Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Tips Memberikan Promo Diskon Ongkir Agar Tidak Rugi

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Tips Memberikan Promo Diskon Ongkir

Apa saja tips memberikan promo diskon ongkir agar tidak rugi? Aku sebagai pelaku bisnis online tentu ingin meningkatkan penjualan agar mendapatkan banyak keuntungan. Keinginan seperti ini sudah lumrah diinginkan oleh pebisnis online. Untuk mencapainya perlu adanya strategi bisnis yang tepat, salah satunya dengan memberikan banyak promo.

Tips Memberikan Promo Diskon Ongkir

Pemberian promo untuk pelanggan merupakan strategi paling tepat untuk menarik minat pembeli. Salah satu promosi yang bisa diberikan adalah diskon ongkos kirim. Promo ini sering diterapkan oleh pebisnis online untuk meningkatkan penjualan. Agar tidak rugi dalam menerapkan promo ini, kamu harus tahu tips memberikan promo diskon ongkos kirim seperti berikut:


1. Tetap Menjaga Kualitas Produk

Meski memberikan promo diskon ongkos kirim, tetapi aku tetap menjaga kualitas produk. Tidak hanya itu saja, juga tetap memberikan pelayanan yang baik kepada semua pelangganku. Hal ini penting untuk diperhatikan supaya pelanggan tidak kecewa ketika menerima produk yang dibeli. 

Jangan sampai mengabaikan kualitas produk saat memberikan promo tersebut. Jika kualitas produk kurang baik maka pelanggan akan memberikan testimoni negatif. Bahkan mereka tidak mau lagi belanja di toko kamu. 


2. Tentukan Beberapa Jenis Produk

Selaku pebisnis online, aku menjual berbagai jenis produk. Agar produk yang dijual cepat laku maka aku memberikan promo gratis ongkir. Namun, promo ini tidak berlaku untuk semua produk yang aku jual. Alasannya karena untuk meminimalisir kerugian.

Jika ingin menerapkan promo ini, Aku menyarankan untuk menerapkannya hanya pada beberapa produk saja. Sedangkan untuk produk lainnya terapkan potongan harga saja. Strategi ini sangat efektif untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual.


3. Tentukan Jangka Waktunya

Tips dari aku selanjutnya yaitu kamu harus menentukan jangka waktu promo diskon ongkos kirim. Dalam menerapkan promo ini kamu harus memperhatikan kapasitas, jangan sampai hanya karena antusias tinggi dan penjualan meningkat malah mengorbankan hal lainnya. Seperti kemampuan sumber daya manusia, kemampuan produksi dan sebagainya. 

Penentuan jangka waktu pemberian promo ini harus ditentukan setelah memutuskan membuat promo diskon ongkos kirim. Aku juga menyarankan untuk memberikan promo ini di momen-momen tertentu, seperti saat hari gajian, promo kemerdekaan, promo ramadhan, dan sebagainya.


4. Tentukan Batas Minimum Pembelian 

Supaya promo diskon ongkos kirim yang diterapkan bisa mendapatkan keuntungan maksimal, maka kamu perlu menentukan batas minimum pembelian. Batas minimum pembelian ini dijadikan sebagai syarat dan ketentuan untuk mendapatkan promo tersebut. Dengan begini, kamu bisa meminimalisir terjadinya kerugian. 

Kamu bisa memberikan batas minimum pembelian seperti gratis ongkir jika pelanggan melakukan pembelian diatas Rp 100.000. Contoh lainnya yaitu gratis ongkir akan berlaku untuk pembelian dua produk. 


5. Diskon Ongkos Kirim untuk Wilayah Tertentu 

Promo gratis ongkos kirim yang aku terapkan hanya untuk beberapa produk saja. Selain itu, juga berlaku untuk wilayah tertentu. Misalnya, promo gratis ongkir hanya berlaku di wilayah Jawa-Bali saja. Sedangkan untuk wilayah lainnya hanya mendapatkan subsidi ongkir saja.

 

6. Hindari untuk Menaikkan Harga 

Jika kamu tertarik untuk menerapkan promo ini agar mendapatkan keuntungan maksimal, disarankan untuk menghindari menaikkan harga. Apabila kamu melakukan hal ini, aku yakin pelanggan akan pergi karena toko lainnya menjual produk yang jauh lebih murah. Hal ini juga berpotensi bisa memberikan kesan negatif, dimana kamu ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan mempermainkan harga produk. 

Jadi itulah tips memberikan promo diskon ongkir agar tidak rugi. Banyak orang suka belanja online karena harga produknya jauh lebih murah dan ada banyak promo yang bisa didapat seperti potongan ongkos kirim. Sebagai pemilik usaha, kamu juga bisa bergabung sebagai Mitra Bisnis Lalamove agar mendapatkan promo diskon ongkos kirim yang menarik. 

Pada November 2022 Lalamove memang memberikan banyak promo untuk para penggunanya. Berbagai promo ini hadir untuk menyemarakkan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Baik pemilik usaha atau pengguna baru dan lama Lalamove berpeluang besar mendapatkan promo.

Beberapa promo tersebut seperti diskon ongkos kirim mitra Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta. Tidak hanya menikmati potongan ongkos pengiriman, mitra bisnis Lalamove bisa merasakan berbagai benefit lain seperti prioritas layanan pengiriman yang instan, kemudahan metode bayar, cashback, asuransi perlindungan produk, laporan pengiriman, dan lain sebagainya. 


Sumber: 
https://www.lalamove.com/id/blog/promo-ongkir-lalamove-november/

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar