Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Resep Cireng Nasi Kobe, Jangan Lagi Buang Nasi. Sayang!

50 komentar
Konten [Tampil]
resep memanfaatkan nasi sisa

Happy banget karena aku baru aja nemuin Resep Cireng Nasi Kobe yang nggak hanya praktis, tapi juga punya tujuan yang mulia. Apa itu? Penasaran? Check this out!

Gorengan adalah makanan paling disukai masyarakat Indonesia. Betul apa betul? Aku setuju karena aku pun suka gorengan. Biasanya lebih enak dimakan pas masih hangat dengan suasana syahdu saat hujan.

Salah satu gorengan favorit aku adalah cireng. Makanan yang semakin lama semakin hits ini sebetulnya sangat mudah dibuat sendiri lho! Nanti aku akan spill deh resepnya.

Untuk kamu yang belum pernah cobain cireng atau bahkan nggak tau apa itu cireng, wajib nyimak ini sampai selesai!


Asal Mula Cireng

Cireng alias aci goreng ini mulanya berasal dari Kota Priangan (Bandung) sekitar tahun 1970-an. Terbuat dari bahan utama tepung tapioka alias tepung kanji dan diolah dengan cara digoreng, anyway teksturnya kenyal. 

Cireng yang tadinya merupakan kudapan sederhana pada masanya, kini naik level jadi kudapan semua orang nggak pandang bulu. Bahkan sekarang ini cireng sudah diinovasi menjadi banyak kudapan.

Adapun yang sering ditemui di sekitar kita adalah cireng saus rujak, cireng bayur, seblak cireng, cireng isi (keju, sosis, bakso, dll), bahkan cireng nasi. Kamu suka yang mana?


Bikin Cireng dari Nasi Sisa, Anti Mubazir!

Sebagai ibu-ibu yang memiliki tag-line anti mubazir club, maka anti bagi kami untuk buang-buang makanan. Termasuk salah satunya nasi yang nggak habis alias nasi sisa. Rasanya sayang banget kan mau buang?

Apalagi mengulik sedikit mengenai masalah Indonesia menghadapi food waste (sampah sisa makanan), ternyata cukup miris. Berdasarkan penelitian yang diadakan oleh The Economist Intelligence Unit (EIU) pada tahun 2017, Indonesia merupakan negara kedua penghasil sampah makanan terbanyak di dunia, yaitu sekitar 300 kg tiap individu.

Masih mau nambahin sampah makanan dengan membuang nasi sisa? Yuk kita olah nasi sisa menjadi kudapan favorit keluarga, yaitu Cireng Nasi Kobe!

Nanti aku bakal kasih tau deh gimana praktisnya eksekusi Resep Cireng Nasi Kobe di rumah hanya deNgan 3 bahan aja.


Mengenal Kobe, Produsen Tepung Bumbu Pertama di Indonesia!

Kobe adalah perusahaan terkenal yang kini menghasilkan banyak varian produk. Pada tahun 1979, Kobe memulai perjalanannya sebagai industri rumahan tepatnya di daerah Semarang.

Tepung bumbu adalah produk pertama dari Kobe, sekaligus sebagai tepung bumbu pertama di Indonesia. Kamu tahu nggak Kobe ini perusahaan yang berasal dari mana?

Kebanyakan orang menyebut Kobe ini adalah perusahaan Jepang. Apa kamu mengira demikian juga? But no! Kobe ini asli Indonesia ternyata. Kobe adalah singkatan dari Kata Orang Banyak Enak. 

Nyangka nggak kalian dengan asal usul nama Kobe? Dengan tagline "Kobe Ahlinya Tepung Bumbu!", Kobe meluncurkan banyak varian Tepung Kobe, meliputi:

resep cireng nasi kobe

1. Kobe Tepung Tempe Kriuk

Kamu bisa menggunakan tepung ini untuk membuat gorengan tempe. Tepung dilengkapi ketumbar asli sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan renyah.

2. Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy

Untuk yang ingin membuat ayam kentucky super crispy dan tahan hingga 8 jam, kamu bisa menggunakan tepung ini.

3. Kobe Tepung Serbaguna

Dengan tepung ini kamu bisa membuat aneka gorengan yang renyah berempah.

4. Kobe Tepung Bakwan & Perkedel

Ingin membuat bakwan & perkedel yang lembut di dalam dan renyah di luar? Pakai tepung ini aja!

5. Kobe Tepung Pisang Goreng

Pisang goreng dan aneka kue bisa kamu buat dengan tepung formulasi ini.

6. Kobe Tepung Bumbu Putih

Sedangkan tepung ini diformulasikan untuk membuat gorengan yang renyah bertekstur kristal. Salah satunya adalah membuat cireng.


Lebih Praktis dan Lezat! Bikin Cireng Nasi Pakai Tepung Bumbu Putih Kobe Aja

Kini hadir Tepung Bumbu Putih Kobe dengan formula dan keunggulan yang unik. Jadi teksturnya yang kristal dengan butiran tepung yang renyah ini bisa membuat lapisan gorengan jadi lebih krispi dan lebih tebal.

Nggak hanya gorengan, jajanan hits kekinian seperti cilor alias aci telor juga cocok lho! Jadi kamu bisa membuat aci telur sendiri di rumah, praktis kan? Bikin makanan viral apapun yang memiliki sensasi aci yang kenyal serta elastis saat diaduk bisa mudah dengan Kobe Tepung Bumbu Putih. 

Kobe Tepung Bumbu Putih ini ternyata juga tanpa pengawet lho dan tanpa pewarna buatan. Yang bikin Ibu-ibu auto bahagia lagi nih, ini gluten free!

# Keunggulan Tepung Bumbu Putih Kobe

  1. Membuat hasil lapisan gorengan lebih krispi dan lebih tebal karena butiran tepung kristalnya.
  2. Teksturnya jadi lebih garing, dengan kerenyahan tahan lama.
  3. Mengandung tepung tapioka. jadi bisa membuat masakan lebih kenyal serta juicy kalau kamu dijadikan sebagai campuran bahan.
  4. Tanpa pengawet, tanpa pewarna buatan, dan gluten free.

Nah, sekarang saatnya kita bikin sendiri Resep Cireng Nasi Kobe ini di rumah. Tenang, ini sungguh praktis dan mudah kok, hanya dengan 3 bahan aja.

tepung bumbu putih kobe

Resep Cireng Nasi Kobe

# Bahan Cireng Nasi Kobe

  • 200 gr nasi putih
  • 100 ml air
  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gr)
  • 10 gr daun bawang
  • minyak goreng secukupnya


# Bahan Bumbu Rujak

  • 1 sendok makan kacang tanah (digoreng)
  • 100 gr gula merah
  • terasi secukupnya
  • 50 ml air hangat
  • 1 sachet BonCabe level 10, rasa Original
  • 1 sendok makan air asam


# Cara membuat Cireng Nasi Kobe:

  1. Aduk 200 gr nasi dengan 100 ml air. Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gr dan 10 gr daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Panaskan minyak dalam wajan. Setelah panas ambil 1/2 sendok makan adonan, goreng hingga kuning keemasan.
  3. Cireng Nasi Kobe siap disajikan.


# Cara membuat Bumbu Rujak:

  1. Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat.
  2. Tuang BonCabe level 10. Campurkan dengan air asam dan aduk hingga rata.
  3. Bumbu rujak siap disajikan sebagai cocolan Cireng Nasi Kobe.

***

Penutup

Ternyata dengan adanya Kobe Tepung Bumbu Putih, kita bisa banget nih bikin di rumah jajanan hits apa aja yang kriuk di luar dan kenyal di dalam serta gurih. Dijamin mudah dan praktis! Biasanya aku cek resep lainnya juga di website Dapur Kobe.

Dengan Resep Cireng Nasi Kobe ini, nggak ada lagi alasan untuk membuang nasi sisa lagi ya. Karena nasi sisa juga bisa kita manfaatkan sebagai hidangan yang lezat dan istimewa favorit keluarga. Selamat mencoba! :)

ibu di balik gawai nurrahmah widyawati
Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

50 komentar

  1. Wah aku baru tahu kalo kobe singkatannya kata orang banyak enak. Hahha ada ya singkatanyya. Ehm, jadi punya referensi mengelola nasi sisa selamam . Selain dijadikan nasi goreng. Hheehe...

    Aku galfok ma kata syahdu nih. Jadi sering dngar hehehe.. semnagat yuks yuks bikin cireng dr tepung kobe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, jujurly akupun baru tahu singkatan itu mba ^^

      Hapus
  2. Wah eah waaaaah! Ide yg sangat bagus nih mb. Jadi ga mubadzir. Jadi penasaran gimana rasanya cireng dari sisa nasi ini. Praktis bangte ga perlu tambahan penyedap rasa lainnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ngga perlu tambah yg aneh-aneh dah enak ^^

      Hapus
  3. Saya sejak kecil, sering "disajikan" aneka makanan yang diracik dari tepung kobe ini. Sampai sekarang, sih :) jadi memang suka banget.

    Bikin cireng belum nyoba nih, langsung share ke whatsapp isteri ah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang, kasih tau istri sekarang bikin cireng cukup 3 bahan aja wkwkwk

      Hapus
  4. tau gak kak, ini makanan favorite keluargaku apalagi kalau ada sisa nasi. biasanya yang bikin ibu mertuaku, hehehe. aku cobain pake kobe ah jadi penasaran rasanya

    BalasHapus
  5. Wah..ide yg sangat menarik nih. Biasanya aku cuma membuat nasgor dari nasi sisa..jadi pengen coba juga nih resep ini. Terima kasiih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini enak sih kak, mirip cireng tapi gak keras, lembut, gurih dan bikin nagih, hehe

      Hapus
  6. terimakasih resepnya mba.
    kalau saya, sisa nasi dikasih burung sih. hehe.
    tapi keren banget masyaallah , buat yang mau mengolah nasi sisa.
    bisa jadi ide jualan, dan no food waste.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg udah kering gitu iya mbak kasih burun atau ayam wkwk, tapi biasanya nasi kemarin yg dibikin nasgor kan bosen tuh. Bisa dibikin cireng ^^ hehehehe

      Hapus
  7. Aku suka banget pake tepung Kobe ini buat apapun, asli dah emangg enak renyah gausa dibumbuin lagiii

    BalasHapus
  8. Wah jadi pengen coba resepnya. Gampang kelihatannya. Padahal aku sudah lama punya stok tepung putih Kobe tapi bingung mau bikin apa. Makasih buat idenya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin cireng mba ^^ hehe kirim ya mba kalau dah jdiii

      Hapus
  9. Iyes, aku sudah pernah mencoba resep cireng nasi ini mbak
    Tepung Kobe bikin rasanya makin enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku juga masih ni di rumah ^^ pingin bikin cireng lagi hhi

      Hapus
  10. boleh juga ini di coba, kelihatanya enak dan gurih

    BalasHapus
  11. Kalau pakai tepung bumbu Kobe yang bakwan bisa ngga kak? Kebetulan masih ada sisa tepung bakwan. Pengen coba bikin cireng nasinya. Apalagi ini ngga perlu pakai tepung tapioka ya atau bikin adonan biangnya dulua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa kak, yg bakwan nggak ada kandungan yg buat cirengnya ^^ jd ngga kenyal. Dari pada ribet nambahin tapioka mending pake Kobe Tepung Bumbu Putih aja deh ^^ hhe

      Hapus
  12. Makin lengkap aja pilihan kobe ya, Kak. Ini resep cocok banget buat keluarga. Biar ga ada makanan tersisa dan terbuang begitu saja

    BalasHapus
  13. Waah ini aku banget ahahhah, penyuka cireng, cilok dan sodara2nya. cireng nasi itu kesukaan anakku yang pertama, dan kemaren juga sempet nyobain pake yang kobe bumbu putih. betul sih lebih renyah, tapi anakku ternyata tetep lebih suka kobe yang buat kentucky

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ak tergantung peruntukannya, goreng ayam pasti pake yg kentucky wkwk, bumbu putih buat cireng dll ^^ cuma kmrn ak eksperimen goreng ayam pakai tepung kentucky & bumbu putih. Aku double lapis. Malah jd kaya ayam yg dijual di luaran loh. Kriuk bgt lapisannya, anak2 suka hhi ^^

      Hapus
  14. seru-seru, bisa dipraktekkan di rumah. apalagi sudah mendekati bulan puasa tentu nyari makanan yang bisa dimasak dirumah untuk buka puasa bareng keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, gorengan buat buka nih biasanya wkwk ^^

      Hapus
  15. Duh ide memasaknya keren mba, bisa nih jadi referensi buat aku coba di rumah sayang soalnya nasi sisanya... Auto pengen nyoba resep pake Kobe ini, pasti enakk

    BalasHapus
  16. Baru tau kalau Kobe itu brand asli Indonesia. Saya termasuk orang yang mengira KOBE itu brand asal Jepang karena sama kayak nama kota di Jepang.

    Wah, gampang banget kayaknya bikin cireng dari nasi dan tepung Kobe. Makasih resepnya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, mbak dulu akupun mengira dmikian wkwkwk ^^

      Hapus
  17. Sebagai pengabdi cireng, aku menangis membaca ini HUHU. Baru tau ada tepung cireng, biasanya kan tepung goreng ayam atau pisang. Thx mba tulisannya

    BalasHapus
  18. Kobe untuk membuat cireng nih belum daku coba. Pernahnya untuk bikin tempe dan ayam goreng.
    Pankapan bisa dicoba nih

    BalasHapus
  19. wahh makasih sudah menuliskan ini. Saya jadi punya ide buat bikin camilan lezat di rumah

    BalasHapus
  20. idenya unik banget bikin cireng dari nasiii kreatif, dan kebetulan tepung bumbunya mendukung ya mba

    BalasHapus
  21. Mantap selain bisa zero waste, ternyata bisa dibikin cireng enak pake tepung Kobe ya. Biasanya kalau nasi sisa diolah lagi jadi nasi goreng, harus coba dibuat jadi cireng nih, padahal camilan favorit saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bosen kan nasgor mulu gantian sama cireng kak ^^ hehe

      Hapus
  22. Baca ini jadi auoto laper ngebayangin cireng bumbu rujak. Nanti aku mau coba resepnya ya mba. Aku pernah bikin cireng ngikutin resep tiktok, eh, gagal. Haha

    BalasHapus
  23. Malam jam segini ngemil cireng asik banget nih. Enaknya cireng tuh bisa difreezer ya Kak, shg awet.

    BalasHapus
  24. bisa jadi cemilan yang digemari bocil bocil ya mba, jadi ga food waste juga sama nasinya, mesti kreatif olah bahan makanan yg ada, selain cireng bisa juga tuh dijadiin gendar, kerupuk nasi ala jawa tengah-an :))

    BalasHapus
  25. cireng kayaknya sampe sekarang belum aku cobain mbak
    di kotaku jarang yang jualan soalnya
    tepung bumbu kobe ini legend dari aku kecil dulu, dan sekarang pun di rumah menyimpan tepung ini, karena sering dibuat campuran waktu bikin tempe atau ayam juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak tinggal dimana? Wah semoga kapan-kapan bisa cobain ya, atau bisa bikin sendiri aja pakai tepung ini hehehe

      Hapus

Posting Komentar