Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut Akibat Asam Lambung ?

Posting Komentar
Konten [Tampil]

tips terbaik mengatasi anxiety asam lambung

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut Akibat Asam Lambung ? Sebagai penderita asam lambung, aku sangat paham bahwa kita tidak hanya berjuang melawan sakit fisik akibat gangguan asam lambung. Namun kita juga merasakan sebuah perasaan takut, atau dikenal juga dengan anxiety/gangguan kecemasan.

Jadi ingat di tahun 2019 aku pernah mengalami GERD dengan sakit yang cukup parah dari biasanya. Nah kebanyakan orang yang memiliki sakit ini, pasti sepaket nih sama yang namanya gangguan kecemasan/anxiety disorder.


Apa yang aku rasakan saat dilanda GERD Anxiety Disorder?

Saat GERD melanda, saat itu gejala yang aku rasakan adalah sakit perut, sulit menelan, jantung berdebar, sesak napas, nyeri dada, keringat dingin, tremor, takut, cemas, sulit tidur. Banyak ya? Nyatanya seperti itu. Sedih deh saat mengalaminya.

Nah, saat itu juga aku baru tahu kalau gangguan asam lambung itu ternyata ada kaitannya dengan gangguan kecemasan/anxiety disorder.

Untuk yang belum tahu, jadi gangguan kecemasan adalah suatu kondisi psikologis ketika penderitanya mengalami rasa cemas atau takut secara berlebihan dan konstan. Biasanya ini sulit untuk dikendalikan, sehingga akhirnya berdampak buruk terhadap produktivitas sehari-hari.

Memang ku akui saat mengalami itu, produktifitasku terganggu. Apalagi saat itu juga belum tahu bagaimana mengatasi rasa takut akibat asam lambung. Jadi rasanya setiap hari bisa bangun dengan bugar adalah suatu berkah dalam hidup.

Tapi bersyukur sekali kini kian membaik karena sudah bisa mengendalikan rasa takut itu ketika datang. Paling tidak ada beberapa tips yang bisa kamu coba juga saat kamu mengalami hal yang sama.


Bagaimana Mengatasi Rasa Takut Akibat Asam Lambung?

1. Diet

makanan untuk penderita maag gerd asam lambung
Diet yang dimaksud di sini bukan untuk mengurangi berat badan ya hehe. Jadi diet ini adalah lebih ke mengatur pola makan menjadi lebih sehat dan tepat untuk penderita gangguan asam lambung.

Seperti yang pernah aku ceritakan bahwa aku pernah mengalami sendiri titik terberat saat gangguan asam lambung sedang parah-parahnya. Dokterku memberikan list diet sehat yang harus dilakukan.

Secara singkat, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihentikan saat gangguan asam lambung datang, seperti makanan berminyak, berlemak, asam, pedas, buah dan sayur yang mengandung banyak gas, beberapa minuman juga tak luput dari list diet seperti kopi yang kental, teh yang kental, dll.

Selain faktor makanan, perhatikan juga waktu makan, jangan skip jam makan dan makan juga ada batas malamnya. Kemudian perhatikan juga cara mengunyah makanan, makan sedikit tapi sering lebih baik, serta perhatikan aktivitas paska makan. Jangan langsung rebahan, bahkan tidur.

Nah, jika kita bisa mengendalikan asam lambung tersebut dengan diet makanan sehat dan tepat, maka rasa takut/cemas/anxiety bisa kita minimalisir kehadirannya.


2. Kelola pikiran

Bagaimana Mengatasi Rasa cemas anxiety Akibat Asam Lambung

Ini juga yang paling berpengaruh terhadap pengelolaan rasa takut/cemas saat gangguan asam lambung itu datang.

Mungkin beberapa dari kamu pasrah dengan mengkonsumsi obat dokter untuk mengatasi gangguan asam lambung. Namun, itu saja tidak cukup. Cobalah untuk mengelola pikiran kamu juga agar rasa takut akibat asam lambung bisa diminimalisir.

Cobalah untuk selalu berpikiran positif, bahwa apa yang kamu takutkan tidak selalu benar. Jika sulit, cobalah untuk meditasi/yoga, menulis sebagai healing, detox sosial media dan segala hal yang sekiranya membuatmu tenang termasuk beribadah.

Hindari terlebih dahulu menonton tayangan yang membuat perasaanmu tidak nyaman, seperti berita buruk, film dengan genre yang menegangkan dan sejenisnya. Apabila cemas disebabkan karena kondisi tertentu (dengan sebab), persiapkan diri untuk menghadapinya (jangan lari/denial).

Kamu juga bisa cari support system untuk menceritakan perasaan cemasmu, misalnya sahabat atau keluarga. Jika kecemasanmu tak kunjung mereda dan mengganggu produktivitas sehari-hari, mintalah bantuan profesional.


3. Olah Raga

Ini sungguh berat untuk "kaum mager", aku pun demikian hehe. Namun cobalah untuk berolah raga ringan terlebih dahulu seperti jalan pagi sembari melihat pemandangan dan menghirup udara sejuk.

Kamu juga bisa melakukan yoga dan olah raga lain disesuaikan dengan kemampuan kamu. Jika itu dilakukan rutin, maka keringat yang kamu keluarkan akan menjadikan perasaanmu lebih nyaman dan positif.

berapa lama tidur untuk penderita asam lambung yang baik

4.  Tidur dan Istirahat yang Cukup

Jangan abaikan alarm tubuhmu. Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana mengatasi rasa takut akibat asam lambung, cobalah beri jeda untuk tubuh dan pikiranmu sejenak. Sesibuk-sibuknya kamu, istirahatlah yang cukup. Tidur setidaknya 7-8 jam sehari dan jangan begadang.

Sebagai penderita asam lambung juga, ini menurutku sangat berpengaruh sih. Terutama untuk tidak begadang, kalau tiada artinya. Lebih baik tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Buat prioritas dan don't be too hard on your self!


5. Konsumsi Nutriflakes

Untuk kamu yang sedang berikhtiar, cobalah Nutriflakes Sereal Asam LambungNutriflakes adalah sereal dengan bahan utama pati umbi garut yang diformulasi khusus untuk meredakan asam lambung tinggi

Jadi, Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang diformulasikan dengan herbal alami yang aman dan nyaman. Nutriflakes memiliki cita rasa yang enak, jadi bisa dikonsumsi segala usia (mulai 2 tahun) untuk terapi kesembuhan penyakit lambung.

Nutriflakes ini bisa menjadi solusi pengganti makanan sehari-hari yang mengenyangkan namun tetap aman, sehat dan nyaman. Selain itu juga bisa mencukupi nutrisi untuk tubuh.

herbal untuk penderita asam lambung gerd maag kronis

Manfaat Nutriflakes;

  • Mengatasi asam lambung
  • Mengatasi maag kronis
  • Mengatasi GERD
  • Memperkuat organ pencernaan
  • Memenuhi kebutuhan serat harian
  • Pengganti makanan penderita asam lambung
  • Efektif mengurangi ketergantungan obat kimia
  • Mencegah Obesitas
  • Meredakan nyeri sendi dan sesak napas

Nutriflakes ini sudah bersertifikasi BPOM No. Registrasi BPOM MD 869011005864. Bahan Nutriflakes juga 100% Herbal, jadi diklaim tidak menyebabkan efek samping.

obat herbal untuk asam lambung

Cara konsumsinya juga mudah. Kamu tinggal menuangkan Nutriflakes 3 sendok makan ke dalam gelas. Kemudian tambahkan 150 ml air panas dan aduk hingga merata. Sereal siap disantap!


Penutup

Jadi selain diet, kelola pikiran, olah raga, istirahat yang cukup, bagaimana mengatasi rasa takut akibat asam lambung ? Kamu bisa konsumsi Nutriflakes agar gangguan asam lambung kamu mereda, dan anxiety sirna juga. Kunjungi Nutruflakes Shopee untuk harga dan pemesanan. Semoga bermanfaat untuk para pejuang asam lambung! :)

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut Akibat Asam Lambung

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar