Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Cara Monetisasi Instagram : Percantik dengan Sampul Sorotan IG Keren!

Konten [Tampil]

Sampul Sorotan IG Keren

Ingin tahu cara monetisasi Instagram? Nah, salah satu caranya adalah dengan konsisten ngonten di Instagram dong. Kemudian jangan lupa untuk percantik juga dengan sampul sorotan IG keren agar lebih menarik. Simak ulasannya deh sampai selesai!

Di dunia digital sekarang ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan 'cuan'. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan media sosial, khususnya di sini adalah Instagram.

Meski banyak orang yang memandang sebelah mata kepada mereka yang memiliki penghasilan lewat Instagram, nyatanya menjalankan hal tersebut tidak lah mudah.

Konsisten dan kreatif menjadi hal yang harus diperjuangkan untuk bisa memonetisasi Instagram. Nyatanya, tidak semua orang bisa dan bertahan lama. Ada beberapa hal yang ingin aku share nih, bagaimana ya sebetulnya cara monetisasi Instagram?


3 Cara Monetisasi Instagram

Sebetulnya ada banyak cara untuk monetisasi Instagram alias menghasilkan pundi-pundi uang lewat Instagram. Di sini aku hanya akan menjelaskan 3 cara monetisasi Instagram untuk pemula :

1. Layanan iklan (endorsement)

Nah, pasti sudah pada familar dong dengan yang namanya endorsement? Endorsement ini bisa dibilang bentuk kerja sama layanan iklan antara brand dengan influencer/KOL/content creator.

Ada banyak cara monetisasi IG sebagai content creator, namun aku bicara garis besarnya saja ya. Biasanya ini dilihat dari jumlah followers-nya. Ada beberapa tingkatan nama influencer berdasarkan jumlah followers nih:

  • Nano-influencer <10.000 pengikut
  • Mikro-influencer 10.000-100.000 pengikut
  • Makro-influencer >100.000 pengikut

Nah, tentu ratecard dari masing-masing tingkatan ini berbeda. Biasanya semakin banyak followers semakin mahal bayarannya. Namun memang jumlah followers tidak menjamin adanya enggagement yang tinggi.

Pelik sih bicara mengenai engagement ini. Terlepas dari segala teknis yang ada, menurutku hal yang paling penting adalah ngonten sih untuk pemula.

Sebelum build akun Instagram, memang sebaiknya pilih dulu bagaimana konsepnya (niche akunnya), misalnya beauty, food, travel, family, parenting, lifestyle dan sebagainya.

Jika sudah memutuskan, kamu juga harus mencari keunikan diri yang tidak ada di diri maupun akun lain di Instagram. Ini dilakukan agar akun IG kamu gampang ter-notice. Namun tetap do something positive ya, guys!

cara menghasilkan uang dari instagram untuk pemula

Jangan lupa untuk join komunitas sesuai niche jika memang ingin fokus monetisasi Instagram. Misalnya kamu bisa join di komunitas traveller, yang suka sharing perjalanan menjelajah mereka di Instagram, dll.

Biasanya ada beberapa jalan si client datang ke kita untuk memberikan 'cuan', misalnya dengan apply job yang memang di share di komunitas/managemen tertentu. Atau bisa jadi ada brand yang langsung hubungi kamu.

Kalau sudah level dihubungi brand, ini sih paling nyenengin. Biasanya ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan client mendatangi kamu untuk bekerja sama :

  • Akun IG kamu ramai (engagement bagus juga)
  • Akun IG kamu memiliki foto/video yang resolusinya maupun editannya bagus.
  • Kamu sharing sesuatu yang bermanfaat dan selaras dengan value brand tersebut.
  • Kamu sharing sesuai niche yang orang-orang butuhkan dan sesuai dengan brand tersebut
  • Tampilan Instagram kamu rapi dan menonjolkan jati diri kamu/akunmu dengan jelas.
  • dan lain-lain.
Ada banyak hal yang bisa membuat kita dan brand pada akhirnya setuju untuk bekerja sama memang, namun intinya fokus ngonten dan naikkan value dirimu di dunia digital :)

2. Afililiasi 

Untuk ini juga pasti sudah pada familiar deh. Pernah lihat tidak ada orang yang share link di IG Story tentang suatu produk/layanan jasa/dll? Nah bisa jadi hal tersebut adalah afiliasi.

Singkatnya, kita akan dapat komisi alias 'cuan' saat ada orang yang meng-klik/berbelanja di situ/melakukan hal apa yang brand mau.

Afiliasi ini setahuku tidak harus punya followers ribuan sih. Bahkan ada bebeapa marketplace yang bisa menerima anggota afiliasi dengan followers hanya 500an gitu.

Untuk ini aku sebetulnya belum coba, namun based on cerita banyak orang nih, komisi afiliasi itu lumayan banget lho 'cuan'-nya!

Nah, caranya bagaimana? Kamu tinggal daftar program afiliasi apapun dan letakkan link-nya pada profil di Bio ataupun sematkan link di IG Story dan masukkan dalam sorotan.

Percantik dengan Sampul Sorotan IG Keren ini!

Jangan lupa juga untuk saved IG story sebagai sorotan, jadi mempermudah tracking  portofolio dan nantinya akan muncul di profil Instagram kamu. Selain untuk data afiliasi, siapa tahu dilirik brand juga kan karena akunnya bagus? Jangan lupa untuk memberikan desain sampul sorotan IG keren agar lebih menarik.

Cara Monetisasi Instagram
Source : https://graphicsauce.co/id/ | Sampul Sorotan IG Keren

3. Sebagai Narasumber

Salah satu cara monetisasi instagram adalah membuat akun kamu sebagai personal branding. Nah biasanya akun IG seperti ini berisi informasi dengan niche tertentu. Yang paling penting adalah konsisten!

Jika kamu suka bebikinan kue atau masak, kamu bisa share tips masak. Jika suka olahraga, share juga tipsnya. Misalnya kamu suka bebekinan mainan untuk anak (DIY), bisa juga sharing di akun Instagram kamu secara konsisten.

Jika konsisten, kamu akan ter-notice orang mengenai spesialisasi kamu atau niche kamu. Ujungnya adalah kamu dianggap ahli di bidang tersebut. Jadi deh dilirik untuk dijadikan narasumber, baik untuk event offline maupun online.

Selanjutnya, kamu tinggal menyeimbangkan personal branding yang telah kamu bangun di Instagram dengan teknik public speaking deh!


Penutup

Jadi, masih ragu untuk mencari 'cuan' lewat Instagram? Semoga artikel "Cara Monetisasi Instagram : Percantik dengan Sampul Sorotan IG Keren!" bisa memberi kamu pencerahan ya! Good luck ^^

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar