Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

17 Surprise Anniversary untuk Suami. Lucu dan Romantis!

36 komentar
Konten [Tampil]
surprise anniversary untuk suamu
Menjelang ulang tahun pernikahan, biasanya mulai bingung nih demi mempersiapkan surprise anniversary untuk suami. Yes, si istri biasanya lebih well prepared tentang ini. Meskipun banyak juga para suami yang justru so romantic ya hehe.

Aku pernah menuliskan artikel tentang rekomendasi kado untuk suami saat ulang tahun pernikahan. Tapi memang most of all terkait dengan benda. Di artikel ini aku akan coba ulas beberapa ide yang nggak hanya berkaitan dengan benda, tapi sebuah moment.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membangun sebuah hubungan, yaitu memahami love language alias bahasa cinta. Masing-masing dari kita sebaiknya paham seperti apa bahasa cinta pasangan.

Sebagai reminder ya, bahwa love language itu ada 5 :
  • Word of affirmation : diberi kata positif
  • Quality time : meluangkan waktu bersama
  • Receiving gifts : mendapat hadiah
  • Act of service : dilayani
  • Physical touch : sentuhan
Nah dengan memahami bahasa cinta pak suami, kita bisa merencanakan nih surprise apa yang cocok untuk merayakan anniversary kali ini. Berikut adalah ide surprise anniversary untuk suami, dari yang lucu sampai romantis! Bahkan ada yang sederhana tapi penuh cinta.

1. Collect best moment (foto dan video)

Yuk mulai kumpulkan foto atau video from the first time kalian ketemu sampai sekarang. Buat video perjalanan ups and down-nya dengan sentuhan romantis dan mellow. Kamu bisa pakai aplikasi Inshot, Kinemaster, dan aplikasi editing video sederhana lainnya di ponsel kamu.

2. Dinner masakan favorit suami

Untuk pak suami yang bahasa cintanya acts of service biasanya akan happy saat mendapatkan treatment ini. Dimasakin makanan kesukaan, plating khas resto meski di rumah aja, dan menghias meja layaknya dinner romantis.

3. Tawarkan massage

Memang, banyak jasa massage sekarang ini sesuai gender. Tapi nggak ada yang ngalahin pijatan pasangan kita sendiri. Mungkin karena full of love ya. So, terlihat simple but menawarkan kenyamanan pijatan untuk suami akan membuat anniversary kamu lebih sweet & homey.

4. Camping (Kemah)

Karena sedang pandemi tentu agak effort ya memilih tempat camping sesuai protokol kesehatan. But ya, bukan nggak mungkin. Bahkan jika kamu memiliki halaman rumah yang luas, kamu bisa ide untuk camping di rumah aja hehehe.

By the way, aku tadi sempat searching rekomendasi tempat camping di sekitaran Jakarta. Ketemu deh lumayan lengkap. Meluncur ke web-nya review bukalapak travel ya, gaes!

rekomendasi camping jakarta

5. Hiking

Kalau ini lebih ke melakukan perjalanan naik bukit/gunung. Melakukan perjalanan akan meningkatkan bonding lho! Apalagi di suasana alam, biasanya kita lebih terkoneksi satu sama lain. Banyakin ngobrol saat di perjalanan, it's simple but crusial buat jaga feel kalian sebagai pasangan.

6. Staycation

Ini butuh budget ketimbang yang lain sih, tapi nggak ada salahnya. Kalau perlu pilih tempat staycation yang asri dan bisa refresh pikiran si pak suami yang sudah hectic dengan kerjaan. You deserve it, honey!

7. Game (Main Bareng!)

Game di sini bukan main game gadget atau yang seperti yang dibayangka hehe. Tapi lebih ke game berpasangan. Misalnya game card yang berisi deep question alias pertanyaan mendalam. Setelah game ini berlangsung, dhirapakan masing-masing dari kamu bisa lebih salih mengerti dan memahami satu sama lain.

8. Kompak kembaran

Kalian pernah kembaran baju sama pak suami? eh belum? coba deh awali dari anniversary ini. Atau kamu bisa cetak ilustrasi wajah kalian di mug masing-masing juga. Jadi kompak deh saat sedang tea or coffee time! Bisa juga kalian kembaran di barang lain. Nggak harus mahal, kesan yang utama.

kado anniversary untuk pasangan

9. Bikin surat cinta

Pernah bikin? Hahaha jaman digital begini mana ada surat cinta? ada dong. Bahkan aku pernah mengikuti suatu kelas yang challenge-nya disuruh membuat surat cinta. Cobain deh! Bentuk fisik kertas, sensasi nulis pakai bolpoin dan delay antara tangan serta otak jadi sensasi tersendiri. Hahaha.

10. Undang teman/saudara terdekat

Untuk yang ini pastikan protokol kesehatannya okay ya. Kamu bisa undang teman baik pak suami atau bahkan ibu bapak mertua untuk hadir ke rumah. Siapapun deh yang bikin pak suami bahagia (asal bukan *uhuk).

11. Mengunjungi tempat bersejarah kalian

Bukan tempat bersejarah Indonesia like museum or whatever. Di sini kamu bisa mengunjungi tempat pertama kalian ketemu, tempat pertama melamar, dan segala yang berkaitan dengan kenangan manis kalian. Nostalgia lah biar tambah sayang wkwk.

12. Handmade with love

Dari tadi nggak bahas kado barang khusus ya. Di part ini kamu bisa juga kasih barang tapi hasil karyamu sendiri. Apapun hasilnya, itu lebih berkesan! Bisa berupa rajutan, jahitan, rangkaian, pokoknya handmade with love dari kamu.

13. Dekorasi ulang rumah

Karena pandemi di rumah aja untuk mengurangi mobilitas, salah satu cara merubah suasana adalah mendekor ulang rinterior umah. Nggak usah muluk-muluk, kamu cukup memindahkan furnitur rumahmu ke posisi yang  berbeda. Suami akan lebih betah juga di rumah.

14. Kado unik menggelitik

Kali ini coba deh cari benda apa yang unik menggelitik tapi pak suami butuhkan. Misalnya kaos dalem. Receh sih, tapi kalau ada suratnya yang berisi alasan kamu membelinya akan jadi mengesankan. Misalnya : "Sayang, aku beli ini karena kaos dalem kamu ada jendelanya." hihihi.

15. Movie time

Untuk yang hobi nonton film, coba deh kalian quality time buat nonton film. Meski di rumah aja kamu bisa prepare like a bioskop kan. Ada popcorn, cemilan, minuman, atur kursi yang nyaman, dan sekadar ngobrol bahas film. Quality time ini yang kadang nggak sempet dilakukan karena dah punya anak hehe.

ide merayakan anniversary

16. Do challenge

Apa yang belum pernah kalian lakukan berdua? tempat mana yang belum pernah kalian kunjungi berdua? lakukan dan datangi (selama positif). Ukir cerita bersama :)

17. Rebahan aja di rumah (beres!)

The last but not the least. Rebahan aja saat anniversary nggak apa-apa kok. Yang penting komunikasi kalian lancar dan saling sayang. Nikmatin aja waktu berdua dengan tanpa effort. Just chill!

***
Akhirnya beres juga nih 17 idenya. Gampang kan? Tapi yang penting itu memang menciptakan momen dan diharapkan berkesan. Bonding sebagai pasangan kadang semakin hilang seiring waktu berjalan, kesibukan dan prioritas.

As a partner of life, kalian butuh charging perasaan kalian dan visi misi kalian as a family team. 

Semoga 17 Surprise Anniversary untuk Suami ini bermanfaat buat kamu ya! Good luck! :)

ibu di balik gawai


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle personal bloger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi.

Related Posts

36 komentar

  1. Wah mb Wid..temanya pas banget buat kami yg mau aniv ke 11 th...
    Paksu bahasa cinta nya sentuhan fisik dan quality time, tapi lagi di Laut ga bisa praktekin deh..

    Yang bisa dilakuin poin satu sama surat cinta..hehe

    Makasih ya idenya mbaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. LDM (Long Distance Marriage) detected wkwkwk. Istri keren nih, menurutku yyang bisa LDR itu supee keren. Sabar ya buk nunggu si abang pulang :') wkwk

      Hapus
  2. Wah mb Wid..temanya pas banget buat kami yg mau aniv ke 11 th...
    Paksu bahasa cinta nya sentuhan fisik dan quality time, tapi lagi di Laut ga bisa praktekin deh..

    Yang bisa dilakuin poin satu sama surat cinta..hehe

    Makasih ya idenya mbaak

    BalasHapus
  3. Saya sangat suka dengan poin nomor tiga, massage. Tak perlu budget, tinggal tenaga dan rasa. Rasanya senang banget, pulang kerja dengan segala kepenatannya, sampe di rumah ditawari untuk dipijat itu... it's so wow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah real testimoni dari pihak laki-laki nih. Para istri yuk jangan lupa! ;) Wkwkwk

      Hapus
  4. Love you Widya.. Langsung dech di kepala Bunda muncul bohlam besar. Harus di lanjutkan nih, kita buktikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bunda yg selalu punya semangat anak muda! Meluvyuuuuu

      Hapus
  5. Bahasa cinta suamiku kayaknya quality time dan dilayani, jadi hampir tiap waktu selalu merayakan kebersamaan. Dan seringnya justru paksu yang ngasih kejutan, hihi. terimakasih ide-idenya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pasti mbak bahagua ya kalau dikasih kejutan paksu. Langgeng till jannah mbak ;) aamiin

      Hapus
  6. Seru nih ide-idenya. Bisa buat contekan ntar kalau pas aniv. Nggak pake mahal tapi berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, momentnya yg pntg :') pricelesssss...

      Hapus
  7. Kalau kami mau aniversary, yg paling sibuk itu isteri,,
    Paling kami makan di tempat yang belum pernah kami datangi,,,
    Atau cukup di rumah saja 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya istri itu memang suka bikin bikin wkwk. Sehat selalu ya pak sekeluarga :)

      Hapus
  8. Kyaaa manis sekali, cuma membayangkan aja jadi ketawa ketiwi sendiri padahal belum eksekusi :D terima kasih sarannya Mom Widya :D, btw selamat Hari Anniversary bagi yang sedang menjalankan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak berasa diucapin selamat lebaran deh :') semoga mencerahkan dan meningkatkan keromantisan ya mba

      Hapus
  9. Aku terkesima dengan ide-ide anniv nya, kebetulan kan bentar lagi kami pun juga anniversary. Aku sampe wah ini nih bagus.. Eh no sekian boleh coba, eh ini lucu. Diantara sekian banyak kayaknya yang paling cocok buat kami adalah no 17 hwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakak kok sama sih. Ujung2nya REBAHAAAAAAAAN wkwkwkwk...

      Hapus
  10. Duh idenya pada romantis semua, kayaknya yang menulis surat cinta bisa menjadi kejutan terbaik, secara selama ini selalu gunakan teknologi. apalagi tulisannya dibikin menantang (kurnag jelas) dan hanya jelas pada ungkapan2 tentang cinta atau yang lainnya, pasti makin penasaran.

    BalasHapus
  11. Seru banget ide-idenya, pengen praktek deh. Eh, tapi mau praktek sama siapa coba wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk akan praktek pada waktunua. Aku aminkan yg paling serius mbaaa ;)

      Hapus
  12. Wooww...seru juga nih usulannya. Tapi gak tahu nih suami mau gak ya? heheheh

    BalasHapus
  13. ahaaaaa!!! aku tahu kado apa yang membuat suamiku klepek-klepek. makasih mb wid refrensinya. hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiiik, semoga sukses dan langgeng till jannah mbak aamiin ;)

      Hapus
  14. Staycation sambil rebahan, sambil pake baju kembaran, sembari ngobrol nostalgia masa pacaran. Berdua aja, anak2 dititipin ke budhe nya. Asyik tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kurang relate dengan perantau macam aku pak dokter wakakaka. Aku nggak ada tempat nitip anak yg trusted. Jadi pacarannya sekeluarga :')

      Hapus
  15. Inspiratif banget mbak, aku suka agak lama mikir untuk nyari kado ultah suami dan kado anniv 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat untuk menciptakan moment tak terlupakan dengan suami ya mb :')

      Hapus
  16. Dari awal pernikahan sampai sekarang 10 thn kita selalu melewati moment ini mbak, jauh hari kita sudah inget aniversary pass hari H kita lupa dua²nya tp selalu lucu dan berkesan pd akhirnya hehhe. Mksh mbak arikelnya beanfast bgt. Next harus di lingkari kalendernya biaar ga kelewat lagi hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun kadang gitu mba. gak seinget tanggal ultah wkwkwk cuma karena di kalender ada yearly alarm jadi inget deh ;) wkwkwk

      Hapus
  17. Harus dilingkari nih kalendernya mbak, soalmya seringnya kelewat hehe. Makasih mbak artikelmya menginspirasi

    BalasHapus
  18. Aku bacanya sambil ketawa loh mbak Wid. Apalagi yang terakhir 🤣. Pasalnya ini masih jom~🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk relate ya mbak sama foto yang di part baju kembaran hehe ;)

      Hapus
  19. Eh, bikinsurat cinta boleh juga nih idenya. Kan jarang jarang ya. Apalagi sejak teknologi makin berkembang, semuanya tinggal buka smartphone doang dan jadi biasa aja gitu. Makasih idenya ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, selama nikah akupun baru bikin 1 surat cinta sih. Birthday greeting aja gak sepanjang surat cinta wkwkwk

      Hapus

Posting Komentar