Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Rekomendasi Homeschooling SD Terbaik! (Review Alta School)

11 komentar
Konten [Tampil]

Homeschooling SD

Seiring berkembangnya teknologi, pilihan belajar masyarakat Indonesia kian beragam. Selain menempuh pendidikan formal di sekolah, beberapa keluarga memutuskan untuk memilih jalur homeschooling SD untuk mendukung pembelajaran anak.

Homeschooling sendiri disebut juga dengan sekolahrumah, hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 129 Tahun 2014.

Homeschooling/sekolahrumah adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar dan terencana dilakukan oleh orangtua/keluarga di rumah atau tempat-tempat lain dalam bentuk tunggal, majemuk, dan komunitas dimana proses pembelajaran dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif dengan tujuan agar setiap potensi peserta didik yang unik dapat berkembang secara maksimal.

Seperti yang kita ketahui bahwa potensi setiap anak itu unik (berbeda-beda), maka untuk mengembangkan potensinya secara maksimal membutuhkan pembelajaran yang sesuai juga. Sehingga beberapa keluarga memilih jalur homeschooling agar bisa lebih fokus.


Apakah Homeschooling Bisa Mendapatkan Ijazah?

Beberapa orang memang masih banyak yang bertanya-tanya apakah homeschooling bisa mendapatkan Ijazah seperti murid sekolah formal. Jawabannya adalah iya, anak homeschooling juga bisa mendapatkan Ijazah dengan ujian kesetaraan.

Jadi, anak homeschooling mendapatkan Ijazah dengan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Ijazah yang dikeluarkan Kemendikbud meliputi Paket A yang setara dengan jenjang SD, Paket B setara SMP, dan juga Paket C yang setara SMA.

Kemudian, apa saja ya kelebihan dari homeschooling?


Kelebihan Homeschooling yang Wajib Orang Tua Ketahui!

Homeschooling terdekat

Adapun beberapa kelebihan homeshooling, yaitu meliputi:

  • Pembelajaran bisa dilakukan sesuai dengan gaya belajar dan kecepatan belajar anak, jadi bisa lebih fokus pada keunikan anak. Selain itu, anak bisa memahami suatu hal dengan lebih mendalam. 
  • Mempunyai jadwal yang fleksibel merupakan salah satu kelebihan dari homeschooling, jadi bisa disesuaikan dengan jadwal keluarga masing-masing.
  • Bonding keluarga bisa lebih erat. Dalam homeschooling, orang tua terlibat langsung dalam pendidikan dan tumbuh kembang anak-anak sehingga tercipta ikatan yang lebih kuat satu sama lain.
  • Bisa menentukan kurikulum yang sesuai dengan value serta goals pendidikan dan juga keyakinan keluarga.
  • Memiliki lingkungan belajar yang lebih aman karena pengaruh sosial yang negatif dari luar atau bahkan bullying bisa diminimalisir.
  • Bisa lebih fokus pada minat anak, jadi anak homeschooling bisa memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi potensi yang mereka miliki.

Banyak yang takut saat ingin melakukan homeschooling, karena anak akan sulit bersosialisasi. Padahal jika orang tua aktif, anak tetap bisa berinteraksi secara sosial lho dengan teman sebaya, yaitu dengan join komunitas sesuai minat dan bakat anak.

Tidak dipungkiri juga, homeschooling memang memerlukan komitmen dan waktu khusus dari orang tua. Namun tidak perlu khawatir lagi, karena ada Alta School yang akan mendukung proses homeschooling anak kita.


Rekomendasi Homeschooling SD, Alta School

Ruang Guru Alta School

Alta School adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling dari jenjang PAUD hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Alta School menggunakan metode belajar blended learning, yaitu dengan live teaching dan aktivitas mandiri yang fokus mengembangkan minat, potensi, serta kreativitas anak sejak usia dini.

Sekolah online Alta School ini berkolaborasi dengan Ruangguru, yaitu menggunakan metode serta gaya belajar yang menyenangkan, kurikulum dan metode belajar yang interaktif, serta para pengajar yang terbaik demi memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak.


Mengapa Harus Memilih Alta School sebagai Homeschooling SD Terbaik?

Berikut adalah fasilitas belajar yang akan didapat di Alta School jenjang SD :

1. Live teaching interaktif

Jadi di Alta School, anak tidak hanya pasif mendengarkan pelajaran namun juga diajak untuk turut aktif eksplorasi dan berdiskusi. Pembelajarannya secara tatap dan secara interaktif sebanyak 5-6 kali pertemuan di tiap minggunya. Durasi belajar 40 s.d 60 menit.

2. Home-based Project

Metode pembelajarannya menggunakan kombinasi digital serta tatap muka dengan proyek dan eksperimen yang seru.

3. Penguatan Karakter

Selain pembelajaran secara umum, bimbingan pembentukan karakter dan pengembangan kecerdasan emosional siswa juga diperhatikan di Alta School. Program konseling diadakan untuk jenjang sekolah dasar (SD) via online untuk membangun kecerdasan sosial-emosional anak.

4. Aktivitas mandiri/self assesment

Materi pembelajaran di Alta School disesuaikan dengan kemampuan siswa, dilihat dari hasil penilaian awal, menyesuaikan dengan kemampuan kognitif anak di jenjang sekolah dasar.

5. Modul

Alta School menyediakan modul digital untuk menunjang kegiatan belajar homeschooling murid SD (sekolah dasar).

6. Learning Kit

Siswa akan diberikan fasilitas penunjang kegiatan belajar (learning kit) yang dikirim langsung ke rumah siswa setiap 2 bulan sekali.

7. Laporan Pembelajaran

Sedangkan laporan perkembangan hasil belajar anak diberikan dalam satu bulan dan pemberian rapor semester diberikan secara terjadwal kepada orang tua.

 

Program Homeschooling di Alta School

Homeschooling Ruang Guru

Alta School memiliki program Reguler dan Reguler+Bilingual.

Untuk reguler program dilengkapi dengan kurikulum nasional terintegrasi, 5-7 kali sesi live teaching interaktif (Bahasa Indonesia, Matematika, Sains, English, Seni Budaya, PJOK dan Agama).

Sedangkan untuk reguler+bilingual dilengkapi dengan kurikulum reguler + English Class (berstandar Cambridge Singapura), 4 kelas program internasional per minggu (Science, Math, English), serta 7 kelas program nasional per minggu (Bahasa Indonesia, Matematika, Sains, English, Seni Budaya, PJOK dan Agama).

Secara general, Alta School berfokus pada beberapa hal di bawah ini meliputi:

  • Literasi Baca-tulis
  • Literasi Numerasi
  • Literasi Saintifik
  • Literasi Sosial Budaya/ Life skills
  • Bahasa Inggris
  • Aspek Seni & Olahraga


Apa Saja Peralatan yang Dibutuhkan saat Mengikuti Kelas di Alta School?

Berikut adalah perlengkapan yang harus parents sediakan untuk persiapan kelas di Alta School:

  • Laptop dengan fitur kamera dan audio
  • Headset berkabel/bukan bluetooth (opsional)
  • Hindari keramaian (stasiun, terminal, transportasi umum, dll)
  • Jaringan internet stabil
  • Aplikasi web browser Chrome versi terbaru
  • Memiliki akun e-mail Google/GMail


Berapa Biaya Homeschooling SD di Alta School?

Berikut adalah biaya homeschooling jenjang sekolah dasar di Alta School :

Biaya Homeschooling SD


Testimoni Parents 

Berikut adalah testimoni dari parents yang sudah mempercayakan Alta School sebagai partner homeschooling anak:

Review Alta School Ruang Guru
Review Alta School Ruang Guru
Review Alta School Ruang Guru


Penutup

Untuk parents yang sedang mencari homeschooling terdekat maupun homeschooling SD terbaik, bisa percayakan pada Alta School dengan fasilitas, tenaga pengajar, serta program yang sudah terpercaya.

Selain itu, homeschooling SD di Alta School juga memudahkan parents yang sedang bekerja di luar negeri maupun di pelosok tanah air untuk tetap bisa mendukung pendidikan anak sesuai dengan kebutuhan dan keunikannya.

Jadi, Alta School memang bisa menjadi solusi orang tua untuk mendukung homeschooling SD terbaik anak. Coba kelas gratisnya sekarang! :)

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

11 komentar

  1. Saya tertarik sekali dengan homeschooling dari dulu, hanya saja terkendala biaya. Dengan homeschooling anak tidak perlu berangkat terlalu pagi dan pulang kesorean, apalagi di Jakarta macet.

    BalasHapus
  2. Informasi yang lengkap tentang homeschooling SD Alta School, mulai dari definisi homeschooling, kelebihannya, hingga program dan biayanya. Bagi saya tulisan ini sangat bermanfaat bagi orang tua yang tertarik untuk memilih jalur homeschooling untuk anak mereka.

    BalasHapus
  3. Saat ini jasa homeschooling semakin dibutuhkan seiring dengan kebutuhan ibu-ibu modern yang tak ingin menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah formal. Tp bagaimanapun juga homeschooling tetap membutuhkan waktu dan dukungam orangtua.

    BalasHapus
  4. Konsep homeschooling sekarang memang bagus-bagus banget ya Mbak, seperti Alta yang bahkan punya kelas bilingual juga. Yang saya lihat, anak-anak homeschooling ini memang sisi kemandirian dan kreativitasnya unggul sih. Mereka terbiasa diajak untuk mengambil inisiatif sejak dini, walau tentu butuh support system yang baik juga ya terutama dari orangtua.

    BalasHapus
  5. Menarik solusi yang diberikan Alta School, jadi solusi bagi siswa yang tidak dapat bersekolah secara offline karena beberapa alasan

    BalasHapus
  6. Sekarang memang homeschooling ini sudah bukan hal baru lagi ya bagi orang tua apalagi juga sudah banyak lembaga yang bisa memfasilitasinya kayak Alta School ini jadi orang tua tidak bingung memilih homeschooling

    BalasHapus
  7. Memang bakalan ada kelebihan dan kekurangannya ya. Apalagi homeschooling di daerah masih termasuk hal baru. Tinggal koordinasi antara anak, ortu dan pihak ketiga aja bagaimana supaya anak nyaman dan pendidikannya tidak tertinggal

    BalasHapus
  8. Kalau sudah ada kata rekomendasi, ini benar-benar ada hasil baik yang sudah pernah dirasakan. Jadi makin yakin nih buat rekomin Alta School ke teman atau saudara. Apalagi Homeschoolingnya ada yang bilingual

    BalasHapus
  9. Homeschooling bisa dapat ijazah sekolah dan sudah diakui berarti yah Mba.. Perlu banget nih buat ortu yg memutuskan homescooling untuk memilih lembaga pendidikan yg bagus seperti Alta School ini.. Karena layanan dan fasilitas yg didapatkan sesuai dengan program pendidikan yang terbaik

    BalasHapus
  10. semasa kuliah, pernah ngajar les privat siswa homeschooling jenjang SMA, setiap minggunya hanya diberi tugas berupa menjawab soal-soal berlaku untuk semua mata pelajaran.

    Karna itu merupakan pengalaman pertama jadinya setiap mendengar kata homeschooling stigmanya begitu..

    ternyata beda ya, dan menurutku mirip-mirip sekolah daring waktu pandemi, namun pastinya kualitasnya lebih bagus

    BalasHapus
  11. Manfaat homeschooling ini bagus juga ya ternyata buat si kecil. Apalagi asiknya si kecil juga jadi tetpantau orangtuanya ketika belajar maupun mengerjakan tugas

    BalasHapus

Posting Komentar