Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Wedding Organizer Murah dan Bagus, Tips & Budgetnya?

2 komentar
Konten [Tampil]

tips memilih wo yang bagus tapi murah

Wedding Organizer Murah dan Bagus adalah dambaan para calon pengantin. Bagaimana tidak, sudah bagus, harganya terjangkau pula. Tapi ngomong-ngomong soal Wedding Organizer alias yang biasa disingkat WO ini, sebetulnya perlu nggak sih? Atau bisa kita handle sendiri?

Perlukah Menggunakan Jasa Wedding Organizer (WO) Saat Menikah?

Perlu nggak perlu sih. Aku sendiri nggak pakai WO. Jadi smua vendor kita atur sendiri. Pusing? tentu pusing. Oleh karena itu, kalau kalau di desa, biasanya saat akan ada pesta pernikahan, maka dibentuk panitia pernikahan. Biasanya anggotanya adalah keluarga besar dan tetangga.

Namun, semakin hari nampaknya kultur kita nggak sebegitu gotong royong seperti jaman dahulu. Oleh karena itu banyak yang menggunakan jasa orang ketiga untuk handle pernikahan. Bukan berarti keluarga lepas tangan, hanya mungkin di tempatkan di area urgent saja. Selebihnya serahkan pada WO.

Jadi, tergantung kesepakatan kamu, pasangan dan keluarga besar, mau menggunakan jasa WO atau tidak. Tentunya ini berkaitan dengan kesibukan, kepraktisan dan yang paling penting adalah budget. Hehe.


Tips Memilih Wedding Organizer Murah dan Bagus

Kalau kamu memang yakin ingin menggunakan jasa WO, so ya kini saatnya aku berikan tips memilih wedding organizer murah dan bagus. Check this out!

1# WO Terbuka Soal Budget, Kamu Juga!

Nggak hanya WO yang display price list-nya, namun kamu juga harus jujur terkait budget yang kamu punya. Jangan sampai pernikahan kamu over budget hanya karena gengsi dan komunikasi yang tidak baik.

Wedding organizer yang baik akan menyusun pernikahan impianmu dengan baik serta fleksibel sesuai dengan anggaran yang kamu berikan.


2# Selidiki Track Record WO

Di jaman digital seperti ini mudah sih melihat track record si calon wedding organizer. Ya nggak? Kamu bisa lihat website resminya, sosial medianya, dokumentasi foto-fotonya. Bahkan kamu juga bisa tanya-tanya ke orang yang sudah memakainya/testimonial.


3# Survei Lokasi & Karakter WO

Lokasi office wedding organizer yang dekat dengan lokasi pernikahanmu biasanya akan lebih maksimal dan paham bagaimana handle project darimu. Ini juga membuat mereka lebih praktis, sehingga kemungkinan harga lebih miring.

Konsep pernikahan kamu juga perlu diperhitungkan dalam penentuan WO, karena WO biasanya memiliki kelebihan serta karakternya masing-masing. Misal WO A jagonya membuat konsep minimalis modern, WO B jagonya konsep syar'i, dan sebagainya.

perlukah menggunakan jasa wo saat menikah

4# Komunikasi Baik dan Nyambung

Tentunya kamu harus nyambung sama WO-nya sebelum bekerja sama. Cari wedding organizer hampir mirip kaya cari jodoh sih, dicari klik-nya. Jangan sampai mau kamu A, pemahaman si WO jadi B hehe.

Selain itu pastikan komunikasi kamu dengan pasangan juga baik terhadap WO-nya. Karena ini event besar kalian, so ya harus bisa berdiskusi dan mufakat dengan baik serta efektif.


5# Baca Kontrak dengan Sungguh-Sungguh

Biasanya orang-orang paling males baca mendalam mengenai kertas perjanjian kerjasama atau kontrak. Langsung aja gitu tanda tangan. Padahal teliti itu penting lho. Siapa tahu ada poin-poin yang belum masuk atau justru ada poin-poin yang nantinya membuat budget pernikahan kamu membengkak.


Paket Wedding Organizer di Rumah

Aku adalah tim menikah di rumah hehe. Hanya di halaman rumah saja yang disulap bak menikah di gedung. Kalau kamu suka dengan konsep ini, kamu harus menyimak ini.

Untuk kamu yang tinggal di rumah komplek padat penduduk tentu nggak ada pilihan lain selain menyewa tempat menikah seperti gedung misalnya. Praktis sih memang, namun untuk kamu yang tinggal di desa atau kawasan rumah yang masih punya halaman cukup, pernikahan di rumah adalah pilihan tepat.

Kalau di rumah, tamu lebih fleksibel biasanya untuk datang. Lain halnya di gedung yang mematok jam datang.

lebih baik menikah di rumah atau gedung

Yang sering terlewat saat ingin menikah di rumah, pastikan dekorasi dan luas areanya pas. Jangan sampai depan pelaminan ada tiang dan semacamnya. Kamu harus pikirkan si photographer juga yang akan mendokumentasikan event kamu.

Untuk budget-nya, misalnya di Jakarta, kamu harus menyiapkan budget mulai dari 14 juta-an hingga 28 juta-an. Mungkin bisa lebih murah kalau kamu hanya akad saja ya. Tapi tunggu dulu, ini belum termasuk catering, nah lho!

Jika kamu ingin WO include catering, seperti yang dilansir dari shcwedding.com, paket pernikahan dengan catering dipatok dengan harga 60-70 juta-an. Ini untuk area Jabodetabek.


Paket Wedding Outdoor Murah

Kamu berminat untuk menikah dengan konsep outdoor? Perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ya.

Pernikahan konsep outdoor memang terkesan lebih santai dan estetik, namun kamu juga perlu memperhatikan cuacanya. Selain itu persiapan logistik seperti makanan, barang-barang yan diperlukan maupun area urgent harus diperhatikan.

Alih-alih terkesan murah, namun pernikahan outdoor bisa saja menyita tabunganmu jika nggak teliti lho! Secara umum, minimun budget untuk pernikahan ini mulai dari 35 juta, ini hanya mendapatkan 50 kursi.

budget menikah outdoor garden party

Selengkapnya dilansir dari harga.web.id, budget itu juga meliputi venue, pelaminan, mix fresh & artificial flower, karpet, pergola, standing flower, hand bucket, rias dan busana, catering buffet 100 pax, food stall, entertainment, dokumentasi, buku tamu, digital invitation, dekorasi photo booth.

Hal di atas belum termasuk acara adat. Masih dari sumber yang sama, budget yang kamu butuhkan untuk garden party di Jakarta level middle class misalnya, untuk 100 kursi kamu memerlukan budget sebesar 87 juta-an.

Sedangkan di bawah ini adalah estimasi budget wedding yang dilansir dari akun Instagram @finansialku_com kolaborasi dengan weddingmarket_. Mahal ya, sis! Wkwkwk.

Wedding Organizer Murah dan Bagus

Penutup

Jadi bagaimana? kamu harus teliti dalam memilih wedding organizer (WO), karena dia yang kamu percaya untuk handle hari bahagiamu. Khusus untuk era pandemi yang menuju endemi sekarang ini, protokol kesehatan tetap harus diperhatikan.

Untuk kamu area ibu kota dan penyangganya memang terlihat lebih pricey ya biayanya dibandingkan dengan di daerah. Meski begitu, kamu harus tetap on budget. Jangan hanya karena gengsi, kamu nggak memperhatikan cash flow untuk resepsi.

Bukan hal yang nggak mungkin kamu menemukan wedding organizer murah dan bagus. Karena ini kaya jodoh, aku sudah spill tipsnya ya hehe. Tapi kalau kamu butuh informasi kesehatan lengkap (terutama anak), kamu bisa berkunjung ke blognya Dokter Taura.

ibu di balik gawai nurrahmah widyawati


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

2 komentar

  1. Simpan dulu ah, besok kalau sudah mau nikah bisa dibaca lagi hihi. Makasih tulisannya mbak, ini bermanfaat banget buat aku yang masih single, jadi ada gambaran untuk pakai jasa WO atau enggak nantinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih ya dah mampir, semoga bermanfaat ^^

      Hapus

Posting Komentar