apa itu one day tour?

Seperti namanya, one day tour adalah melakukan perjalanan/wisata hanya dengan satu hari saja. Ini cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan weekend atau tanggal merah (libur nasional) tanpa perlu waktu banyak, bahkan minim budget karena nggak harus menginap.

Jika kamu pernah ke tempat tersebut atau tempat yang kamu tuju strategis, mungkin kamu bisa melakukan one day tour/one day trip seorang diri atau keluarga kamu. Namun untuk daerah yang asing dan medan yang nggak familiar, kamu bisa pakai jasa travelling.

Tentu agen travelling ini akan menyusun sedemikian rupa jadwal kamu seharian dengan efektif dan disiplin. Bahkan makan minum sudah include di dalamnya biasanya. Kamu tinggal duduk nggak perlu nyetir, praktis kan?


Wisata & Oleh-Oleh Khas Dieng

Rasanya nggak cukup deh kalau kamu join di paket wisata Dieng 1 hari, karena kamu harus rasain lihat matahari terbit di Sikunir.

But anyways.. Bagi kamu yang belum tahu Dieng ada dimana, jadi Dieng itu bagian timurnya masuk Kab. Wonosobo, sedangkan bagian baratnya masuk Kab. Banjarnegara (Jawa Tengah). 

Sedangkan dikutip dari diengplateau.com, batas wilayah Dieng di sebelah utaranya ada Kab. Kendal, arah barat lautnya ada Kab. Pekalongan. Uniknya di sebelah barat Dieng ada Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

aoa itu one day tour
Source : Kawah Sikidang, Dieng 2021(KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)

Dieng ini dihimpit beberapa gunung, jadi daerahnya memang dingin. Julukannya adalah negeri di atas awan. Kalau ke sana, kamu pasti jadi tahu mata pencaharian penduduknya adalah pertanian/perkebunan, sektor pariwisata hingga peternakan.

Oh iya, untuk yang belum tahu, di sana ada fenomena anak berambut gimbel yang merupakan legenda hidup masyarakat Dieng. Makanya di sana ada tradisi “Ruwatan Rambut Gimbal” dengan tujuan keselamatan anak.

Beberapa wisata yang ada di Dieng meliputi Telaga Warna, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Sunrise Sikunir, Telaga Menjer, Museum Kailasa, Telaga Pengilon, Sumur Jalatunda, Telaga Cebong, Telaga Merdada, hingga Dieng Plateau Theater.

Sedangkan untuk kuliner yang harus kamu coba (bisa juga buat oleh-oleh) yaitu manisan carica, purwaceng, mie ongklok, tempe kemul, keripik jamur, kemar, juga kacang dan kentang Dieng.

*

Nah berikut ini adalah beberapa paket wisata Dieng 1 hari yang bisa kamu jadikan referensi. Tentu saat booking kalian harus tetap check and ricek ya, gaes! Soalnya aku hanya kumpulkan dari 7 website teratas.


Paket Wisata Dieng 1 Hari

1# Diengbackpacker.com

Di sini kamu bisa booking perjalanan one day tour dengan atau tanpa sunrise. Meeting poinnya kamu bisa pilih mau di Wonosobo atau Dieng langsung.

Berikut ini adalah pilihan obyek wisata yang bisa kamu pilih dalam perjalanan sehari kamu: Golden Sunrise Sikunir (untuk paket 1 hari + sunrise), Komplek Candi Arjuna, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Goa Semar dan goa lain sekitar Telaga Warna, Kawah Sikidang, Bukit Skoter, Tuk Bimalukar, Gardu Pandang Tieng, Batu Ratapan Angin, Dieng Plateau Theater.

Paket ini sudah include transportasi dari meeting poin, pemandu wisata, tiket masuk obyek wisata hingga konsumsi (disesuaikan tingkatan paket).

Alamat agen di : Dieng Jl. Raya Dieng - Jojogan Wisata Dieng - Jojogan, Kejajar Jawa Tengah Indonesia 53456 (+62) 823-2603-2886

wisata dan oleh oleh khas dieng
Source : Telaga Warna, Dieng (Foto: notanurul.blogspot.com)

2# Paket Wisata Dieng dari Jakarta? Diengplateau.com

Mereka menawarkan perjalanan paket wisata 1 hari dengan obyek wisata sebagai berikut: Gardu Pandang Tieng, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Dieng Plateau TheaterTelaga Warna & Pengilon, Batu Pandang (Opsional).

Fasilitas yang mereka tawarkan meliputi kendaraan pribadi (ini jumlah peserta maksimalnya 6 orang), ELF dan bus (ini untuk paket wisata group/rombongan), driver dan BBM, pemandu wisata, makan sebanyak 2x, tiket obyek wisata Dieng sesuai paket.

Ternyata meeting poin mereka cuku bevariasi. Kamu bisa ambil dari Wonosobo, Purwokerto, Kutoarjo, Magelang, Yogyakarta. Nah untuk kamu yang dari Jakarta kamu bisa naik transportasi sendiri dulu sampai Stasiun Kereta Api Purwokerto untuk menuju ke Wonosobo (ini opsi terdekat).

Keterangan agen : 
Email: tour@dieng.org
Phone: (+62) 0812-2525-5556 / (+62) 0813-2507-1370
WA : 0812-2525-5556


3# Cityhyangdiengtour.com

Di agen travelling ini kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas di one day tour kamu shuttle (microbus), tiket masuk obyek wisata sesuai paket, makan 2x (pag, siang), pemandu wisata, driver, BBM.

Sedangkan obyek wisata yang dikunjungi meliputi Bukit Sikunir/Gardu Pandang, Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Batu Ratapan Angin (View Telaga Warna), Dieng Plateau Theater, Oleh Oleh Khas Dieng.

Kamu harus menuju ke Meeting Point Transit Bus Wisata Taman Rekreasi Kalianget Kota Wonosobo untuk mengikuti wisata 1 hari ini.

Kontak agen:
WhatsApp: 082220667366
Email: cityhyang@gmail.com


4# Paket wisata Dieng untuk 2 orang, paketwisatadiengwonosobo.com

Paket ini menawarkan kunjungan ke beberapa obyek wisata yaitu Gardu Pandang Tieng, Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Batu Pandang, Dieng Plateau Theater, Telaga Warna, Telaga Pengilon dan Komplek Gua, Sunrise Sikunir dan Telaga Cebong (optional jika menginginkan one day tour + Sunrise).

Beberapa fasilitas yang mereka berikan berupa layanan tour baik private trip Dieng atau rombongan, transportasi dari meeting point, bbm, driver, pemandu wisata, tiket masuk obyek wisata.

Mereka juga menawarkan beberapa opsi penjemputan (tentu mempengaruhi harga), meliputi Wonosobo, Purwokerto, Magelang, Yogyakarta, Semarang, Surakarta dan kota-kota terdekat lain sesuai permintaan.

Keterangan agen:
WhatsApp: 0813-2727-4900
Telepon: 0813-2727-4900
Office: (0286) 330-5138
Gataksari, Wonosobo 56354

paket wisata dieng dari jakarta
Source : Candi Arjuna, Dieng (KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)

5# Sikidang.com

Dengan agen wisata ini perjalananmu bermula dari penjemputan di meeting point (Wonosobo), Kompleks Candi Arjuna, Telaga Warna, Kawah Sikidang, Pusat Oleh-oleh. Layanan yang mereka tawarkan adalah pemandu wisata, transport, makan 1x, dan tiket masuk obyek wisata.

Kamu bisa menghubungi telp/WA : 0821 3662 3397 dan email : sikidangtravel@gmail.com. Untuk custom planning perjalanan kamu bisa langsung hubungi ke yang berkait.


6# Private Trip Dieng, Joglowisata.com

Dengan 170 ribu rupiah kamu bisa menjelajah Dieng dalam 1 hari. Destinasi yang ditawarkan meliputi 3 destinasi wisata populer di Dieng, yaitu Kawah Sikidang, Telaga Warna, dan juga Telaga Pengilon.

Untuk kamu yang menginginkan untuk mengunjungi destinasi wisata lain, kamu bisa mengubah paketnya sesuai dengan request. Anyway, budget paket wisata Dieng untuk 2 orang adalah 500 ribu. Sedangkan harga lain langsung aja tengok webnya ya.

Harga di atas termasuk transportasi, driver, BBM, tiket masuk obyek wisata, air mineral selama tour, biaya operasional tour (parkir, dll). Namun paket ini tidak termasuk akomodasi hotel, tour guide, biaya makan selama tour, wahana di dalam lokasi wisata. Namun mereka ini private tour alias nggak digabung sama rombongan lain.

Keterangan lebih lanjut
Telp: (0274) 487451 
Telp/SMS/Whatsapp:
081231561811
08951944118
+6281335249605


7# Nusantaratrip.com

Dengan 300 ribu kamu bisa one day trip ke Dieng. Meeting poinnya ada di Wonosobo, Rest Area/terminal. Namun bisa berubah tergantung situasi. Paket ini adalah paket private tour dengan area untuk rombongan minimal 20 orang.

Menurut Nusantara Trip, waktu terbaik untuk liburan ke Dieng adalah pada musim kemarau (sekitar bulan April – Oktober). Bulan ini mayoritas cuacanya cerah, langit bersih dan udara segar, sehingga kamu bisa menikmati liburan.

Kalau kamu beruntung, bahkan kamu bisa menyaksikan fenomena salju di dataran tinggi Dieng. Namun untuk kamu yang ingin berkunjung di musim hujan juga apik juga, bisa menikmati sensasi dingin di sana.

Layanan yang ditawarkan termasuk transport, tiket masuk, air mineral, makan 2X (pagi & siang), tour leader, dokumentasi, parkir & retribusi lain.

Adapun beberapa perlengkapan yang harus kamu bawa selama perjalanan adalah Jaket Tebal, Sarung Tangan, Syal, Penutup Kepala, Masker, Makanan Kecil, Obat Obatan, Camera, Uang Tunai. Jangan lupa untuk membawa barang sesimple mungkin (hanya yang sesuai kebutuhan).

Keterangan
Kontak dan Alamat Kami :
Email : tour@nusantaratrip.com
Mobile  Phone :  081231226281 / 08579111173

paket wisata dieng untuk 2 orang atau privat trip dieng
Source : Foto pictadesk.com/nikmatnya.kuliner

Penutup

Nah untuk kamu yang berniat liburan di Dieng, di atas adalah rekomendasi paket wisatanya. Tapi sebelum memesan, kamu harus cek terlebih dahulu mengenai legalitas, cek website, cek nomor baik telp/WA dengan aplikasi Get Contact dan lainnya.

*Note: aku nggak kenal dan nggak ada hubungannya dengan pihak penyelenggara paket wisata di atas. Jadi diharapkan sebelum booking telusuri lebih dalam ya gaes untuk menghindari penipuan. Thanks!

Pastikan kamu hanya memesan di tempat yang terpercaya. Semoga artikel 7 Paket Wisata Dieng 1 Hari, Libur Lebaran Makin Asik! ini dapat menjadi inspirasi untuk liburan kamu. See you!

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

2 komentar

  1. Jadi kepingin masuk ke dieng, kemarin cuma lewat karna masih tutup selama covid ini! Akhirnya mampir ke temanggung deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera normal ya kak wisatanya. Makasih dah mampir artikelnya :)

      Hapus

Posting Komentar