Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Air Gula Hangat untuk Asam Lambung? Manjurkah?

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Nutriflakes sereal asam lambung nutrisi cocok bagi penderita asam lambung selain air gula hangat

Ketika asam lambung sedang kambuh, pasti membuat rasa tidak nyaman di seluruh tubuh. Terlebih jika sudah masuk ke tenggorokan, akan menimbulkan rasa panas di dada. Salah satu yang membuat penasaran adalah benarkah air gula hangat untuk asam lambung terbukti manjur?

Anda akan menemukan jawabannya pada pembahasan berikut ini. Jadi, tidak hanya menghindari makanan yang tidak diperbolehkan untuk penderita asam lambung dan mengkonsumsi obat-obatan saja, tetapi juga mencoba memanfaatkan bahan yang ada di sekitar agar lebih hemat.


Makanan Pantangan Penderita Asam Lambung

Refluks asam lambung didefinisikan bahwa terjadinya aliran balik atau naiknya asam di lambung ke kerongkongan. Hal tersebut membawa dampak otot yang berupa cincin pemisah antara lambung dan kerongkongan menjadi lemah.

Dalam beberapa kasus, hal ini normal dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun ada juga yang sampai parah hingga tidak bisa beraktivitas seperti sedia kala. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun yang paling berpengaruh adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Berikut ini ada beberapa daftar makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung:

  • Alkohol.
  • Kopi, kafein, coklat dan teh.
  • Minuman bersoda.
  • Daging dengan kadar lemak yang tinggi.
  • Daun mint, bombay dan bawang putih.
  • Gorengan.
  • Golongan jeruk seperti lemon, nipis, bali dan manis serta produk dari tomat yang memiliki sifat asam.
  • Makanan berlemak tinggi dan pedas.

Jadi, apakah dari sekian daftar makanan di atas ada yang menjadi kesukaan? Mulai sekarang jika Anda tidak ingin asam lambung naik, maka hindari beberapa yang sudah disebutkan di atas ya!


Benarkan Air Gula Hangat untuk Asam Lambung Memiliki Khasiat?

Nah sekarang waktunya membahas pertanyaan benarkan air gula hangat untuk asam lambung memiliki khasiat yang baik? sebelumnya Anda harus menyimak dengan seksama penjelasan kali ini.

Sebenarnya gula dalam bentuk yang murni, belum tercampur apapun tidak menyebabkan asam lambung menjadi naik. Akan tetapi apabila sudah dicampur dengan makanan atau minuman yang menjadi pemicu, barulah asam lambung akan naik dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Penjelasan tersebut sering disalahpahami bahwa gula lah yang menyebabkan asam lambung naik. Padahal tidak demikian, ada makanan atau minuman penyerta lainnya yang mengandung senyawa sehingga bisa melonggarkan otot cincin kerongkongan.  

Lalu apa saja sih sebenarnya manfaat air gula untuk lambung? Simak pembahasan selanjutnya ya!


Manfaat Air Gula Hangat untuk Asam Lambung

Mungkin beberapa dari Anda ada yang tidak tahu bagaimana cara mengolah gula yang bermanfaat untuk mencegah asam lambung naik. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal mencampurkan antara air yang sudah mendidih dengan gula.

Ingat ya harus air mendidih karena jika setengah matang justru bakteri yang ada di air masih banyak dan kurang sehat untuk penderita asam lambung. Barulah ketika sudah mendidih dan Anda ingin mengkonsumsinya, bisa menunggu hingga panasnya berkurang alias hangat.

Berikut manfaat dari air gula hangat untuk penderita asam lambung:

1. Memberikan Kenyamanan

Lambung akan terasa lebih nyaman karena secara tidak langsung gula memberikan energi positif dan menenangkan bagi tubuh. Anda bisa segera beraktivitas seperti biasanya karena berkurangnya asam lambung.

2. Mencegah Asam Lambung Naik Kembali

Bagi yang sudah memiliki penyakit asam lambung tentu tidak akan kaget jika kejadiannya secara tiba-tiba. Namun bisa dikurangi dengan rutin mengkonsumsi air gula hangat selama satu hari sekali.

Jadi bagaimana sekarang Anda sudah tahu kan manfaat dan kemanjuran air gula hangat untuk asam lambung? Jangan lupa membuatnya di rumah masing-masing ya!

Dalam mengatasi asam lambung ini tidak bisa hanya menggunakan air gula saja, tetapi juga perlu menggunakan Nutriflakes sereal asam lambung. Sereal ini mempunyai banyak nutrisi dan menggunakan bahan yang alami sehingga aman dan cocok bagi penderita asam lambung.


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar