Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Alun Alun Pati Terbaru! Tempat Jogging dan Car Free Day Bareng Keluarga

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Alun Alun Pati Terbaru! Tempat Jogging dan Car Free Day Bareng Keluarga

Tempat pertama yang aku 'familiar' saat menginjakkan kaki di Pati adalah Alun Alun Pati. Bagaimana tidak, pemilik rumah sewa kami memberikan arahan sekian kilo dari alun-alun Pati, jadi mau nggak mau tempat itulah yang kami lewati ketika pindah ke sana.

Berbeda dengan Alun Alun Karanganyar yang sudah aku tulis juga di blog ini, Alun Alun Pati letaknya ada di tengah-tengah jalan yang aktif. Sehingga kamu bisa saja melewatinya meski nggak mampir ke sana.

Ketika melewatinya, kamu akan melihat tulisan Alun Alun Pati yang sangat besar. Di tengahnya ada lapangan dengan rumput hijau. Sekeliling lapangan dilengkapi dengan jogging track yang selalu ramai di akhir pekan.

Selain itu, alun-alun Pati juga dilengkapi dengan instalasi seni, dimana pada malam hari terlihat lebih indah dengan gemerlapnya lampu-lampu yang ada. Cocok deh buat kamu yang 'doyan' selfie karena memang instagram-able.


Alun Alun Pati Terbaru

Ternyata alun-alun yang aku sambangi ini merupakan wajah terbarunya setelah sekian lama direnovasi. Katanya, dulu itu kumuh dan 'semrawut' dengan pedagang kaki lima. Kini, PKL tersebut katanya telah direlokasi ke dekat GOR Pati.

1. Lokasi Alun Alun Pati

lokasi parkir alun alun pati

Alun-alun Pati sendiri letaknya ada di Jl. Tombronegoro, Pati Kidul, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59114. Jadi lokasinya tentu di pusat kota alias dekat Kantor Bupati Pati dan kantor DPRD Kota Pati.

Kamu bisa ke sini kapan saja, karena buka 24 jam dari Senin hingga Minggu dan gratis. Bayar parkir aja.

Luas Alun-Alun Pati ini sekitar 2,4 hektar. Alun-alun Kota "Bumi Mina Tani" (julukan Kota Pati) ini memang lebih cocok untuk olah raga dan duduk santai bersama keluarga atau rekan-rekan.

Tempat duduknya banyak di setiap sudutnya dan bersih. Mungkin karena jarang ada pedagang ya, jadi kebersihannya sangat terjaga.

Saat weekend, terdapat banyak orang yang jogging, anak-anak bermain sepatu roda, pesepeda yang singgah hingga yang hanya duduk-duduk menikmati ruang terbuka hijau. Lumayan teduh karena ada beberapa pepohonan yang besar nan rindang.


2. Kuliner Sekitar Alun Alun Pati

car free day pati minggu ke-3, pati tourism street fashion

Yap, kamu nggak akan melihat banyak kuliner di sini kecuali saat Car Free Day dan event tertentu. Car Free Day Pati sendiri biasanya hanya diselenggarakan di minggu ke-3, mulai jam 6 sampai jam 9 pagi.

Pada hari weekend biasa, kamu hanya dapat melihat segelintir penjual saja, seperti penjual cilok, bakpao, sate, dan beberapa ruko makanan dan minuman yang ada di sekelilingnya.

Sedangkan beberapa kuliner yang ada di sekitarnya meliputi Pizza Hut, Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo, Koi Soe, Burger Bangor, Joy Bakery, Beli Kopi dan lainnya. Nggak jauh dari sana juga ada Omah Cabe dan The Anya Garden Resto yang sudah pernah aku ulas juga di blog ini.

Jika kamu ke sana pagi-pagi, paling yang sudah buka dan selalu ramai adalah Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo dan gerobak sate persis di Alun-Alunnya. Ada juga sih Nasi Uduk dan Bubur di ujung jalan (nggak begitu terlihat), but little bit pricey untuk rasa yang B aja, hehe.

Alun-alun ini memang bukan alun-alun satu-satunya di Pati Kota. Ada juga yang namanya alun-alun Kembang Joyo dimana lebih banyak kuliner dan permainan anaknya (seperti pasar malam gitu), soon kita ke sana ya!

Untuk permainan anak, saat weekend di depan Masjid Agung Pati suka ada odong-odong. Ya hanya itu aja sih permainan anaknya.


3. Penginapan Sekitar Alun-Alun Pati

Untuk kamu yang butuh penginapan sekitar Alun Alun Pati, kamu bisa menginap di hotel bintang 3 seperti The Safin Hotel Pati, New Merdeka Hotel Pati, Hotel 21 Pati dan Pati Hotel.

Untuk hotel bintang 2 ada Hotel Rama dan juga beberapa RedDoorz yag tersedia, Hotel Kencana.

Aku pribadi belum pernah coba menginap di sana, tapi The Safin Hotel Pati sepertinya menarik untuk dicoba. Soalnya dia adalah satu-satunya hotel dengan bangunan paling mencolok tingginya diantara bangunan Pati lainnya. 

alun-alun pati terbaru 2023
Source : RadarMuria

Dimana Tempat Parkir Alun-Alun Pati?

Untuk kamu yang bingung meletakkan kendaraannya saat menyambangi alun-alun, kamu bisa memarkirkan kendaraan roda dua kamu di depan ruko Salza Resto. Selain itu kamu bisa juga meletakkan motor kamu di dekat air mancur seberang Masjid Agung dan apotek.

Nah, untuk kamu yang membawa kendaraan roda 4, kamu bisa parkir di depan Masjid Agung Pati. Namun kalau Car Free Day jalan tersebut semuanya ditutup, nanti parkirnya diatur masing-masing di setiap sudut jalan masuk alun-alun.

Untuk biaya parkir di sana, umumnya sekitar Rp 3000,- untuk roda dua dan Rp 5000,- untuk roda empat.


Gambar Alun Alun Pati Berlatarkan Masjid Agung Baitunnur Pati

Gambar Alun Alun Pati Berlatarkan Masjid Agung Baitunnur Pati

Nah, untuk kamu yang sedang menikmati Alun-Alun Pati, kamu bisa beribadah di Masjid Agungnya yang cantik dan khas. Untuk fasilitas toilet juga bersih di sana.

Adapun beberapa inspirasi kegiatan bareng anak di Alun Alun Pati:

1. Bermain Sepatu Roda

Di alun-alun sendiri banyak lho anak-anak yang berkeliling dengan sepatu roda, seru deh lihatnya.

2. Jalan Sehat

olah raga di alun alun pati

Moms Dad bisa ajak anak untuk ikut jalan keliling jogging track agar lebih sehat. Anakku juga suka berlarian di rerumputan tengah lapangan.

Namun memang harus hati-hati ya, karena suka ada yang main bola di sana. Meski nggak menggunakan seluruh lapangan sih. Hanya main-main bola biasa.

3. Bermain Bubble

Anak-anak bisa diajak bermain bubble alias gelembung sabun. Banyak kan yang jual gelembung sabun berbagai model, bahkan ada yang menggunakan baterai juga? Jadi lebih seru deh menikmati weekend di alun-alun bareng keluarga.

4. Duduk-Duduk Jajan

Bahkan misal hanya duduk-duduk di sana menikmati ruang terbuka hijau juga sudah merupakan healing tipis-tipis lho. Kamu bisa bawa makanan favorit anak-anak dari rumah. Namun jaga kebersihan ya! Buang sampah di tempatnya.

5. Foto-Foto Cantik

car free day alun alun pati
Car Free Day Pati - Jalan Sehat TK Aisyiyah 5 Pati di Muktamar Muhammadiyah 2022

Nggak dipungkiri, setiap sudut Alun-Alun Pati dengan berbagai instalasi seninya sungguh memanjakan mata. Kalian bisa berfoto mengabadikan momen keluarga untuk dikenang kelak.


Penutup

Nah, jadi untuk kamu yang weekend ini bingung mau kemana dan ingin yang gratis-gratis aja namun menyehatkan dan estetik, yuk ke Alun Alun Pati! Apalagi sewaktu Car Free Day, lebih ramai pastinya. Besok kemana lagi ya? ^^

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar