Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Jurnal Ulat-Ulat Pekan-7 Bongkar & Refleksi (Bunda Cekatan Batch#2 Institut Ibu Profesional)

Konten [Tampil]
Setelah memetik apel dan mengumpulkannya ke dalam keranjang di Jungle of Knowledge dan kebun apel, kini tiba waktunya kami untuk menepi di danau menikmati semilir angin. Danau ini dinamakan Danau Cermin. Di tahap ulat pekan 7 kelas Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional ini kami melakukan bongkar dan refleksi.

Kemarin di pekan sebelumnya kami masuk ke tahap LEARN. Kami belajar banyak hal di sini. Kemudian kini, kami harus melakukan Un-LEARN, yaitu membongkar/melakukan klasifikasi apa yang telah dipelajari dan melakukan refleksi. Untuk selanjutnya masuk ke tahap Re-LEARN, atau mengulas kembali apa yang telah dipelajari agar semakin paham.

Klasifikasi

Flash back ke peta belajar yang pernah di buat, aku mulai merekap kembali apa yang telah dipelajari di tahap ulat ini.

Project : Heal the Widya's World 

Makanan Utama :

1. Sealf Healing
  Obrolan Sehat Mental tentang Burnout (by Live IG Adjie Santosoputro feat Marchella FP)
  - Morning Self Loving Kindness Theraphy (Podcast FBG Buncek IIP)
  - Self Healing, Menjadi Aku yang Baru (Podcast FBG Buncek IIP)
  - Menjaga Emosi Ibu (Hadiah Ulat)

2. Anger Management
   - Mengenal dan Mengelola Emosi (Go Live FBG Buncek IIP)
   - Emotional Intellegence (Go Live FBG Buncek IIP)
   - Cara Mengelola Emosi (Zoom Class by Mbak Nuni IP)
   - 6 Cara Mengelola Emosi di Tengah Kondisi yang Tak Pasti (Hadiah Ulat)

3. Writing for Healing
   - Expressive Journalling Class (Zoom Class by Raden Prisya)

Cemilan :
1. Komunikasi Antar Pasangan (Hadiah dari Ulat)
2. 26 Frase Menenangkan Anak Marah (Hadiah dari Ulat)
dan beberapa cemilan...

Refleksi

Makanan yang saya dapat sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada di peta. Kini saya tinggal mengaplikasikannya secara konsisten untuk sehari-hari agar produktivitas semakin baik.

Yang lebih banyak saya dapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan (Jungle of Knowledge) adalah makanan utama. Karena dari BunCek saya belajar untuk fokus, one beat at a time, berani berkata "saya tidak tertarik, meski itu sangat  menarik". Ini tentang prioritas dalam hidup.

Yang membuat saya bahagia belajar di hutan pengetahuan adalah tentang variasi dan adaptasi. Banyak sekali variasi ilmu di sini, banyak sekali media yang bisa digunakan untuk sharing ilmu dan mendapatkan ilmu, proses adaptasi ada di sini. Bahwa kita harus siap dengan perubahan, berubah atau kalah. Di sini saya juga bisa belajar tentang adab berkenalan dengan orang baru serta kebahagiaan saat berbagi tanpa mengharap kembali, dan sikap menghargai dan mengapresiasi saat mendapat hadiah. Mungkin poinnya juga adalah, adab sebelum ilmu.

Strategi belajar yang kurasakan berhasil di hutan pengetahuan adalah dengan audio visual. Tetap, saya anak visual hihihi. Saya lebih tertarik belajar lewat video, Zoom Class, podcast, infografis. Saya keteteran jika hanya mendapatkan informasi di WhatsApp Group saja.

Yang harus saya tingkatkan lagi ke depannya adalah tentang konsistensi dan rasa percaya pada diri sendiri. You can do this.








Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle personal bloger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi.

Related Posts

Posting Komentar