Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah di Rumah, Intip Resepnya dengan Internet Cepat IndiHome!

4 komentar
Konten [Tampil]

Internet Cepat IndiHome, Internet  provider, Internet , telkom indonesia

Setelah hampir selesai berpuasa Ramadan, rasanya sudah terbayang-bayang menu lebaran sederhana tapi mewah buatan Ibu di rumah. Meskipun sudah berkeluarga, rasanya setiap pulang ke kampung halaman, aku merasa masih menjadi anak-anak kembali. Nostalgia!

Sebagai anak yang sudah merantau sejak kuliah, salah satu hal yang paling membuat kangen kampung halaman adalah makanannya. Meski makanan di resto dan café atau manapun itu banyak yang rasanya enak, namun masakan Ibu tetap tak ada tandingannya.

Apalagi di momen lebaran, dimana banyak bersilaturahmi dengan keluarga, saudara, hingga teman lama. Momen saling mencicipi makanan khas lebaran di rumah masing-masing juga membuat suasana hangat dan memorable.

Meskipun jika kita flash back sedikit, yaitu pada saat momen pandemi dimana kita harus berdiam di rumah. Aku juga tidak mudik ke kampung halaman. To be honest, rasanya hambar sekali. Seperti bukan Hari Raya, namun layaknya hari biasa.

Tak ingin berlarut dalam kesedihan, saat itu akhirnya aku memasak sendiri makanan khas lebaran ala kampung halaman di perantauan. Meski rasanya tak selezat hasil tangan Ibu, paling tidak itu mengobati kerinduan akan Hari Raya yang riuh di sana.

Untungnya aku menggunakan internet provider IndiHome by Telkom Indonesia, jadi searching resep masakan di Youtube bisa lancar tanpa hambatan. Meskipun cuaca tak menentu, internet tetap stabil.

Indihome Wifi ini menggunakan jaringan fiber optic yang mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 100 Mbps secara stabil lho. Kabel ini juga cukup tangguh dari risiko gangguan elektromagnetik serta kilatan petir sekalipun.

So, aktivitas online seperti mengakses Youtube, nonton TV interaktif, video call, webinar, nonton film/webseries,  hingga game online bisa tetap lancar dengan menggunakan IndiHome.

Nah, kembali lagi nih. Ada beberapa menu lebaran sederhana tapi mewah yang mungkin ada juga di meja rumahmu, namun pasti rasanya berbeda. Karena ada cinta sekaligus kenangan yang berbeda pula di dalamnya.


Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah di Rumah

1) Opor Ayam + Ketupat

Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah di Rumah
dok. pribadi

Mungkin hampir semua rumah ada menu satu ini saat lebaran. Rasanya lebaran tanpa opor ayam dan ketupat itu hampa ya. Meski di hari biasa bisa saja kita membuat opor ayam. Namun mungkin vibes alias suasana saat makan lah yang tak bisa ditiru di momen lebaran.

Untuk resep juga bertebaran di internet, jadi bisa recook sesuai yang diinginkan. Jangan lupa pakai internet cepat IndiHome agar bisa memahami resep dengan baik, nggak pakai buffering.

Nah, untuk ketupat memang rasanya tidak setiap saat ada. Terutama ketupat janur. Untuk keseharian biasanya adanya lontong daun pisang atau lontong plastik kan? Jadi memang ketupat alias nasi yang dibungkus janur kuning ini menggambarkan “Hari Raya banget”.

Dulu aku juga pernah baca jika “ketupat” alias “kupat” itu berasal dari bahasa Jawa yang maknanya “ngaku lepat”, berarti “mengakui kesalahan”.

Sehingga makna ketupat ini digunakan sesama Muslim sebagai sebuah harapan untuk mengakui kesalahan dan saling memaafkan serta melupakan kesalahan. Sebetulnya makna dari ketupat sendiri masih luas dan sejarahnya juga panjang.


2) Daging Sapi Bumbu Lapis

Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah di Rumah
Pict : masakapahariini.com

Makanan selanjutnya yang selalu ada di meja saat lebaran adalah daging sapi bumbu lapis. Makanan ini rasanya gurih dan manis. Aku suka makanan ini karena tidak diolah dengan santan, jadi beda ya dengan rendang dan semacamnya.

Tekstur daging bumbu lapis buatan Ibuku itu lembut, jadi anak-anakku juga suka. Cara masaknya juga menurutku tergolong unik.

Jadi, based on versiku itu bumbu halus, potongan daging yang tidak terlalu tipis/tebal, mentega, telur, semua dicampur menjadi satu dalam panci presto. Kemudian masak deh sampai matang, jangan lupa diaduk juga. Praktis sih menurutku dan rasanya enak!

Ingat sekali sewaktu pandemi tidak bisa mudik, aku bertanya resep daging sapi bumbu lapis ini ke Ibu via video call. Tentunya pakai jaringan internet provider IndiHome agar ngobrol juga tanpa putus meski cuaca jelek sekalipun.

Akhirnya berkat panduan dari Ibu nan jauh di sana, jadi juga deh daging sapi bumbu lapis ala aku. Rasanya mirip lah dengan buatan Ibu di kampung halaman ☺


3) Kentang Balado

Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah di Rumah
Pict : resepkoki.id

Untuk kering kentang balado ini memang banyak ya versinya, biasanya orang menyebutnya kentang mustofa. Namun yang selalu ada di meja saat lebaran bentuknya tidak memanjang seperti mie, melainkan seperti cips kentang yang kecil-kecil (lihat foto di atas).

Rasa dari kering kentang ini adalah gurih, pedas, manis. Cocok dimakan dengan kuah opor ayam dan daging sapi bumbu lapis serta ketupat. Jadi tidak perlu sambal, karena biasanya kering kentangnya dibuat pedas.

Sebetulnya kering kentang ini tidak hanya ada di momen lebaran khas rumahku, melainkan makanan yang memiliki kenangan tersendiri.

Jadi, saat dulu harus merantau ke Solo untuk kuliah, setiap mudik dan harus kembali lagi ke perantauan biasanya Ibu membawakanku kering kentang ini. Ini makanan penyelamat saat lapar sih. Soalnya penyimpanannya tahan lama.

Dengan nasi panas dan kering kentang saja rasanya sudah enak dan bikin kenyang. Jadi nggak worry lagi saat hujan, tidak ada lauk, maupun 'mager' keluar kost untuk membeli makan.

*

Nah sebentar lagi mau lebaran nih, yuk sama-sama persiapkan masakan khas lebaran yang bisa dikenang anak-anak kita juga kelak!

Bingung nggak ingin masak apa? Nggak usah bingung, tinggal cari resepnya di internet pakai internet cepat IndiHome aja!


Mengapa Menggunakan IndiHome untuk Kebutuhan Internet Cepat Keluarga di Rumah?

IndiHome, internet cepat, Telkom Indonesia

Sebagai Ibu sekaligus bekerja dari rumah, internet tentu menjadi kebutuhan yang sangat krusial. Misalnya untuk mencari materi pembelajaran anak di rumah, mencari resep masakan, bekerja tentunya, atau sebagai sarana hiburan menonton tayangan film/series dengan internet, dll.

Berikut adalah beberapa keunggulan yang harus kamu ketahui saat berlangganan internet provider IndiHome :

  1. Berbagai Pilihan Paket Sesuai Kebutuhan
  2. Tayangan TV Favorit di UseeTV
  3. Perlindungan Digital Ekstra
  4. Kecepatan Stabil di Segala Cuaca
  5. Pembayaran Mudah
  6. Layanan Pelanggan Cepat Tanggap


Penutup

Jadi dengan internet cepat IndiHome kita bisa mudah berkegiatan ya, jadinya lebih produktif.

Nah, itulah menu lebaran sederhana tapi mewah ala aku yaitu opor ayam, ketupat, daging sapi bumbu lapis, kering kentang pedas manis dan jangan lupa kerupuk udangnya. Masakan yang tak hanya enak, namun memorinya sampai ke hati. Kalau kamu… apa nih menu lebaran khas di rumah? Share dong! ☺

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

4 komentar

  1. paling suka makan opor ayam pas lebaran :D

    BalasHapus
  2. Pernah coba ganti ke menu lain, tapi ternyata opor ayam masih yang nomor satu. Menggunakan Indihome di Garut cukup asyik juga sih lancar jaya.

    BalasHapus

Posting Komentar