Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Review Populix Aplikasi Survey Online Anti Ribet, Responden Riset Sudah Tersedia!

48 komentar
Konten [Tampil]
Review Populix Aplikasi Survey Online Anti Ribet, Responden Riset Sudah Tersedia!

Menurutku suatu bisnis akan lebih kuat serta terarah jika diimbangi dengan riset pasar. Ini memang bukan hal yang mudah, namun Populix bisa mambantu kamu. Populix adalah suatu website/ aplikasi survey online yang anti ribet, karena responden riset sudah tersedia!

Sebelumnya, kamu pernah tidak kesulitan untuk melakukan survey/riset? Kalau pernah, kita sama! Melakukan survey ini sangat membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak main-main. Terutama dalam hal mencari responden.

Pengalamanku pribadi saat menyusun tugas akhir di kampus juga tidak mudah. Mencari responden yang mau meluangkan waktu untuk diwawancarai atau mengisi kuisioner itu sulit alias tidak semua orang bersedia.

Selain pengalaman di atas, aku sekarang ini juga memiliki suatu wadah penulisan buku antologi yang sudah rutin terbit. Ini membutuhkan riset tersendiri terkait dengan tema apa yang akan diangkat di buku tersebut.

Tujuan dari risetnya sih agar lebih banyak lagi perempuan yang mau berkontribusi untuk menulis di tema tersebut. Lebih jauh, agar buku yang sudah cetak juga bisa dinikmati dan bermanfaat untuk lebih banyak orang. Singkatnya, menjadi lebih relate dengan masyarakat umum.

Jadi, riset ketertarikan masyarakat menjadi penting untukku dalam berjalannya wadah kepenulisan yang aku dan rekanku buat ini.

Apalagi untuk building atau develop suatu bisnis. Melakukan riset juga menjadi tantangan tersendiri. Memang apa sih manfaat riset untuk suatu bisnis?


Manfaat Riset Pasar untuk Bisnis

Riset bisnis ini tentu bermanfaat untuk mengetahui informasi penting dari konsumen/masyarakat pada umumnya mengenai keinginan ataupun kebutuhannya terhadap suatu hal.

Selain itu, riset ini juga bermanfaat untuk mendapatkan data yang lebih tepat sasaran sehingga nantinya bisa menciptakan maupun mengembangkan produk/layanan yang bisa memenuhi harapan konsumen atau apapun itu yang sesuai dengan goals riset tersebut.


Aplikasi Survey Online Populix

Populix adalah perusahaan penyedia layanan consumer insights yang menghubungkan individu, pelaku UMKM, start up, perusahaan lokal hingga multinasional, serta pelaku akademisi dari beragam industri, dengan responden di seluruh Indonesia.

Responden yang mengerjakan dan menyelesaikan studi di aplikasi Populix ini juga akan mendapatkan reward yang menarik lho, termasuk income.

Kemarin aku baru saja mencoba melakukan survey online menggunakan Populix. Ini adalah website/ aplikasi survey online yang betul-betul anti ribet, karena responden riset sudah tersedia. Selain itu, banyak juga lho layanan dan produknya!

langkah langkah membuat survey online

Mengapa Memilih Populix? Berikut Produk dan Layanan Populix!

1. Consumer Insights for Enterprises

Populix menawarkan layanan khusus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan riset kamu untuk mengembangkan bisnis, mulai dari jumlah sampel, pedoman diskusi, kriteria responden, hingga tingkat analisis.

2. Poplite

Di sini kamu bisa melakukan survei mandiri dengan harga yang terjangkau, mudah, dan hasilnya lebih cepat. Ini cocok sekali untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta individu untuk mengambil keputusan berbasis data.

3. Datasets

Layanan ini untuk membantu kamu menyelami studi berkelanjutan tentang perilaku, tren, hingga preferensi Gen Z Indonesia. Tentu ini akan membantu brand dan bisnis untuk mengambil keputusan yang relevan dengan generasi konsumen masa depan di tanah air.


Bagaimana Cara Membuat Studi dan Riset Populix?

Kamu bisa mencoba layanan survei self-service Populix untuk membuat studi dan riset online yaitu Poplite.

Sedangkan jika kamu memiliki kebutuhan studi lain serta riset yang lebih kompleks, kamu bisa menghubungi tim peneliti Populix melalui email di support@populix.co atau klik tombol 'Bantuan' di pojok kanan atas layar webiste Populix


Bagaimana Cara Membuat Survey Online dengan Poplite Populix?

1. Mendaftar Poplite by Populix

Kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dengan klik Coba Poplite di pojok kanan atas website Populix. Daftar saja dengan mengisi data yang diminta, kemudian jangan lupa untuk verifikasi akun.

Cara Membuat Survey Online dengan Poplite Populix

Selain melalui website, kamu juga bisa menggunakan aplikasi di ponsel kamu. Tinggal download langsung Populix melalui Playstore/AppStore.

Jika kamu menggunakan aplikasi Populix di ponsel juga sama, kamu tinggal daftar dan log in saja. Kemudian cari dan klik Coba Poplite.


2. Top Up PopCoins di Poplite Populix

Kali ini aku menggunakan website. Jadi, setelah itu kamu harus top up PopCoins terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan survey online Poplite Populix ini.

Caranya, kamu bisa klik tanda + di sidebar kiri yang bertuliskan PopCoins. Selanjutnya pilih nominal top up. Kemudian klik Bayar.

Aplikasi Survey Online yang bisa menghasilkan uang

Kamu bisa menggunakan beberapa metode pembayaran, seperti Transfer Bank BCA, kartu kredit/debit, hingga e-wallet atau QRIS (OVO dan DANA). Setelah top up, kamu bisa melihat PopCoins kamu bertambah. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, PopCoins-ku berisi 200.000.


3. Cara Membuat Survei Baru di Poplite Populix

Untuk membuat survei baru, kamu bisa klik + Buat Survei Baru di sidebar kiri. Di situ tersedia beberapa template, meliputi Develop, Grow dan Innovate.

aplikasi survey online gratis

Namun kamu juga bisa membuat surveimu sendiri dari awal. Tinggal klik saja Buat Survei Dari Nol (Mulai)

Nah, seperti yang sudah aku jelaskan di atas bahwa aku dan rekanku ingin membuat buku antologi non-fiksi baru untuk Batch 6. Maka target kami adalah ingin mengetahui tema apa yang menurut mereka menarik dan butuhkan saat ini.

aplikasi riset yang mudah

Setelah mengisi Judul, maka bisa dilanjutkan dengan klik Selanjutnya ke Upload Gambar dan Video.

Untuk gambar/video yang diupload maksimal 20 MB, ini bisa memudahkan responden untuk memiliki gambaran project yang akan dibuat. Namun jika skip juga tidak masalah. Klik saja Lewati. Namun dengan gambar tentu lebih menarik.

Selanjutnya masuk ke Pertanyaan. Di sini kamu bisa eksplorasi jenis pertanyaan sesuai yang kamu butuhkan. Jangan lupa untuk rutin klik Simpan Draft agar apa yang sudah kamu buat tidak hilang jika jaringan kurang stabil.

Bentuk pertanyaan di sini meliput : 

  • Single Input (Menjawab pertanyaan)
  • Checkbox (Bisa centang beberapa pilihan)
  • Radiogroup (Pilih hanya 1 pilihan)
  • Comment (Jawaban panjang)
  • Rating (Untuk menentukan rating, misalnya 1-5)
  • Ranking (Bisa mengurutkan jawaban)
  • Image Picker (Memilih dengan gambar)
  • Image

populix apakah aman

Nah, jadi apapun bentuk pertanyaannya bisa kamu ajukan di Edit Survei ini. Setelah selesai, kamu bisa cek di bagian Simulasi Survei.

Di bagian Simulasi Survei ini kamu bisa mengecek apakah kuisioner yang kamu buat sudah sesuai keinginan kamu atau belum.

Lainnya bisa kamu eksplorasi sendiri di halaman tersebut. Nanti di bawah terlihat berapa jumlah pertanyaan yang akan diajukan, jumlah responden yang dibutuhkan dan harga surveinya juga.

Kemudian jika sudah yakin selesai, klik Selanjutnya. Setelah itu masuk Demografi Responden. Di "Atur Demografi" kamu bisa mengatur demografi dari calon responden kamu, terkait usia, lokasi tempat tinggal, status ekonomi sosial hingga jenis kelamin.

manfaat riset pasar online

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah responden di sini dengan jumlah PopCoins yang kamu miliki. Karena nanti harganya akan muncul setelah mengatur demografi dan jumlah respondennya. Jika sudah yakin betul, klik Selanjutnya.

Setelahnya akan muncul Review. Di sini kamu akan melihat preview dari kuisioner yang telah dibuat sebelumnya, meliputi : info survei, cek semua pertanyaan, dan demografi responden. 

Setelah semua sudah dicek, klik tombol Chekout. Maka tampilannya menjadi sebagai berikut:

cara riset pasar dengan mudah

Kemudian kamu bisa checkout dengan PopCoins yang kamu miliki hingga menggunakan promo jika kamu punya. Selanjutnya klik Bayar & Kirim Survei. Jadi deh, kamu tinggal menunggu survei penuh dan bisa melihat hasilnya.


Keunggulan Poplite Populix, Apa Bedanya dengan Google Form?

Sepintas memang sama antara Poplite Populix dengan Google Form dalam hal membuat kuisioner. Namun tentu bedanya sangat krusial.

Link kuisioner via Google Form harus kita sebar secara manual ke orang lain oleh kita sendiri. Namun dengan Poplite Populix, kamu tidak perlu lagi mencari reponden. Populix lah yang akan mencarikannya untukmu!

Cara Kerja Poplite Populix

  1. Proses cepat dan mudah. Bisa membuat survei dengan cepat dan ada template pertanyaan yang bisa di-custom sesuai dengan kebutuhan.
  2. Seluruh hasil survei dapat dipantau langsung secara online dan ringkasan survei yang komprehensif juga akan kamu peroleh.
  3. Ringkasan survei yang nantinya kamu dapat akan membantu kamu mengambil keputusan yang tepat dan meningkatkan performa bisnismu maupun keperluan lain yang sesuai goals kamu.

Nah, praktis banget kan?

Untuk memantau hasil survei, kamu bisa cek di sidebar kiri bagian Survei Saya.

daftar responden online berpenghasilan

Di sana kamu bisa memantau kemajuan survei kamu dari detail survei, detail responden hingga melihat hasil akhir surveinya. Hasil tersebut berbentuk diagram dan juga dapat diunduh dengan format Ms Exel dalam tabel.

Saat sudah selesai survei alias target responden tercapai, kamu juga akan mendapatkan notifikasi berupa e-mail pemberitahuan dari Populix.


Penutup

Nah, mudah sekali bukan? Sekarang melakukan riset pasar untuk bisnis maupun segala keperluan kamu bisa lebih praktis dan anti ribet.

Aku sekarang memiliki data mengenai peminatan para responden terkait tema yang aku butuhkan dalam rangka pembuatan buku kami selanjutnya. Betul-betul memberi insight yang bagus!

Dengan Poplite Populix kamu tidak perlu lagi mencari responden, karena Populix sudah memiliki lebih dari 340 ribu responden yang tersertifikasi. Dengan ini, survei kamu menjadi tepat sasaran dan sebagai pebisnis ini tentu sangat menguntungkan untuk mencapai tujuan (goals) kamu.

Yuk, riset pasar yang kamu butuhkan dengan aplikasi survey online, Populix ! ^^

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

48 komentar

  1. Di zaman modern kaya sekarang banyak hal yang bisa dilakukan secara online, termasuk dalam survei untuk analisa bisnis yang sedang kita jalankan.
    Kehadiran aplikasi survei online dari Populix pastinya akan sangat membantu para usahawan dalam mengembangkan bisnisnya melalui riset pasar di survei online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt pak, ini helpful bgt untuk memulai bahkan develop bisnis :) jd pengambilan keputusannya bisa lebih banyak insight ya ^^

      Hapus
  2. Wah, zaman now makin banyak aplikasi yang bisa memudahkan kita dalam banyak hal. Pertanyaannya, sevalid apa hail survey dari populix? Apakah bisa dipertanggungjawabkan? Bisa dibuat tools penelitian para mahasiswa kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi langsung tim Populix mereka pak dokter, ada di websitenya :) untuk kasih penjelasan langsung. Namun memang responden mereka ada persyaratan khusus tersendiri juga (jd real manusia). Mostly sih untuk riset pasar atau bisnis. Namun jika butuh sesuatu untuk penelitian yang lebih kompleks mereka ada tim untuk diskusinya pak bisa by video call gt yg akan menjelaskan detail poplite populix ini :)

      Hapus
  3. Siapa yang bikin aplikasi ini???!!!

    Sini... Mau sungkem dulu, wkwkwk.. Sumpah ya ini simpel banget, mau survey nggak perlu sesusah dulu. Pas aku kuliah sering banget dikasih angket mahasiswa2 kampus tetangga yang lagi riset tugas akhir mbak. Ya Allah ga kebayang gimana capeknya dan ribetnya nyari orang, datengin satu2, face to face..

    Sampe sekarang aku masih nemu lo di beberapa platform yang ngasih job buat "mencari target survey"... Daebakk. Karena bener sih, nyari targetnya ini yang butuh waktu, tenaga dan biaya ekstra ya..

    Kalo ada aplikasi gini jelas memudahkan banget. Ini kudu banyak yang tahu sih, terutama mahasiswa tingkat akhir dan pelaku bisnis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya akupun ngerasain bener susahnya cari responden. Nggak bisa salahin jg mereka ya, biasanya mereka emg ada prioritas lain yg hrs dikerjakan :( bisa jadi solusi si Poplite by Populix ini.

      Hapus
  4. Wah boleh nih yang butuh survey untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Ada Populix yang merupakan web/app survey online anti ribet yang membantu kebutuhan survey. Buat pelaku bisnis boleh banget nih coba Populix untuk mempermudah proses survey-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cucok bgt untuk cek ombak pas mau build atau develop bisnis ^^

      Hapus
  5. Ya ampun iya banget waktu mahasiswa susah nyari responden. Mesti dikasih hadiah dulu baru mau ngisi, wkwkwk. Sekarang Alhamdulillah bgt ada aplikasi ini kita gak perlu repot tinggal bayar aja ya mbak. Memudahkan banget untuk kita cari target market nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ada hadiah aja nggak semua mau karena terbatas waktu dan lain hal biasanya wkwk iya nih tinggal pakai poplite populix, nggak perlu cari responden ^^

      Hapus
  6. Wah Populix ini solusi banget buat survey ya, mbak. Apalagi bisa dilakukan dengan cepat dan hasil survey nya pun bisa dilakukan dengan cepat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, bisa lihat secara komperhensif dan dikasi data2 dala beberapa bentuk yang memudahkan kita untuk baca, bahkan bisa konsul ke mereka untuk analisanya :)

      Hapus
  7. Keren nih yang design, tadi sempat kepikiran apa bedanya dengan google form eh sudah terjawab, praktis ya surveynya. Memang perlu survey sih sebelum menjalankan projek, agar tahu apa minat pasar
    good luck ya mbak projek antologinya, sesuatu deh jadi PJ antologi itu

    BalasHapus
  8. yang jadi pertanyaan, apakah responden tersebut selalu relevan dg data yg mau kita survey mbak ? penasaran pengen nyoba ,karena memang ada bedanya dibanding gform ya

    BalasHapus
  9. Wah jadi sekarang survey untuk kemajuan kita bisnis kita ya. Lsg tahu feedback dr end user

    BalasHapus
  10. Survey online kayak gini memang sangat membantu. Jadi ingat dulu pas skripsi cari responden susah sekali, belum lagi ada kendala dan penolakan. Kalau survey online semacam ini jauh lebih mudah dan cenderung lebih cepat.

    BalasHapus
  11. auto pengen nyobain Poplite, sebagai yang punya olshop penting juga nih melakukan survei. apa maunya konsumen, kisaran harga berapa dan lain sebagainya. Harga minimal di angka 200rb kah? nyobain donlot deh biar tahu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya kalau punya bisnis memang perlu buat survey biar tahu perkembangan pasar

      Hapus
    2. Iya kak di eksplor aja dulu kak ^^ buat riset pasar bisa banget

      Hapus
  12. yoii selain sebagai aplikasi survey, saya sering banget pakai data-data nya mereka sebagai acuan dalam pembuatan artikel yg berbasis data

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ya sekarang kalau mau riset terkait penelitian buat tugas akhir, membuat inovasi hingga menentukan strategi jadi lebih mudah ya

    BalasHapus
  14. Kalau sudah ada respondennya kan jadi mudah ya, gak perlu bingung cari sana-sini. Karena saya kadang dimintai tolong seseorang buat ngisi kuisioner, dan kebanyakan mereka dari para mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penelitian. Dan saya pikir itu pasti tidak mudah karena tidak semua orang mau, walaupun kadang ada imbalannya seperti model giveaway.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, kadang mereka sibuk gitu ya, susah mau meluangkan waktu untuk isi survey manual :') jd susah kita dpt responden

      Hapus
  15. Biasa sering liat mahasiswa yg sebar kuisioner online, jd gak hanya bermanfaat utk para pebisnis nih, buat para mahasiswa pun bisa gunain yg ini lebih hemat waktu dan tenaga.

    BalasHapus
  16. Populix ini menguntungkan bagi perusahaan yang ingin mencari survei tanpa ribet ya kak. Apalagi respondennya juga benar2 asli, bukan akun bodong/via robot.

    BalasHapus
  17. Populix Aplikasi Survey Online ini mudah digunakan ya
    Selain itu responden juga tersedia
    Sangat membantu bagi kita yang ingin melakukan survey online ya

    BalasHapus
  18. Makin memudahkan nih. Dengan adanya survery online Poplite by Populix. Tersebar 340 ribu responden di seluruh Indonesia. Bakalan dapat hasil yang cepat kalau kayak gini.

    BalasHapus
  19. Mbak, kebetulan banget suami lagi struggle nyari responden bwt thesisnya. Kayaknya aku mau rekomendasiin Populix ini ke dia. Thanks for sharing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. With pleasure mba, semoga thesisnya dimudahkan Aamiin :)

      Hapus
  20. Ternyata selain Google form masih ada aplikasi untuk survei online yang praktis juga ya kak, penasaran nih pengen ngoprek aplikasinya, siapa tau nantinya bermanfaat

    BalasHapus
  21. Wah good news ni buat para mahasiswa yang sedang skripsi, apakah hasil dari survei ini diakui ya beb, kalo iya boleh ni aku info buat adikku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung kontak mereka untuk tanya lebih lanjut kak ^^

      Hapus
  22. alhamdulillah ya makin canggih aja. sekarang mau bikin survei kayak gini gak perlu puyeng-puyeng ya. jadi inget jaman kuliah T_T

    BalasHapus
  23. Dengan adanya aplikasi survey online Populix akan semakin memudahkan untuk melakukan pengumpulan data untuk keperluan skripsi ya, apalagi bagi skripsi yang kuantitatif, akan sangat memudahkan dalam proses collecting data

    BalasHapus
  24. Wah juara banget ni inovasi Populix. Langsung membayangkan anak tugas akhir pasti terbantukan banget haha. Kalau dulu ya cari-cari sendiri, terus harus menawarkan imbalan jasa random supaya menari orang untuk mengisi survey

    BalasHapus

Posting Komentar