Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Memulai Bisnis Kuliner dari Nol? Coba OMELA Buat Masak Opor Ayam!

16 komentar
Konten [Tampil]
Memulai Bisnis Kuliner dari Nol

Memulai Bisnis Kuliner dari Nol? Coba OMELA Buat Masak Opor Ayam yuk mumpung menuju Hari Raya! Tidak semua orang sempat dan bisa memasak makanan khas lebaran. Belum lagi yang tidak bisa makan daging sapi/kambing. Opor ayam tetap jadi idaman.

Ini kesempatan kamu untuk memulai bisnis kuliner makanan khas lebaran. Tidak hanya itu, dengan Omela Krimer, kamu bisa membuat makanan dan minuman apapun! Bahkan kuliner kekinian. Jadisimak sampai habis ya!

Seperti yang kita tahu, di hari raya/lebaran, masyarakat Indonesia memiliki makanan khas yang terhidang di rumah masing-masing. Biasanya ada ketupat, opor, rendang, sambal goreng kentang, gulai, sate, dan lain sebagainya yang berbahan dasar daging.

Tidak hanya di momen tersebut. Di hari-hari biasa, (misalnya) opor juga menjadi makanan favoritku nih. Enak dimakan saat sarapan juga. Apalagi pakai lontong/ketupat, lebih lezat! Anak-anakku juga suka. Jadi, memang opor adalah makanan yang familiar disantap sehari-hari di rumah.

Untuk kamu yang hobi memasak, tidak ada salahnya menjadikan hobi tersebut untuk memulai bisnis dari rumah. Usaha kuliner rumahan sangat digandrungi nih, apalagi sejak pandemi.


Jenis Usaha Kuliner Rumahan

Semakin ke sini, aku semakin menyadari bahwa kita bisa produktif dari mana saja. Termasuk bisa membuka usaha kuliner meski hanya dari rumah.

Ada beberapa ide usaha kuliner rumahan yang bisa kamu coba nih:

1. Membuka Katering

Ini adalah usaha makanan yang cocok untuk kamu yang tidak ingin mengeluarkan modal banyak dan takut mubazir karena tidak habis terjual.

Biasanya orang memesan katering sudah ditentukan jenisnya (snack atau makanan berat), peruntukannya, jumlah pesanannya, bahkan sudah menyerahkan uang muka alias DP hingga pembayaran penuh sebagai tanda jadi. Jadi kamu tidak perlu modal terlalu banyak.

Adapun katering ini bisa dalam bentuk prasmanan, box, dan lainnya. Kamu bisa memulai usaha katering dari mulut ke mulut dengan kapasitas kecil. Saat sudah berkembang, kamu bisa melanjutkannya dengan jumlah yang lebih besar seperti katering pernikahan atau katering aqiqah. Selanjutnya, kamu bisa promosi via digital dengan memanfaatkan media sosial.


2. Angkringan/Warmindo di Rumah

Bukan tidak mungkin jika kamu membuka angkringan di rumah. Misalnya kamu menjual sate-sate khas angkringan, seperti sate telur puyuh, sate kerang, sate keong, dll. Biasanya di angkringan juga menjual tempe tahu bacem, bakwan jagung dan berbagai gorengan lainnya.

Minumannya juga beraneka ragam, seperti susu jahe, teh tarik, dll. Selain angkringan, kamu bisa juga membuka warmindo. Biasanya di warmindo menjual mie goreng, mie rebus, nasi goreng, mie tek tek, bubur kacang hijau dan masih banyak lagi.


3. Jual Frozen Food

Frozen food ini menjadi favorit untuk mereka yang sibuk dan tidak sempat masak. Kamu berpeluang untuk memulai usaha kuliner jenis frozen food. Karena ini makanan beku, jadi bisa tahan lama.

Biasanya makanan frozen food yang disukai banyak orang meliputi dimsum, steamboot, bakso aci, risoles mayo, home made nugget,dll. Bahkan sekarang ayam ungkep, ikan ungkep dan segala hal yang diungkep sudah diperjual belikan. Soalnya memang praktis dan mempersingkat waktu. Tinggal goreng saja, jadi deh.


4. Makanan Pre-Order

Nah makanan pre-order ini sebetulnya yang paling aman untuk memulai bisnis kuliner dari nol. Karena anti mubazir sih. Biasanya beberapa makanan yang bisa dipesan made by order itu dessert, seperti pie buah, puding, salad, martabak, dessert box, kue, pokoknya semua makanan yang hanya dibuat saat ada yang pesan.

5. Jual Minuman Kekinian

bisnis kuliner minuman kekinian
source: www.omela.com/id/resep-omela
Kalau yang ini tidak perlu diragukan lagi ya. Minuman kekinian yang manis-manis dan seger-seger sungguh meningkatkan mood. Kamu juga perlu coba deh jualan ini.

Beberapa ide jual minuman kekinian yang bisa kamu bikin di rumah, misalnya es susu soda, es kopi susu jelly, es alpukat kocok, teh tarik, matcha latte, taro milk tea, es jagung manis, es semangka susu, sop duren, jus buah, kopi kekinian, dan tentu masih banyak lagi.

Minuman tersebut di atas bisa kamu dapatkan inspirasi resepnya di Omela :)


Memulai Bisnis Kuliner dari Nol

Selain lima jenis usaha kuliner rumahan di atas, tentu masih banyak jenis lain yang belum disebutkan. Sesuaikan saja dengan hobi hingga keahlian kamu untuk memilih jenis kuliner yang mana. Atau semuanya? Boleh-boleh saja.

Kini waktunya kita pelajari nih, bagaimana ya memulai bisnis kuliner dari nol?

1. Memahami Strategi Bisnis Kuliner Rumahan

Untuk memulai bisnis kuliner, tentu kamu butuh membuat suatu branding untuk produk kamu. Pilihlah yang mudah diingat dan menarik dilihat. Pastinya memberikan solusi untuk pembeli. Kemudian tentukan siapa target pasar/market kamu. Apakah ibu bekerja? Atau anak kos? anak-anak? Siapa?

Tentukan jenis kuliner yang ingin dijual. Kamu bisa riset terlebih dahulu apa yang orang-orang butuhkan, apa yang belum ada, dll. Pikirkan juga sistem operasionalnya. Selain itu, pilihlah bahan yang mudah ditemukan untuk memudahkan bisnis kamu yang baru mulai ini.


2. Cari Cara Membuka Usaha Kuliner dengan Modal Kecil

Cek aliran keuangan kamu. Jika belum bisa membuka usaha kuliner yang besar, bukalah yang kecil terlebih dahulu. Jangan terlalu memaksakan. Jangan lupa juga untuk menentukan harga dengan bijak. Meskipun usaha kamu baru, tapi harus ada untungnya juga.

Bingung cari lokasi yang murah? Kamu bisa memulai bisnis kuliner dari rumah saja, atau bisa di halaman rumah kamu jika memungkinkan.


3. Mulai Dari yang Kamu Suka dan Kamu Bisa

Jika kamu bisa dan suka, tentunya menjalani bisnis kuliner ini akan lebih mudah dan nikmat. Apalagi memang misalnya itu masakan keseharian kamu, atau makanan favorit keluarga kamu, tentu ini akan menjadikan bisnis kuliner kamu tidak hanya memanjakan lidah pembeli namun juga berasal dari hati.


4. Promosi dan Inovasi

Butuh usaha untuk mengenalkan bisnis kamu yang dari nol ini alias baru mulai. Pelajari digital marketing jika diperlukan. Perluas relasi, karena dari mulut ke mulut juga bisa melarisi bisnismu. Jangan lupa melakukan inovasi saat bisnis kamu sudah berjalan lancar agar tetap bisa bertahan lama.

5. Pandai Melihat Moment
cara memulai bisnis kuliner modal kecil

Pintar-pintarlah melihat momen alias peluang. Misalnya nih jika momen lebaran akan tiba. Kamu bisa membuka order katering makanan khas lebaran. Nah kebetulan nih, aku akan beritahu salah satu resep favorit aku. Bisa jadi ide bisnis kuliner rumahan kamu nantinya.


OMELA Buat Masak? Memangnya Bisa?

Kali ini aku akan berbagi resep opor ayam favorit aku dan keluarga di rumah. Spesial! Kenapa spesial? Karena aku tidak pakai santan nih, tapi pakai OMELA Krimer. Penasaran?  

Jadi untuk yang belum familiar, Omela adalah produk Krimer yang memiliki rasa gurih dan lezat. Omela ini bisa dipakai untuk menambah kenikmatan aneka masakan, penganan dan minuman favorit.

Pakai Omela, masakan dan minuman jadi lebih menggugah selera, lebih harum, teksturnya juga menggiurkan mata, dan yang terpenting rasa semakin nikmat istimewa. Jadi untuk kamu yang mau masak untuk keluarga di rumah atau bahkan untuk bisnis kuliner kekinian kamu; Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!

masak opor ayam tanpa santan

Aku dah coba nih pakai Omela untuk memasak opor ayam. OMELA Buat Masak Opor Ayam? Kaget? Nanti deh aku ungkap resep rahasia favorit keluargaku.

Dengan rasa yang gurih dan lezat, Omela Krimer ini bisa digunakan untuk menambah nikmatnya kopi, teh, es campur, es buah serta berbagai macam makanan lain seperti kue-kue, martabak, pisang dan roti bakar.


OMELA Buat Masak Opor Ayam

Aku baru saja mencoba pakai Omela Krimer untuk masak opor ayam. Rasanya benar-benar lebih gurih, manisnya pas, enak dan kaya akan rasa (rich). Anak-anakku doyan banget!

Tidak hanya untuk momen lebaran. Untuk makan sehari-hari saja nikmat luar biasa. Untuk bisnis kuliner? Bisa banget!


Resep Opor Ayam Spesial Pakai Omela Krimer Kental Manis

resep opor ayam tanpa santan

Bahan yang digunakan untuk membuat opor ayam OMELA:

  • 5 sdm Omela Krimer 
  • 1/2 sdm gula merah
  • 1 lbr daun salam
  • 2 lbr daun jeruk
  • 2 btg sereh
  • 1 ruas jahe
  • Bawang merah goreng sesuai selera
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Daging ayam (bagian sayap) 8 potong
  • Air matang 1 L

Bumbu halus :

  • 2 butir kemiri
  • 2 ruas kunyit
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sdt garam
  • 2 ruas lengkuas

resep opor ayam tanpa santan

Cara membuat opor ayam pakai OMELA

  1. Cuci bersih daging ayam, bersihkan dengan air panas.
  2. Larutkan Omela dengan 200 cc air.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan gula merah, daun salam, daun jeruk, sereh geprek, jahe geprek, masukkan ayam, tumis sebentar.
  5. Tambahkan 800 cc air dan 200 cc larutan Omela krimer.
  6. Aduk terus dengan api sedang.
  7. Masukkan kaldu bubuk dan koreksi rasa.
  8. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Penutup

Itulah resep rahasia favorit keluarga aku. Kamu wajib coba! Untuk kamu yang ingin mulai bisnis kuliner, paling Pas dengan Omela. Opornya jadi semakin lezat, gurih dan harum menggugah selera. 

Kamu bisa intip resep makanan dan minuman lainnya dengan Omela Krimer di websitenya. Di sana ada juga tips menyimpan makanan serta banyak tips trik lainnya.

memulai bisnis kuliner dari nol di rumah

Jadi untuk kamu yang ingin memulai bisnis kuliner dari nol, yuk coba pakai OMELA buat masak opor ayam versi kamu. Aku juga jadi pingin masak makanan dan minuman lainnya pakai OMELA. Lihat resep menarik lainnya juga di website Omela ya untuk inspirasi bisnis kuliner kamu! :)

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

16 komentar

  1. Omela ini emang rasanya lebih gurih dan khas, aku juga Jarang Pakai Santan sih, Lebih suka Pakai krimer soale ga cepet basi hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku langsung ludes, nggak memperhatikan lebih cepet basi yg mana. Makasih kak insightnya ^^

      Hapus
  2. ngeliat foto opornya enak banget mbak
    aku belum pernah cobain Omela, kayaknya jaminan pasti enak ya
    pengen belii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba ^^ enak lebih gurih, rasanya rich gtu...

      Hapus
  3. Kalau aku disuruh milih ... Aku lebih milih OMELA sih, daripada OMELAN emak-emak, hehehe...
    Aku forward ke istri ya, biar dimasukkan opor resep mbak Widya... Kelihatannya enak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak dokter ini bisa aja hahaha siap laksanakan dok ^^

      Hapus
  4. Aku suka pakai omela krimer juga lho mbak. Buat soto Banjar, Tomyam juga masakan lain. Emang enak sih, gurihnya nggak eneg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku baru coba opor nih bun. Next mau coba juga buat menu lain ^^

      Hapus
  5. Masyaallah...materi yang menarik. Lagi pengen buka usaha soalnya

    BalasHapus
  6. Jadi pengin coba resepnya Mbak Widya. Selama ini taunya cuma pake santan. Kalo ada yang enak, kenapa harus yang eneg, ya? Dasar aku tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga nih newbie pakai krimer, ternyata enaaaaak ^^

      Hapus
  7. patut dicoba nih mbak, apalagi resep yang dibagikan mbak Widya selalu menggugah. Pas di Instagram kapan hari itu juga bikin pengen buat deh, resep rawon, eh ini ada resep opor pake Omelan. Hal baru bagiku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah thank you ya mba ^^ selamat mencoba!

      Hapus
  8. pengen banget buka warmindo deket rumah, pasti seru :D

    BalasHapus

Posting Komentar