Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Perawatan Motor untuk Perjalanan Jauh ini Wajib Dilakukan Agar Liburanmu Aman!

10 komentar
Konten [Tampil]

Tips Liburan Keluarga dengan Motor

Liburan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu, misalnya saat tahun baru maupun libur hari raya. Jangan sampai kendaraan yang tidak prima menjadi penghambat liburanmu nih. Jadi, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah melakukan perawatan motor di tempat terbaik dan terpercaya.

Liburan memang perlu dipersiapkan dengan matang, agar selama berangkat hingga pulang bisa selamat dan menikmati setiap momennya.

Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah budget liburan, menjaga kesehatan tubuh, perhatikan keselamatan rumah saat ditinggal liburan, hingga melakukan perawatan kendaraan.

Untuk kamu yang menggunakan motor sebagai kendaraan liburan, sudah tahu belum cara merawat motor yang baik dan benar?

Aku akan bagi-bagi tips tentang perawatan motor agar komponen-komponen penting pada motor tetap terjaga. Tips ini aku dapat dari Planet Ban, yaitu salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia.


Lakukan Tips Perawatan Motor untuk Perjalanan Jauh, Liburanmu Aman!

Jangan Lupa Cek Kondisi Ban Motor!

Seperti yang kita tahu bahwa keadaan ban yang tidak baik tentu membahayakan kita saat berkendara, bahkan bisa menyebabkan tergelincir hingga kecelakaan.

Jadi, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat liburan (apalagi melakukan perjalanan jauh), kamu harus mengecek tampilan luar dari ban motor terlebih dahulu. Cek apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, serta tekstur ban bergelombang.

Jika ban baru diganti, sebelum melakukan perjalanan kamu juga harus memastikan tekanan udara dalam kondisi normal pada ban.

Nah, jika kamu melihat ada tanda-tanda ban perlu diganti, sebaiknya kamu segera menggantinya dengan ban baru di Planet Ban terdekat. Planet Ban menyediakan ban motor dengan berbagai merek dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan sepeda motor kamu.

Perawatan Motor untuk Perjalanan Jauh

Pastikan Rem dalam Kondisi Baik

Selanjutnya, kamu harus mengecek komponen pengereman. Ini menjadi komponen penting juga lho untuk menjaga keamanan dalam perjalanan.

Kamu perlu mengganti kampas rem saat kondisi rem sudah terlalu dalam ketika tuas ditekan atau diinjak.

Kamu bisa melakukan pemeriksaan secara manual menggunakan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol untuk memastikan kondisi keausan pada rem.

Jadi, kampas tromol (brake shoe) ini perlu segera diganti saat dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada. Nah, pada rem Cakram, kamu juga bisa melihat ketebalan dari kampas maupun piringan rem untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Jadi memang harus diperhatikan betul-betul ya perawatan motor kamu jika ingin digunakan untuk perjalanan liburan. Tentu saja agar bisa selamat dari pergi sampai pulang.


Cek Kondisi Oli Mesin! Perlu Ganti?

Perawatan motor lainnya yang harus kamu perhatikan sebelum liburan adalah penggantian oli mesin motor.

Kamu jangan lupa untuk mengganti oli mesin yang baru sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan oli yang kamu pakai bisa digunakan untuk jarak jauh, demi kenyamanan saat berkendara.

Nah, selain itu kamu juga perlu mengecek kandungan yang ada di dalam oli. Misalnya kandungan ester.

Ester pada oli sendiri merupakan kandungan yang mampu menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Jadi, suhu mesin tetap stabil. Oli dengan kandungan ester tentu sangat cocok digunakan untuk perjalanan liburan kamu dengan jarak tempuh yang jauh.

Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan oli dengan kandungan ester dengan harga yang terjangkau di Planet Ban. Oli eksklusif ini adalah oli X-Ten.

Jadi, oli X-Ten memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin motor tetap stabil meski dalam torsi tinggi. Selain itu, oli jenis ini bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer juga lho!


Pastikan Aki Motor Aman

Aki motor merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan motor, karena berfungsi untuk menjaga daya listrik pada sepeda motor.

Jadi, untuk kamu yang akan pergi lliburan dengan sepeda motor dan menempuh perjalanan yang jauh, jangan lupa ya untuk memperhatikan kondisi aki motor!

Kamu perlu mengecek kondisi aki tidak dalam keadaan bocor, karat, dan rusak sebelum melakukan perjalanan.

Nah, untuk kamu yang menggunakan aki basah, jangan lupa cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan. Pengecekan aki secara berkala bermanfaat untuk mengetahui kondisi aki, apakah dalam kondisi baik atau perlu segera diganti.


Jangan Lupa Cek Sistem Pendingin

Sebelum melakukan perjalanan, sabaiknya kamu perlu mengecek sistem pendinginnya. Ini sering terlewat sih memang, mungkin karena letak komponennya yang tidak terlihat mata secara langsung, sehingga jarang terpantau.

Pahahal ini penting lho! Karena sistem pendingin yang bermasalah bisa membuat panas tidak bisa di redam dengan baik, bahkan bisa terjadi overheat pada mesin.

Jadi, sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu harus memastikan kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup dan mampu menjaga temperatur mesin berjalan optimal.


Sudah Periksa Busi?

Komponen selanjutnya yang perlu kamu cek saat perawatan motor sebelum liburan adalah kondisi busi.

Kamu perlu membersihakan busi yang sudah terlihat kotor. Namun, perhatikan! Jika busi sepeda motor sudah terlihat haus, kamu wajib menggantinya dengan yang baru.

Busi ini untuk sistem perapian motor. Jadi jika kotor, sistemnya tidak akan bekerja dengan optimal. Hal ini membuat proses pengapian pada sepeda motor menjadi tidak sempurna dan terganggu. Tentu perjalanan liburan kamu menjadi tidak nyaman bukan?


Cek CVT dan Rantai, Jangan Skip!

Selanjutnya, kamu perlu melakukan pengecekan terhadap komponen CVT untuk motor matic dan rantai pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport sebelum melakukan perjalanan.

Jadi, ini merupakan sistem penggerak yang berfungsi untuk melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda. Jangan sampai skip pengecekan ini ya!

Jika kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna, ini tentu akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor.

Pastikan kembali servis komponen CVT maupun rantai sepeda motor sebelum melakukan perjalanan jauh saat liburan.


Penutup

Mudah dipahami kan tips perawatan motor untuk perjalanan jauh saat liburan dari Planet Ban ini?

Tips di atas sekaligus sebagai pengingat untuk kita semua nih agar dapat berkendara dengan aman, nyaman dan selamat selama liburan. Dengan kondisi sepeda motor yang prima dan optimal, maka perjalanan liburan semakin menyenangkan dan bisa menikmati setiap momen pastinya.

Nah, biasanya pengecekan kendaraan ini menjadi perhatian para laki-laki ya. Namun kita sebagai wanita juga wajib lho untuk memahami perawatan motor, apalagi yang dalam kesehariannya menggunakan motor.

Jangan hanya pakai, namun juga harus melakukan perawatan rutin ya! :)

Sekarang kamu bisa melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor dengan mudah dan terpercaya dengan melakukan konsultasi di link berikut.

konsultasi gratis perawatan motor

Semoga tips perawatan motor untuk perjalanan jauh yang telah aku share dari Planet Ban ini bermanfaat ya. Semoga liburanmu di akhir tahun dan hari raya bisa menyenangkan dan selamat sampai tujuan! :)

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

10 komentar

  1. Terimakasih sudah diingatkan untuk perawatan motor matic saat menjelang liburan apalagi sudah ada tempat yang bagus yaitu Planet Ban

    BalasHapus
  2. Ternyata memang ada banyak hal yang perlu kita persiapkan saat ingin melakukan perjalanan jauh dengan motor ya. Nggak hanya tentang persiapan fisik saja. Tapi juga persiapan motor juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, kadang suka ke skip kan ya. Karena sibuk packing juga ^^

      Hapus
  3. Kalau liat ada motor bannya udah menipis plus knalpotnya ngebul banget tuh saya yang takut. Apalagi kalau motornya dibawa perjalanan jauh. Kadang ada yang nggak mau rutin merawat motornya dengan alasan eman-eman Mbak atau malas. Padahal kesehatan motor itu penting buat keamanan dan kenyamanan berkendara ya. Dan sekarang ada Planet Ban yang menyediakan konsultasi gratis urusan permotoran. Mau ganti ban, banyak pilihan. Mau cari oli yang bagus dan terjangkau juga bisa. Dan konsultasinya itu bermanfaat buat yang nggak terlalu paham urusan permotoran dan cuma bisa makai aja hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di jalan sering lihat juga aku, bikin nggak nyaman ya. Memang harus rutin perawatannya terutama untuk jarak jauh ^^

      Hapus
  4. meskipun kecil, busi itu bagian yang wajib dicek juga ya sebelum bepergian apalagi liburan perjalanan jauh gitu ya, secara busi juga komponen penting untuk motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, penting buat sistem perapian motor. Padahal kecil gitu ya wkwk.

      Hapus
  5. Perempuan kadang ada yang nggak paham urusan permotoran, taunya makai aja he he padahal motor juga perlu dirawat terutama kalau mau dipakai jauh. Untungnya ada Planet Ban dan cabangnya banyak, bisa konsultasi gratis juga. Dan perlu juga ya baca-baca tentang komponen motor yang krusial seperti di tulisan ini. Biar lebih ada rasa tanggung jawab untuk rutin merawat/mengecek kondisi motor.

    BalasHapus
  6. Aku klo kemana2 bawa motor, mau deket atau jauh, yg pertama dicek tuh ban sama lampu sih. Kempes dikit langsung tak isi angin.

    BalasHapus

Posting Komentar