Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Soto Kemiri, Kuliner Khas Pati Yang Gurih Kesukaan Anak-Anak!

2 komentar
Konten [Tampil]

Soto Kemiri, Kuliner Khas Pati Yang Gurih

Bahas kuliner Pati ini unik-unik sih. Setelah bahas Nasi Gandul , ada lagi nih kuliner khas Pati yang enak dan ini satu-satunya kuliner khas Pati yang anak-anakku doyan, yaitu Soto Kemiri! Lainnya nggak doyan soalnya, hihihi.

Kalau dengar kata "Soto Kemiri", apa yang ada di benak kalian? Apakah soto dengan taburan rempah bernama kemiri? Waktu pertama dengar aku penasaran banget sih, mengapa dinamakan soto kemiri.

Padahal sih secara rasa ya enak-enak aja dan nggak berlimpah rempah kemiri juga yang signifikan. Lantas mengapa soto kemiri ini memiliki penamaan yang unik? Check this out! ^^


Soto kemiri berasal dari...

Untuk kamu yang belum tahu, soto kemiri berasal dari Pati, Jawa Tengah. Daerah Jawa bagian utara yang dijuluki Bumi Mina Tani karena masih memiliki banyak persawahan.

Sering dikenal juga sebagai kota 'Hogwarts'nya Harry Potter, karena masih kental dengan klenik dan paranormal gitu. Jujur ini aku takut sih pas tahu bakal pindah ke Pati, hahaha.

Back to topic... Ada yang bilang kalau Soto Kemiri ini secara khusus berasal dari daerah namanya dukuh Kemiri, desa Sarirejo, Kab. Pati. Jadi sotonya dinamakan Soto Kemiri. Make sense sih.

Dulu awalnya juga penjual sotonya kebanyakan berasal dari dukuh Kemiri dan menjajakkan dagangannya di daerah Kembang Joyo. Sekarang sih sudah banyak ya, menyebar ke seluruh penjuru Pati.

Soto kemiri berasal dari Pati Jawa Tengah

Asal Usul Soto Kemiri

Nah, ada yang unik nih. Versi pertama penamaan Soto Kemiri kan karena awal mulanya berasal dari dukuh Kemiri, namun ada versi lainnya lho!

Konon, jaman dahulu kala, banyak warga yang nggak sanggup membeli ayam/daging untuk membuat soto. Sehingga masyarakat akhirnya menggunakan bumbu kemiri sebagai penggantinya. 

Soto ini sangat dinikmati para petani kala itu karena lezat dan murah. Namun kini bisa dinikmati seluruh masyarakat karena telah bertransformasi dengan tambahan ayam kampung.

Untuk versi kedua ini seperti dugaanku sih. Aku pikir memang soto kemiri ini menggunakan rempah kemiri yang dominan untuk kuah sotonya. Meski sebetulnya saat aku coba ya tetap enak-enak aja.


Keunikan Soto Kemiri

Untuk kamu yang pertama kali makan soto kemiri, mungkin akan sedikit kaget dengan penyajiannya.

Soto Kemiri ini disajikan dengan minimalis, yaitu dengan semangkuk nasi yang diisi dengan kecambah/tauge, seledri dan bawang goreng. Kemudian disiram dengan kuah soto santan encer, berbumbu kemiri dan warnanya kuning kunyit gitu.

Tak lupa disajikan juga dengan potongan ayam kampung, seperti sayap, paha, kepala, ceker yang juga dibumbu kuning/ungkep. Namun size dari ayam ini kecil, katanya sih pakai ayam kampung yang masih muda. Jadi sekali makan harus banyak, hihihi.

Soto Kemiri terdekat
Source : cdn.idntimes

Santan sebetulnya not my comfort food, but surprisingly ini enak. Seperti yang sudah aku bahas juga di awal, bahkan anak-anakku yang picky sama masakan khas Pati aja doyan lho!

Meski aroma rempah-rempahnya lumayan kuat, namun tetap menggugah selera makan. Rasa kuahnya ini cenderung gurih dan manis. Manisnya Soto Kemiri bisa kamu tambahkan dari siraman kecap manis asli Pati, yatu 'Cap Lele'. 

Perantau asli Kebumen pasti tahu dong betapa rindunya kita sama Kecap Kentjana yang hanya ada di Kebumen? Nah, kecap khas Pati 'Cap Lele' ini mirip sekali rasanya dengan Kecap Kentjana khas Kebumen, guys!


Soto Kemiri Terdekat, Terpopuler dan Terfavorit Keluargaku

Ada beberapa Soto Kemiri di Pati yang jadi favorit warga, meliputi:

1. Soto Kemiri Pak Kribo

Soto Kemiri Pak Kribo
Souce : Local Guide andre pradita

Soto ini memiliki rating 4.5 dengan 602 ulasan Google. Lokasinya ada d Jl. Kiai Saleh, Kaborongan, Pati Lor, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59111.

Di hari Minggu, mereka buka jam 08.30-21.30 WIB, sedangkan hari lain buka jam 09.30-21.30 WIB.

Aku pertama banget makan Soto Kemiri ya di sini. Saat itu Minggu pagi sedang motoran bersama Paksu dan anak-anak cari sarapan. Seketika lihat Soto Kemiri Pak Kribo, akhirnya kami coba deh apalagi kami juga belum pernah makan Soto Kemiri sama sekali.

Sotonya enak, gurih manis gitu. Bisa pilih mangkok juga, ada yang besar dan kecil. Untukku pribadi, mangkok kecil juga cukup untuk sarapan.

Toping ada banyak, yaitu sate kerang, kerupuk, sayap, hati ayam, sate telur, tahu bakso, dan lainnya.

Namun memang jika bawa roda 4 agak ribet ya parkirnya karena dekat lampu merah. Kalau pakai motor aman sih, tinggal masuk aja ke area pujaseranya.


2. Soto Ayam Kemiri Lasdi Tarsan

Soto Ayam Kemiri Lasdi Tarsan
Souce : Local Guide Andrew Nobiantoro

Kalau Soto Kemiri yang ini aku belum pernah coba sih, namun ratingnya cukup bagus yaitu 4.3 dengan 564 ulasan di Google. Lokasinya ada di Jl. Kembang Joyo No.83, Ngembleb, Kutoharjo, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59118.

Soto ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam.


3. Soto Ayam Kemiri Pak Wo

soto kemiri terdekat
Source: Local Guide nukevela wijaya

Nah untuk Soto Kemiri satu ini uniknya aku belum pernah ke warungnya langsung, namun sering banget beli via Grab Food. Cocok banget rasanya di lidah anak-anakku.

Soto Kemiri Pak Wo ini mendapatkan rating 4.5 dengan 303 ulasan di Google. Lokasinya ada di Jl. Kyai H. Ahmad Dahlan No.1, Pati Wetan/Dosoman, Pati Wetan, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59119.

Warung soto ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam, namun hari Kamis tutup. Harganya sangat terjangkau, rasanya lezat.


Penutup

Kamu sudah pernah coba Soto Kemiri? Kalau ke Pati cobain ya! ^^

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

2 komentar

  1. Duuuuuh mbaaa, ini mah aku pasti sukaaa rasanya. ❤️❤️. Soalnya di sumatera, sotonya juga model santan gini, jadi memang lidahku udh terbiasa Ama soto santan, drpd bening . Tapi aku ttp suka soto bening, sama enak dan cocok di waktu yg berbeda aja. Kalo soto bening enak buat sarapan ringan.

    Kalo soto santan aku prefer utk makan siang atau malam.

    Blm pernah coba soto kemiri, tapi pasti aku bakal coba kalo ntr ke pati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah awalnya suka tanpa santan, nggak berat. Favoritku sroto sokaraja sih wkwk. Tapi pas coba soto kemiri approved ternyata ^^

      Hapus

Posting Komentar