Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Software Payroll Terbaik; Penggajian & HR UMKM Anti Repot!

18 komentar
Konten [Tampil]

software HRIS terbaik

Software payroll terbaik ini bisa kamu pakai untuk support bisnis kamu. Bisnis kecil atau menengah (UMKM)? Tidak perlu lagi repot untuk masalah penggajian dan HR. Pakai saja Software HR dan Payroll Online, Gajihub!

Sering kali kita dihadapkan dengan masalah terkait sistem manual atau konvensional dalam hal administrasi bisnis kecil dan menengah. Cepat atau lambat, sistem ini akan menimbulkan kerepotan untuk pemilik bisnis itu sendiri. Belum lagi data yang tidak teratur, bahkan tercecer.

Banyak kasus bisnis kecil dan menengah dengan pengelolaan HR yang tidak baik, aturan yang tidak sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan, bahkan tidak tertib administrasi.

Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya hal di atas adalah karena minimnya akses pebisnis UMKM ke teknologi terbaru yang memudahkan. Oleh karena itu, GajiHub hadir untuk mendekatkan pebisnis pada teknologi, serta meng-upgrade bisnis ke level berikutnya.

Kini sebaiknya pebisnis kecil dan menengah mulai bebenah, terutama untuk merapikan sisi administrasi dan pengelolaan manajemen SDM. Jadi, dari sistem konvensional ini bisa menjadi bisnis yang lebih baik, transparan dan bisa bersaing di skala nasional, bahkan global.

Sebelumnya kita ulik dulu yuk apa saja yang harus diperhatikan untuk menentukan software payroll demi kelancaran operasional UMKM kamu? Baca sampai selesai ya! ^^


Tips Menentukan Software Payroll Terbaik untuk Bisnis/UMKM 

Sebagai pemilik bisnis, tentu software payroll sekarang ini menjadi penting. Tidak hanya penting untuk pebisnis namun juga untuk karyawan juga. Adapun beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk menentukan software payroll terbaik.

Kamu bisa memilih software dengan program yang mudah dipahami meski hanya oleh orang awam. Terutama untuk skala UMKM yang memerlukan kemudahan, praktis dan lebih fleksibel.

Pilih juga software payroll yang memiliki tampilan dan bahasa yang sederhana untuk meminimalisir kesalahan penggunaan. Namun, pastikan juga bahwa software akurat dan telah teruji serta aman melindungi data perusahaan.

Fitur yang lengkap juga menjadi salah satu pertimbangan. Selain itu, pilihlah software dengan program yang up-to-date, sehingga kamu tidak kerepotan saat ada perubahan regulasi ketenagakerjaan dan lain sebagainya.

Yang tidak kalah penting adalah pilihlah software yang tidak hanya mudah diakses oleh pebisnis, namun juga mudah diakses oleh karyawan. So ya, semua itu bisa kamu temukan di GajiHub; software payroll terbaik di Indonesia.

GajiHub Kledo

Gajihub, Software Payroll Indonesia Terbaik!

Dengan platform ini, data karyawan, HR, dan operasional bisa dikelola dalam satu sistem dan semua orang bisa mengakses datanya secara real time. Tapi jangan khawatir, tentunya data kamu akan aman di GajiHub.

Keunggulan GajiHub untuk membantu perkembangan bisnis kecil menengah (UMKM):

1. Bisa mengatur struktur dan skala upah

Dengan GajiHub, kamu bisa mengatur struktur dan skala upah. Jadi, kamu bisa merancang sendiri terkait struktur golongan jabatan serta range pendapatan berdasarkan golongan tersebut.


2. Multi approval

Pengajuan cuti karyawan biasanya membutuhkan persetujuan lebih dari satu orang alias memerlukan izin beberapa level yang berbeda sesuai struktur organisasi di perusahaan. GajiHub bisa melakukannya!

Di GajiHub, kamu bisa membuat struktur organisasi berdasarkan hierarki jabatan untuk mengontrol siapa saja yang menyetujui cuti, lembur, dll. Setiap data bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Di sini kamu juga bisa memantau kebijakan cuti yang sesuai dengan standar. Selain itu, kamu bisa memantau pengelolaan hak sisa saldo cuti karyawan, serta pengecekan saldo cuti untuk karyawan.

GajiHub juga bisa membuat kebijakan cuti yang disesuaikan dengan kondisi tertentu (tergantung keperluan bisnis atau karyawannya). Semua itu tentu tersinkronisasi dengan fitur payroll.


3. Bisa menghitung pajak karyawan dan BPJS

Mulai dari penghitungan PPh 21 hingga PPh 26, kini pebisnis bisa melakukan itu semua dengan GajiHub. Kamu juga bisa menghitung premi BPJS, baik BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan langsung dari sistemnya.

Adapun perhitungan PPh 21 (PKWT/PKWTT) bisa dihitung dengan berbagai metode pemotongan pajak (gross, gross up, nett, campuran) secara akurat dan otomatis dengan GajiHub.

sofware payroll berbasis web terbaik
Source: https://kalkulatorpph.com/

Dengan GajiHub, perhitungan PPh 26 (PKWT/PKWTT) juga bisa dihitung untuk Wajib Pajak Luar Negeri (WPLN). Hal ini menjadi lebih mudah, akurat, dan sesuai dengan peraturan yang terbaru. GajiHub juga bisa menghitung dan menyesuaikan tarif PTKP sesuai dengan regulasi perpajakan tanpa proses yang rumit dan memakan waktu.

Kamu juga bisa dengan mudah menghitung bonus dan insentif yang diterima karyawan, berikut pemotongan pajak dan penyesuaian laporan. Aplikasi payroll satu ini juga bisa merekap dan menghihitung otomatis seluruh penghitungan perpajakan ke dalam sistem payroll dengan satu platform yang saling terintegrasi.

Terkait dengan BPJS, GajiHub bisa menghitung BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah, disertai dengan laporan lengkap untuk menunjang pengarsipan dan pelaporan baik di sisi perusahaan maupun karyawan.

GajiHub juga bisa menghitung Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dengan lebih mudah sesuai dengan regulasi terkini, berdasarkan gaji dan periode kerja, dengan otomatis dan tepat. Praktis anti ribet kan?

Tidak kalah dengan yang di atas, Jaminan Pensiun (JP) juga dihitung sesuai dengan regulasi terkini, bebas sesuaikan potongan dari sisi karyawan maupun perusahaan oleh GajiHub.

Kini, pebisnis juga bisa membuat kebijakan reimbursement yang mengakomodasi kepentingan setiap karyawan di berbagai level dan menyesuaikan budget perusahaan dengan lebih mudah.


4. Bisa menghitung gaji, THR, dan benefit lainnya

Sistem penggajian karyawan di GajiHub dapat diakses online. Tentu ini memudahkan untuk perhitungan gaji karyawan dengan beragam komponen tunjangan, termasuk mengkalkulasi lembur, THR, bonus dan benefit lainnya.

Pembayaran payroll dengan GajiHub ini tepat waktu. Pembayaran gaji bisa ke berbagai Bank dan kamu juga bisa menetapkan jadwal penerimaan yang variatif pada karyawan. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan laporan payroll dengan mudah dan praktis.

Terkait slip gaji, kamu bisa membuat dan mengirimkannya secara otomatis dan mudah ke seluruh karyawan. Dengan GajiHub kamu bisa mengelola data dengan cepat tanpa risiko kesalahan.

Yang paling akan menguntungkan kamu adalah kamu tidak perlu update manual di aplikasi saat ada peraturan/regulasi baru mengenai ketenagakerjaan. GajiHub bisa melakukan proses payroll tanpa perlu penyesuaian manual dari user.


5. Analisis kerja karyawan

GajiHub menyediakan fitur Analisis Kinerja Karyawan secara real-time di satu tempat. Mulai dari Data Kompensasi, Demografi Karyawan, sampai Data Produktivitas, ada semua!

Aplikasi payroll yang berkantor utama di Jogja ini juga bisa dengan mudah melakukan performance management. Hal ini memudahkan setiap penilai kinerja karyawan dengan 30 laporan performa karyawan.


6. Pengelolaan cuti dan izin karyawan

GajiHub bisa mengakomodasi periode cuti individu dan periode cuti bersama. Cuti dan lembur karyawan juga tercatat & terhitung secara otomatis sehingga kalkulasi deduksi dan allowance ke software payroll menjadi akurat.

software HRIS terbaik di Indonesia
Source: https://gajihub.com/

7. Mengelola pola kerja

Apakah perusahaan kamu menerapkan peraturan jam kerja yang berbeda-beda/beragam atau memiliki pembagian pola kerja? GajiHub bisa membuat pengelolaan jam kerja menjadi lebih mudah lho!


8. Mencatat absensi karyawan

Informasi dan pencatatan absensi jadi lebih optimal karena integrasi langsung ke sistem penggajian perusahaan. Data kehadiran juga bisa terpantau secara akurat dengan penetapan lokasi absensi dengan dukungan GPS dan juga selfie.

GajiHub dilengkapi dengan sistem software abuse detection. Apakah itu? Jadi sistem akan menolak presensi jika diketahui menggunakan Fake Gps, Fake IP, dan juga berdasarkan Face Recognition. Canggih ya!

Untuk kamu yang masih menggunakan fingerprint untuk proses presensi dan absensi, sekarang kamu bisa melakukan sinkronisasi jadwal otomatis secara real time dengan fitur absensi mobile atau mesin fingerprint tanpa perlu penyesuaian manual.



9. Kelola data karyawan jadi lebih mudah

Seluruh data karyawan bisa diakses dan kelola dalam satu sistem, sehingga memudahkan kamu untuk melakukan manajemen SDM lebih efisien.

Terkait absensi karyawan, tersedia  fitur clock-in dan clock-out online. Hal ini memudahkan penghitungan gaji sehingga bisa lebih cepat dan mudah karena sistem rekap absensi dan payroll terintegrasi dalam satu aplikasi.

GajiHub juga melakukan rekap dan hitung otomatis data kehadiran dengan cepat sesuai jam kerja, cuti, dan lembur ke payroll tanpa proses manual.

harga software payroll HRIS murah
Source: https://gajihub.com/

GajiHub; software payroll gratis hingga berbayar

Di sini kamu bisa memilih paket gratis hingga berbayar. Untuk paket gratis kamu bisa mendapatkan beberapa benefit seperti Payroll, Absensi, Cuti & Izin, Employee Self Service, hingga Akuntansi.

Sedangkan untuk yang berbayar kamu bisa memilih paket (harga per karyawan) dengan benefit yang berbeda tiap paketnya. Tentu akan sangat lengkap.


Penutup

Jadi, penting banget untuk pebisnis maupun pengusaha UMKM untuk mulai mencoba melek teknologi yaitu dengan menggunakan software payroll. Namun, perlu petimbangan yang matang untuk memilih software payroll yang terbaik.

Manfaat utama yang bisa kita dapat dengan menggunakan software payroll adalah bisa menghemat tenaga karyawan. Selain itu, kita juga bisa menekan pengeluaran perusahaan untuk biaya gaji karyawan. Yang terpenting adalah bisa mengeliminasi kesalahan.

GajiHub menjawab kebutuhan kita untuk software payroll terbaik di Indonesia. Thank you!

software payroll gratis

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

18 komentar

  1. GajiHub biki pengelolaan SDM dan payroll makin mudah dan cepat ya, Mbak. Ini komplit banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sangat recommended buat pengusaha/pebisnis UMKM terutama ^^

      Hapus
  2. Fitur di GajiHub cukup lengkap ya kak. Cocok untuk owner usaha kecil menengah yang repot dengan pengelolaan gaji dan SDM.

    BalasHapus
  3. Cocok nih buat pebisnis UMK yg ingin melek digital, layanannya juga lengkap dan gampang diaplikasikan yaa Mbakk..

    BalasHapus
  4. Aplikasi membantu banget untuk badan usaha skala menengah ke bawah tapi yang pengen urusan penggajian dan karyawan tetap profesional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, jadi profesional ya penggajiannya ^^

      Hapus
  5. Jadi kayak semacam otomatis bisa menggaji di waktu yang ditentukan ya? Menarik banget, pasti berguna banget buat penggiat umkm

    BalasHapus
  6. lengkap ya gajiHub ini, aku pribadi belum pernah nyoba jadi pengen kepoin nih. BIcara aplikasi semacam ini menjadi kebutuhan untuk meningkatkanperforma ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, wajib bgt cobain yg punya karyawan nih ^^

      Hapus
  7. Cocok banget ya ini dipakai untuk UMKM dan bisnis lainnya. Ngebantu banget gak pakai ribet. Apalagi yang tenaga kerja HRDnya gak banyak orang. Cukup pakai ini.

    BalasHapus
  8. Sofware macam payroll ini cocok buat para UMKM untuk mengelola bisnisnya ya mbak. jka semua UMKM menggunakan ini keren deh, manfat yang bisa diterima bejibun kayak mbak wid jelaskan di atas. Semoga UMKM jeli melihat perkmbangan ini

    BalasHapus
  9. Wah bagi yang memiliki usaha dan pegawai perlu banget nih aplikasi payroll kayak gini biar memudahkan dalam sistem penggajian karyawan tiap bulannya

    BalasHapus

Posting Komentar