Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Rekomendasi Game Anak Online Terbaru untuk Melatih Ketelitian Anak!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Rekomendasi Game Anak Online Terbaru untuk Melatih Ketelitian Anak!

Mungkin para orang tua khawatir akan hobi anak yang suka bermain game online. Namun, parents sebetulnya bisa kok membantu memilihkan si kecil untuk bermain game anak online yang aman. Aku beri beberapa rekomendasinya di artikel ini. Baca sampai selesai ya! :)

Dipandang sebelah mata, beberapa game anak online memiliki beberapa manfaat juga lho, parents! Asalkan mengikuti beberapa tips di bawah ini.


Tips Memilih Game Anak Online

1# Sesuai dengan usia

Tentu ini harus diperhatikan ya parents, bahwa parents harus selalu mengawasi anak untuk bermain game online yang sesuai usia anak.

Selain itu, tanamkan pada jiwa anak juga bahwa memang dia hanya boleh memilih permainan yang sesuai usianya, bukan untuk orang dewasa. Jadi ada atau tidaknya kita, dia tetap punya kontrol yang baik akan hal tersebut.

Pemilihan game yang tidak sesuai dengan usia memang akan mempengaruhi tumbuh kembang si kecil kelak. Jadi kita memang harus dekat dengan anak, agar anak mau terbuka dengan kita sebagai orang tuanya.


2# Memiliki manfaat

Nyatanya, ada kok beberapa game anak online yang memiliki manfaat, misalnya untuk melatih ketelitian, koordinasi mata dan tangan, berpikir kritis dalam problem solving, melatih rasa sabar dan pantang menyerah, dll.

Jadi kita sebagai orang tua juga turut andil memilihkan mana game online yang sekiranya tidak hanya menghibur kala senggang, namun juga memiliki manfaat untuk anak.


3# Jenis games dan perangkat bermain aman untuk anak

Nah, parents sebaiknya up to date akan jenis-jenis game yang ada di jaman sekarang. Sebaiknya untuk anak jangan pilih game yang bisa multiple-player dengan orang tak dikenal dan bisa sambil saling bicara.

Ini untuk menghindari anak-anak dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab di luaran sana. Anak belum bisa melindungi dirinya sendiri, sehingga butuh perlindungan dari kita sebagai orang tuanya.

Nah, untuk jenis perangkat yang aman, sebaiknya pilih perangkat dengan layar besar dan sulit untuk berpindah. Hindari pemakaian ponsel, karena layarnya kecil dan mudah dibawa kemana-mana. jadi sulit terkontrol oleh parents nantinya.


4# Disiplin akan waktu

Nah, selain dari segi usia dan manfaat, sebaiknya parents memang memiliki kendali akan waktu bermain anak. Ini terkait dengan kesehatan juga. Jadi ada waktu bermain, ada waktu untuk belajar, beribadah, makan, dan sebagainya. Pasti bisa kok!


3 Rekomendasi Game Anak Online

Berikut adalah beberapa rekomendasi game anak online yang bisa parents pilihkan untuk anak-anak di rumah. Ini aku dan anak-anakku suka main juga lho di rumah. Check this out!

1# Mahjong Solitiare

game anak online terbaru

Mahjong Solitiare ini adalah sebuah permainan single-player, jadi aman dimainkan untuk anak. Cara mainnya juga mudah, anak hanya mencocokkan kotak dengan gambar yang sama.

Ada beberapa pilihan map/desain tata letaknya (pilihan 'options' di sebelah kanan), seperti bentuk dinding, hati, default (klasik/kura-kura), dan pryamid. Sedangkan untuk style desainnya ada tema landmarks terkenal, jenis bangunan, konstruksi, ekonomi, renovasi, dan landscapes.

Jadi ini memang simple namun menarik sekali, dan yang paling favorit untuk anak-anakku adalah style landmarks dan landscapes.

Selain ada pilihan 'options', di sisi kanan permainan juga menunjukkan indikator berapa banyak pasangan kotak terbuka yang tersisa dan berapa lama kita sudah bermain.

Di sisi kanan tersebut juga terdapat tombol untuk memainkan game baru 'New game' dan mengocok kotak yang tersisa dengan klik 'Shuffle'. Kemudian untuk membatalkan langkah terakhir kamu bisa pakai 'Undo".

Cara bermain game Mahjong Solitiare

Kamu bisa memainkannya dengan mencocokkan pasangan kotak/ubin terbuka dengan gambar yang sama.

Sebuah kotak/ubin dianggap terbuka adalah jika tidak ada kotak/ubin lain di atasnya maupun di sisi kiri dan kanannya yang menjepit. 

Kamu hanya bisa memilih kotak yang terbuka, ditandai dengan berubahnya warna menjadi biru saat kamu pilih/klik. Jika kotak/ubin tidak berubah, artinya kotak tersebut tidak terbuka dan tidak bisa dipasangkan.

Jika kamu merasa sudah tidak ada jalan lagi atau tidak ada lagi kotak yang bisa dipasangkan, kamu dapat memilih tombol 'Shuffledi tepi kanan permainan untuk mengacak ulang kotak yang tersisa.

Manfaat bermain Mahjong Solitiare

Permainan ini sangat bermanfaat untuk anak terkait melatih konsentrasi, ketelitian, daya ingat, koordinasi mata dan tangan, dan juga problem solving.


2# Sort The Trash

game Sort The Trash

Sort The Trash adalah game anak online dengan konsep memahami daur ulang, dimana inti cara bermainnya adalah mengendalikan tempat sampah dengan menggeser ke kanan dan kiri untuk menangkap/mengumpulkan barang daur ulang sambil menghindari sampah lainnya.

Adapun barang-barang yang bisa ditangkap tempat sampah adalah barang daur ulang berupa botol, karton, dan kaleng.

Sedangkan barang berupa baterai, sedotan plastik, kantong plastik, dan bahan kompos seperti apel, telur, pisang, hingga cangkir kopi kertas bekas merupakan barang yang tidak bisa didaur ulang di permainan ini. Jadi harus dihindari dari tempat sampah.

Jika kamu memasukkan barang yang tidak bisa didaur ulang ke tempat sampah, maka kamu akan dapat teguran. Begitu pun jika kamu melewatkan banyak barang yang seharusnya masuk ke tempat sampah untuk didaur ulang, kamu juga akan mendapatkan teguran.

Menurutku bermain ini butuh koordinasi mata dan tangan yang lumayan effort, karena sampah yang jatuh tergolong cepat.

Nah, kamu hanya memiliki 3 kesempatan untuk bisa terus melaju mengumpulkan sampah daur ulang. Jika terus melaju, maka permainan akan menjadi lebih cepat.

Manfaat bermain Sort The Trash :

  • Melatih konsentrasi
  • Melatih koordinasi mata dan tangan
  • Melatih ketelitian
  • Melatih daya ingat
  • Mengajari anak untuk membedakan sampah yang bisa didaur ulang dan tidak
  • Mengajari anak untuk cinta lingkungan


3# Hidden Food

game Hidden Food

Hidden Food adalah game mencari benda tersembunyi berupa makanan atau peralatan dapur.

Di bagian atas permainan, kamu bisa mengetahui sisa waktu level, item wajib apa yang harus kamu temukan, hingga juga berapa banyak setiap item-nya yang harus kamu temukan. Sedangkan sisi kanan ada tombol pembesar layar, pause, sound on/off, dan music on/off.

Cara bermain game Hidden Food

Cara bermainnya mudah, kamu tinggal mencari item yang tertera di atas permainan dan sejumlah item yang tertera.

Namun, untungnya adalah saat kita lama menemukan bendanya (dalam durasi waktu tertentu), maka benda yang kita cari akan bergerak maju mundur seperti memberikan pertanda.

Tentu ini akan memudahkan kita untuk menemukan benda yang kita cari di level awal. Namun seiring naiknya level, maka bendanya semakin banyak dan kecil-kecil, sehingga mata kita akan sulit melihat saat ada benda yang bergerak.

Jika kamu gagal dalam salah satu level, kamu bisa banget untuk mengulanginya lagi berkali-kali.

Manfaat bermain Hidden Food

Permainan ini melatih anak untuk lebih berkonsentrasi, melatih daya ingat, koordinasi mata dan tangan, hingga ketelitian.


Kesimpulan

Nah, ternyata ada juga kan game anak online yang tidak hanya menghibur saja namun bermanfaat untuk si kecil? Yuk dampingi anak-anak kita di rumah saat bermain!

Jadi, itulah beberapa rekomendasi game anak online untuk bisa melatih ketelitian anak. Semoga artikel ini bermanfaat ya, parents! Thank you :)

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar