Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Cara Melihat Pageview Artikel di GA4 & Report PV GA4 pdf!

6 komentar
Konten [Tampil]
Cara membuat Report PV GA4 pdf

Siapa nih yang masih bingung untuk melihat PV di Google Analytics 4 (GA4)? Belum lagi untuk kamu yang harus report PV GA4 dalam bentuk pdf. Sini aku kasih tahu cara melihat pageview artikel di GA4 & report PV GA4 pdf yang (InshaAllah) lengkap! ^^

Jadi, sebetulnya aku juga belum terlalu familiar dengan GA4 ini. Artikel ini aku buat sebagai reminder aku sendiri untuk step by step-nya melihat PV artikel di GA4. Semoga artikel ini juga bisa bantu kamu untuk yang masih bingung.

Oh iya, sebelumnya aku juga pernah menulis tentang Pentingnya Memasang Google Analytics GA4 di Blogspot dan cara memasangnya juga. Kamu bisa pastikan untuk memasang GA4 dulu ya, karena memang PV UA sudah expired. Apalagi untuk kamu yang menjadikan blog sebagai ladang 'cuan', wajib banget update!

Nah, setelah kamu sudah memasang GA4, kamu bisa pilih properti yang kamu gunakan, setelah itu mari ikuti tutorial di bawah ini!


Cara Melihat Pageview Artikel di GA4

Aku di sini akan coba tuliskan dengan bahasa Inggris dan Indonesia agar bisa memudahkan kalian. Aku pribadi menggunakan GA berbahasa Indonesia, jadi terkadang agak nge-lag tiap ikutin tutorial para "suhu", hehe. Mostly memang pada pakai English.

1. Pilih laporan (reports)

2. Pilih siklus proses (life cycle)

3. Pilih engagement, klik "Halaman dan layar" (page and screens:page path and screen class). Di sini kita sudah bisa lihat PV blog kita secara keseluruhan.

4. Kemudian setelah itu kamu bisa sesuaikan periode tanggal report yang ingin dilihat. Setelah itu, klik gambar pen di ujung kanan atas (sesuaikan laporan/customize report).

Cara memuat report Pageview Artikel di GA4

5. Kemudian di bagian sisi kanan ada bagian diagram (charts) 2 jenis, yaitu diagram garis (line chart) dan diagram batang (bar chart). Kamu bisa hidden (klik tanda matanya) untuk menghapus bar chart-nya.

Report PV GA4 pdf!

6. Di atas diagram, ada filter dan laporan (report filter), klik saja tambahkan filter (add filter).

7. Setelah itu, kamu klik tanda panah ke bawah "pilih dimensi" (select dimension). Scrolling ke bawah, pilih di bagian halaman/layar (page/screen) dengan klik jalur halaman + jenis layar (page path and screen class).

Cara Melihat Pageview Artikel di GA4  bahasa inggris

8. Untuk jenis pencocokan (Match Type-nya) pilih yang sama persis (exactly match). Untuk nilai (value), kamu tinggal pilih artikel yang ingin kamu ketahui pageview-nya. Selanjutnya klik terapkan (apply).

Cara Melihat Pageview Artikel di GA4 bahasa inggris

7. Setelah itu muncul deh pageview kita di sisi kiri :) namun, bagaimana ya cara membuat report dalam bentuk pdf? Check this out, guys!


Cara Membuat Report PV GA4 pdf

Nah, kali ini nggak hanya membahas cara melihat pageview artikel di GA4, namun juga cara membuat report PV GA4 pdf. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Setelah step di atas selesai, klik SIMPAN (SAVE) yang ada di sisi kiri, pilih simpan sebagai laporan baru (save as a new report).

Cara Membuat Report Pageview GA4 pdf

2. Kemudian akan muncul kolom dialog nama laporan. Kamu bisa rename sesuai dengan nama laporan yang kamu buat, sesuai kebutuhan. Klik simpan (save).

3. Setelah berhasil disimpan, kamu klik kembali (back) yang ada di sisi kiri. Kemudian klik icon share this report alias "bagikan laporan ini" di sisi kanan.

tutorial Membuat Report PV artikel GA4 pdf

4. Setelah itu pilih unduh file, klik yang unduh pdf. Selesai deh! report PV artikel kamu dalam bentuk pdf sudah masuk dalam folder download di komputer kamu.


Kesimpulan

Semoga bisa menuliskan tips dan tutorial lainnya di Blog ini hehe. Karena sebetulnya menulis ini sebagai pengingat untuk aku sendiri, agar nggak cepat lupa. Misal lupa pun bisa tengok artikel di blog sendiri.

Memahami dan mempelajari blog memang harus konsisten ya, karena ilmunya terus update seiring berjalannya waktu. Apalagi untuk freelance blogger yang memang kesehariannya harus familiar dengan report GA.

Jadi, begitulah tutorial ala aku terkait Cara Melihat Pageview Artikel di GA4 dan Cara Membuat Report PV GA4 pdf, semoga bermanfaat ya :)

Terima kasih. See you again!

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

6 komentar

Posting Komentar