Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Tips Lolos SNBP 2024 dengan Belajar di Ruangguru, Informasi Terbaru Nih!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Daftar SNBP 2024

Siapa yang belum tahu bahwa SBMPTN dan juga SNMPTN sudah berubah istilah menjadi SNBP dan SNBT?

Beberapa dari kita mungkin ada yang belum familiar dengan sebutan SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), yang merupakan salah satu cara untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri alias PTN.

Perubahan ini berdasarkan pada Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 mengenai penerimaan mahasiswa baru. Dijelaskan pada pasal 4 bahwa penerimaan mahasiswa baru dibagi menjadi 3 jalur, meliputi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan seleksi mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri.

Sebelum mengulik tips lolos SNBP 2024, kita pahami terlebih dahulu yuk mengenai cara daftar SNBP 2024 dan juga seleksi SNBP 2024. Namun ini gambaran singkatnya saja ya.


Daftar SNBP 2024

Saat kita akan mendaftar SNBP 2024, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu tahu tentang syarat-syaratnya.

Syarat Daftar SNBP 2024

Beberapa persyaratan untuk mendaftar SNBP 2024 yang dilansir dari snpmb.bppp.kemdikbud.go.id adalah sebagai berikut:

  • Siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir (kelas XII) pada tahun 2024 dengan prestasi unggul.
  • Warga Negara Indonesia (WNI),memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS.
  • Memiliki nilai rapor yang telah diisi di PDSS.
  • Mengunggah Portofolio bagi yang memilih program studi Bidang Seni & Olahraga.
  • Memiliki Kesehatan yang memadai, tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PTN.

Cara Daftar SNBP 2024

Berikut adalah cara mendaftar SNBP 2024 yang juga dikutip dari laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id :

  1. Siswa eligible yang telah memiliki data di PDSS mendaftar SNBP melalui Portal SNPMB dengan menggunakan akun SNPMB Siswa.
  2. Siswa pendaftar harus membaca serta memahami ketentuan SNBP tentang ketentuan memilih program studi. Pahami juga tentang persyaratan yang ditetapkan oleh PTN yang dituju.
  3. Siswa pendaftar pada program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio serta dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang ditetapkan.
  4. Siswa pendaftar wajib mencetak Kartu Peserta SNBP sebagai tanda bukti sah menjadi peserta SNBP 2024.
  5. Daftar ulang di PTN tempat calon mahasiswa diterima mengikuti ketentuan dari PTN yang dituju.

Setelah mengetahui rangkuman syarat-syarat hingga cara daftar SNBP 2024, kita intip yuk bagaimana sih proses seleksi SNBP 2024?


Seleksi SNBP 2024

Pada dasarnya, seleksi pada jalur SNBP dilakukan berdasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:

  • Mendapat calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya.
  • Memperhitungkan rekam jejak sekolah.
  • Memperhitungkan mengenai lintas jurusan.
  • Menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara adil, akuntabel, dan juga transparan.
Adapun sistem seleksi yang dilakukan adalah:
  • Siswa pendaftar diseleksi berdasarkan urutan pilihan program studi yang pertama.
  • Jika siswa tidak lulus pada seleksi pada pilihan program studi pertama, maka siswa akan diikutkan pada seleksi pada pilihan yang kedua.

Jadi, untuk kamu yang berminat mengikuti SNBP tentu butuh persiapan yang matang ya. Bahkan tidak bisa secara instan alias tiba-tiba. Butuh proses untuk bisa lolos SNBP, karena seleksi ini menggunakan prestasi rapor, prestasi akademik maupun prestasi dalam bidang-bidang yang telah ditentukan.

Anyway, kamu bisa cek di website Ruangguru, di sana ada beberapa artikel update yang membahas lengkap tentang syarat dan ketentuan SNBP ini. Selain itu ada juga mengenai UTBK-SNBT.

tips lolos SNBP

Setelah ini aku akan share ya mengenai tips lolos SNBP 2024 yang bisa kamu terapkan.


Tips Lolos SNBP 2024

Untuk bisa lolos SNBP memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Jika persiapan demi persiapan dilakukan dengan maksimal, maka lolos SNBP akan sangat mungkin. Semangat!

Berikut adalah beberapa tips agar kamu bisa lolos SNBP 2024:

1. Teliti membaca syarat, ketentuan dan aturan

Salah satu hal krusial yang harus kamu kuasai adalah pemahaman tentang syarat, ketentuan, serta aturan SNBP 2024. Pastikan jangan sampai ada persyaratan yang terlewat atau tidak terpenuhi. Minta bantuan kepada yang berpengalaman jika perlu.

Kamu bisa akses informasi mengenai syarat, ketentuan dan aturan yang terbaru melalui sumber resmi yang tersedia. 


2. Menganalisa rapor dengan baik

Kamu perlu menganalisa rapor dengan baik, ini mengacu pada kebijakan Kemendikbud Ristek. Hasil analisis tersebut nantinya disesuaikan dengan jurusan kuliah yang kamu inginkan, sesuai dengan syarat dan ketentuannya atau tidak.

Dalam menentukan jurusan kuliah, sebaiknya kamu juga harus sesuaikan dengan minat dan keahlianmu.

Misalnya, untuk kamu yang memiliki nilai rata-rata rapor yang tidak begitu tinggi. Namun kamu menonjol dalam satu atau beberapa mata pelajaran tertentu. Nah, jika kamu melengkapinya dengan prestasi membanggakan di mapel tersebut, maka kamu bisa pertimbangkan untuk memilih prodi yang berkaitan dengan keahlian tersebut.

Oh iya, aku pernah lihat di website Ruangguru ada fitur Rasionalisasi SNBP, seperti gambar di bawah ini. Mungkin bisa kamu coba!

Seleksi SNBP 2024

3. Portofolio yang Baik adalah Kunci!

Tidak semua jurusan membutuhkan portofolio memang, namun memiliki portofolio yang baik dan menarik bisa menjadi nilai tambah.

Misalnya untuk kamu yang memilih program studi seni dan olahraga, pastikan portofoliomu mencerminkan potensi serta prestasi terbaik di bidang tersebut.


4. Perhatikan Jadwal

Pentingnya memperhatikan jadwal agar tidak terlambat dalam proses demi proses seleksinya. Jangan sampai terlewat ya! Kamu bisa membuat catatan atau to do list sendiri agar tidak salah jadwal. Atau bisa janjian dengan teman seperjuanganmu.


5. Konsultasi

Kamu bisa meminta arahan atau sekadar insight kepada yang lebih tahu. Misalnya kamu bisa berdiskusi dengan guru bimbingan konseling dan guru terkait.

Agar dapat masukan lebih matang, kamu bisa menghubungi alumni sekolah dan mempelajari rekam jejak mereka yang telah berhasil lulus melalui jalur tersebut.


7. Konsisten Belajar

Kamu harus terus konsisten belajar hingga akhir karena memang di jalur SNBP ini, bahkan sebelumnya juga, rapor sangat menentukan. Meskipun ada penilaian lain.

Nah, sekarang tidak usah bingung lagi mencari teman belajar agar konsisten dan bisa lolos SNBP dengan baik di jurusan yang kamu mau. Jangan sampai terlambat! Aku beri rekomendasinya sekarang ya.


Belajar di Ruangguru Demi Lolos SNBP 2024!

Seperti yang kita tahu, untuk lolos SNBP alias jalur prestasi ini salah satunya membutuhkan konsistensi belajar agar nilai rapor bisa optimal. Bahkan sedari awal masuk SMA.

Ruangguru menyediakan banyak sekali program untuk membantu kamu belajar dan bisa meraih impianmu.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, seperti layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, les privat, serta konten-konten pendidikan yang bisa diakses melalui web maupun aplikasi Ruangguru.

tips lolos snbp 2024

syarat snbp 2024

Ada beberapa program yang bisa kamu ikuti di Ruangguru, meliputi:

Roboguru, Roboguru Plus, Dafa dan Lulu, Ruangguru for Kids, Ruangguru for Business, Ruanguji, Ruangbaca, Ruangkelas, Ruangbelajar, Ruangpengajar, Ruangguru Privat Ruangpeduli, dll. Kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenjang kelasmu saja.

Nah, untuk harga tidak usah khawatir. Mengikuti program belajar di Ruangguru sangat terjangkau. Apalagi bisa pilih program sesuai dengan kebutuhan kamu. Langsung kunjungi websitenya ya!


Penutup

Semoga tips lolos SNBP 2024 dan serangkaian penjelasan singkat yang telah aku share bermanfaat ya. Tetap semangat dan berjuang, serta jangan lupa untuk berdo'a. Semoga dapat kampus yang diinginkan dan selalu gunakan Ruangguru sebagai teman meraih mimpimu!  :)

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar