Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Popmama Parenting Academy 2021, Rayakan Keseruan Jadi Orang Tua!

20 komentar
Konten [Tampil]
popmama parenting academy 2021

"Mama janji, mama akan menjadi mama yang terbaik di dunia!"

Itu adalah percakapan dalam sepenggal trailer film bergenre drama komedi yang akan launching di bulan Desember ini. Film yang berkisah tentang sepasang suami istri dimana mereka belum siap memiliki seorang anak.

Keduanya panik dan bingung saat harus mengurus anak pertamanya yang baru lahir. Hingga akhirnya sang Ibu mengalami baby blues dan membuat dirinya mudah sedih, lelah, cepat marah, menangis tanpa alasan yang jelas, mudah gelisah, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Suatu ketika mereka ada di titik untuk saling menyalahkan dan beradu argumen siapa yang paling lelah. Long short story, akhirnya mereka bertukar jiwa. I know, it's just a fiction. But, don't you see it's happend in this real world?

Trailer film ini sungguh menarik dan menyita perhatianku since day one I saw that. Apa mungkin karena relate? Ya, mungkin karena aku pernah ada di posisi tersebut.

Posisi dimana kami sebagai orang tua mulai mempertanyakan siapa yang paling lelah. Apakah jadi Ibu? Ataukah jadi Ayah?

Mulai berandai-andai jika pasangan tahu betapa sulitnya menjadi Ibu. Tapi pasangan justru menjawab lebih sulit menjadi kepala keluarga. Haruskah kami bertukar peran agar tahu siapa yang paling lelah?

Yes, may be almost all parents through this condition.


Fakta Baby Blues; Siapa yang lebih lelah, ayah atau ibu?

Jika faktor baby blues pada Ibu juga dipengaruhi oleh hormon melahirkan, maka baby blues pada ayah sebetulnya adalah lebih tepat disebut depresi paska kelahiran bayi. Ini biasa terjadi hingga anak berusia 3-6 bulan, bahkan bisa lebih lama.

Diperkuat dari statement dalam Smart Parents, psikiater Rumah Sakit Gleneagles, Singapura, Dr Lim Boon Leng, mengatakan bahwa ayah juga bisa terkena deperesi setelah kelahiran bayinya.

Sebuah penelitian di New Zealand baru-baru ini bahkan menemukan bahwa ayah dengan kondisi kesehatan yang buruk berisiko lebih tinggi terkena baby blues

baby blues ayah

Sedangkan melansir dari laman Mayo Clinic, baby blues pada Ibu biasanya dimulai sejak 2-3 hari pertama setelah melahirkan hingga sekitar dua minggu setelahnya. Jika berlangsung lebih dari itu, maka harus waspada dengan istilah Depresi Paska Melahirkan.

American Pregnancy Association juga menyebutkan sekitar 70-80 persen ibu yang baru melahirkan ternyata mengalami baby blues.

Adapun hal-hal yang memicu seorang Ibu mengalami baby blues adalah perubahan hormon, kelelahan mengurus bayi, kurang tidur, kurangnya support system, bingung dan merasa disalahkan.

Jika dilihat dari pemicunya, maka healing terhadap issue baby blues antara Ayah dan Ibu sebetulnya hampir mirip.


Cara mencegah Baby Blues pada Ayah dan Ibu, meliputi:

  • Persiapan kelahiran dari segi fisik, mental dan finansial
  • Belajar tentang persalinan dan pengasuhan anak ke ahlinya
  • Komunikasi produktif dengan pasangan
  • Memiliki circle positif untuk saling support sesama orang tua
  • Perhatikan pola istirahat/tidur yang cukup dan makan yang bergizi
  • Berpikir positif dan tuliskan rasa syukur
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan
  • Refreshing sejenak dan quality time bersama keluarga

Karena selain menjadi Ibu dan Ayah, kita ini juga berperan sebagai Istri dan Suami. Dari pada saling beradu siapa yang paling lelah, mengapa tidak belajar dan bertumbuh serta bekerja sama untuk jadi orang tua yang lebih baik dan lebih asik?
keluarga bahagia

Menjadi orang tua dari anak-anak sekaligus suami/istri untuk pasangan memang tak mudah. Butuh bekal ilmu yang banyak, hati yang besar, ego yang diturunkan, kesabaran, teknik komunikasi yang tepat dan circle yang positif.

Selain itu, menjadi keluarga yang seru, bahagia dan tumbuh bersama anak-anak yang kreatif dan ceria serta bisa beradaptasi dengan zaman adalah dambaan semua keluarga.

Tapi dimana ya kita bisa belajar itu semua?

Yuk, rayakan keseruan jadi orang tua dengan join di Popmama Parenting Academy 2021!


Apa itu Popmama Parenting Academy 2021?

Popmama Parenting Academy merupakan acara tahunan yang didedikasikan untuk para keluarga milenial. Dalam event ini, Popmama mengajak keluarga Indonesia untuk menambah wawasan baru, berkreasi dan saling support satu sama lain.

Popmama Parenting Academy 2021 mengusung tema #ParentsSupportParents. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 1-31 Desember 2021 dengan berbagai rangkaian acara.

Tidak dipungkiri bahwa dukungan sesama orang tua sangatlah penting dan dibutuhkan dalam dunia pengasuhan anak ini. Diharapkan tidak ada lagi orang tua yang justru saling menjatuhkan satu sama lain.

Adapun 4 pilar POPAC (Popmama Parenting Academy) 2021:

1. Kesehatan

Jika dilihat dari content series Popmama di akun instagramnya, parents akan menemukan ada beberapa pembahasan tentang kesehatan. Misalnya pentingnya Kotak P3K, peluncuran buku pengasuhan anak generasi pandemi, dsb. Narasumber yang dihadirkan juga ada seorang dokter spesialis anak.

2. Edukasi

Parents bisa update informasi yang edukatif di media sosial Popmama. Adapun di sana telah membahas mengenai pengasuhan anak, homeschooling, gadget, stimulasi anak, serta dongeng dan masih banyak lagi. Narasumber yang dihadirkan juga tentunya ada kaitannya dengan hal tersebut.

3. Kekerasan pada anak

Dalam pilar ini, Popmama menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki background Psikologi. Adapun jika parents perhatikan di konten di sosial medianya, Popmama membahas tentang pencegahan pernikahan dini sebagai salah satu pemicu KDRT serta kasus bullying pada anak.

4. Finansial

POPAC 2021 juga menghadirkan narasumber yang ahli di bidang keuangan. Jika dilihat dari konten instagramnya, Popmama sudah mulai membahas tentang menjadi ibu rumah tangga yang sukses (mompreneur), tips mengelola keuangan rumah tangga, dll.

Pilar-pilar di atas memang sangat krusial dalam keluarga dan wajib untuk dipelajari. Akupun tak sabar untuk tahu lebih lengkap, ada apa saja ya di event POPAC 2021 ini?

rangkaian acara popac 2021

Rangkaian Event Popmama Parenting Academy 2021

Berikut adalah beberapa rangkaian acara Popmama Parenting Academy (POPAC) 2021:

1. Webinar (Online)

Akan ada banyak webinar yang disiapkan oleh Popmama. Beberapa live instagram dan kulwap juga nampaknya akan terus digalakan.

popmama parenting academy 2021

Untuk narasumber yang sudah launching akan mengisi POPAC 2021 (yang sesungguhnya mungkin akan lebih banyak lagi), adalah:

a) Rika Endang Triyani (Storyteller)

Beliau adalah Ibu dari tiga putri (16,12,9) yang semuanya homeschooling. Beliau berkeliling Indonesia untuk menyebar kecintaannya terhadap dongeng.

Kak Rika adalah founder dari Dongeng Kota Hujan Bogor dan juga tergabung dalam Komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Beliau juga tergabung dalam Teater Boneka Sangkar Burung atau TBSB sebagai eksplorasi cara mendongeng.

b) Samanta Elsener, M.Psi., Psikolog (Psikolog anak dan keluarga)

Beliau adalah Ibu dari seorang putri berusia 9 tahun dan bekerja sebagai psikolog anak dan keluarga. Samanta juga menekuni dunia parenting dan art therapy lebih dari 5 tahun.

Kini belau memberikan psikoedukasi pada orang tua, anak, remaja serta dewasa muda melalui berbagai media. Samanta aktif sebagai pembicara di berbagai seminar, talkshow dan program self-development yang dikelolanya sendiri.

c) Rista Zwestika Reni, S.Sos. AWP CFP (Financial Planner)

Beliau adalah seorang perencana keuangan yang telah tersetifikasi CFP sekaligus AWP dan saat ini menjadi Co-Head of Advisor di perusahaan perencanaan keuangan Finansialku.com.

Sebagai perencana keuangan, mbak Rista juga dikenal dengan spesialisasinya yaitu berkaitan dengan cash flow, keuangan keluarga, dana pendidikan, dan asuransi.

d) dr. Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A 

Beliau adalah Dokter Spesialis Anak dari Mayapada Hospital. Akan berbagi banyak informasi menarik di event POPAC 2021.

e) Putu P.D Andani, M.Psi., Psikolog

Beliau adalah Co-Founder Tigagenerasi dan mama dari satu orang anak. Sekarang Putu tidak hanya aktif berpraktik di klinik TigaGenerasi saja, namun seringkali menjadi pembicara di sekolah-sekolah, komunitas dan beberapa brand ternama.

f) Saskhya Aulia Prima, M.Psi., Psikolog

Beliau adalah Co-Founder TigaGenerasi dan mama dari satu orang putra. Ia merupakan lulusan Magister Profesi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. 

Sebagai psikolog TigaGenerasi, Saskhya termasuk tim penulis dari best seller Buku Anti Panik. Saat ini, Saskhya tidak hanya aktif berpraktik tetapi juga aktif menjadi narasumber berbagai media online dan offline

g) Vera Itabiliana, S.Psi., Psikolog

Beliau merupakan psikolog anak dan remaja yang juga seorang Mama dari dua orang anak laki-laki. Vera juga pernah menerbitkan buku berjudul, "Tanya Jawab Seputar Perkembangan Anak", penerbit Bhuana Ilmu Populer (2008).

Dia juga merupakan salah satu penulis dari buku "Profesi Psikologi Itu Seru", penerbit Gramedia (2018). Beliau sekarang juga psikolog TigaGenerasi.


2. Community Awards

Tidak bisa dipungkiri memang komunitas memegang peran penting bagi orang tua baru untuk memperolah segala informasi dan pengetahuan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan terkait dengan pengasuhan anak.

Selain itu komunitas juga berperan sebagai support system Ibu dengan peluang memiliki banyak teman, menyalurkan hobi dan bakat terpendam, serta bisa update berita terbaru. Ini membuat Ibu merasa tidak sendirian.

community awards popmama parenting academy 2021

Di tahun 2021 ini Popmama merangkul komunitas yang telah berkontribusi untuk mendukung orang tua Indonesia melalui Popmama Parenting Academy 2021.

Ada dua kategori pemenang, yaitu Supportive Community (ditujukan untuk komunitas paling supportif) dan Educative Community (ditujukan untuk komunitas yang paling mendidik).


3. Donasi (Bantu anak yatim piatu akibat Covid-19)

Tidak dipungkiri pandemi ini menyisakan banyak kesedihan, banyak korban berjatuhan akibat virus Covid-19. Mirisnya lagi, banyak anak kehilangan orang tuanya. Menurut data yang beredar sejak pandemi dimulai, lebih dari 25.000 anak kehilangan orangtua akibat Covid-19.

Bagaimana nasib mereka? Padahal anak adalah penerus bangsa dan harus dilindungi serta dijaga masa depannya.

POPAC 2021 memiliki gerakan untuk mengumpulkan donasi bagi anak yang menjadi yatim/piatu bahkan anak yang kehilangan kedua orangtuanya karena Covid-19.

donasi kitabisa dan popmama parenting academy 2021

Penggalangan dana ini dilakukan melalui platform Kitabisa.com dan akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Seluruh dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19. Periode penggalangan dana berlangsung hingga 31 Desember 2021.

Parents bisa berdonasi di link berikut : https://bit.ly/donasi-popac2021


4. Popmama Little Star

Anak parents memiliki bakat dan ingin dilihat banyak orang serta berkesempatan raih jutaan rupiah? Ini saatnya.

Kali ini, parents dan si Kecil bisa mengikuti Popmama Little Star 2021 dari rumah. Jika anak memiliki bakat menari, menyanyi, berakting, modelling, olahraga, dll, parents bisa merekamnya dan upload ke media sosial.

popmama little star

Adapun syarat untuk mengikuti Popmama Little Star 2021, yaitu:

  • Peserta Popmama Little Star ditujukan untuk anak usia 7-12 tahun
  • Periode pendaftaran dimulai dari Periode pendaftaran: 15 November - 4 Desember 2021
  • Pendaftaran dilakukan melalui instagram/TikTok
  • Diperbolehkan untuk mengunggah foto atau video sebanyak-banyaknya
  • Foto atau video peserta yang sudah terkumpul akan disaring untuk dipilih 10 finalis
  • Akun Instagram/TikTok tidak boleh diprivate selama periode pencarian bakat
  • Bakat 10 Finalis akan ditampilkan di acara Popmama Academy 2021 Online
  • Seluruh finalis akan mendapatkan sertifikat dan hadiah hiburan

Sedangkan cara mengikuti Popmama Little Star 2021 adalah:

  • Abadikan momen unjuk bakat si Kecil dalam bidang apa pun (menari, menyanyi, berakting, modelling, olahraga, dll)
  • Upload foto/video tersebut melalui akun Instagram/TikTok pribadi
  • Ceritakan bakat & penghargaan yang sudah diraih si Kecil melalui caption
  • Tag dan mention @popmama_com & @popmama.parenting.academy
  • Gunakan hashtag #POPAC2021 dan #PopmamaLittleStar2021 #Littlestar(bakat anak) contoh #LittleStarMenari
  • Akun Instagram/TikTok tidak boleh diprivate selama periode pencarian bakat


5. Lomba Blog

Para bloger mari merapat! Ada lomba blog nih yang menjadi bagian dari acara Popmama Parenting Academy 2021. Lomba menulis ini terbuka untuk siapapun dan tidak dipungut biaya.

Kompetisi berlangsung dari tanggal 1-30 November 2021. Masih ada waktu nih.

lomba blog popmama 2021

Pengumuman pemenang blog review competition nantinya diadakan pada Rabu, 22 Desember 2021 dalam Awarding Night POPAC 2021 dan akan dimuat di sosial media Popmama.com.

Informasi lengkapnya langsung menuju ke instagram/website Popmama ya!


6. Luncurkan Buku Panduan Parenting untuk Generasi Pandemi

Popmama akhirnya mengambil peran dengan membuat buku Parenting Guide for Pandemic Generation, yaitu panduan mengasuh generasi pandemi untuk semua orangtua.

buku panduan parenting generasi pandemi

Buku ini adalah salah satu rangkaian program Popmama Parenting Academy 2021: Parents Support Parents.

Buku dengan format e-book ini nantinya bisa parents download dari website Popmama.com.

Dalam buku ini memuat empat pilar yaitu: pendidikan anak, kesehatan anak, keuangan keluarga dan pencegahan kekerasan pada anak.

***

Pastinya event POPAC 2021 ini akan seru sekali, penuh dengan ilmu, kebersamaan, support system dan bertabur hadiah.

Jadi nggak ada lagi urusan siapa yang paling lelah saat menjadi orang tua. Karena nyatanya, orang tua bukan tentang aku sebagai Ibu dan kamu sebagia Ayah, tapi kita sebagai orang tua yang akan bertumbuh bersama anak-anak sebagai keluarga.

parents support parents


So, yuk rayakan keseruan jadi orang tua dengan mengikuti Popmama Parenting Academy 2021! Untuk informasi ter-update bisa menuju ke
:


ibu di balik gawai






Artikel pendukung:
https://www.instagram.com/popmama.parenting.academy/
https://www.popmama.com/life/health/putri-syifa-nurfadilah/apresiasi-komunitas-di-community-awards-popac-2021-yuk-daftar
https://www.popmama.com/life/health/greg-bima/bersama-popmama-com-bantu-anak-yatim-piatu-akibat-covid
https://www.popmama.com/life/health/greg-bima/lomba-blog-popmama-parenting-academy-2021-raih-hadiah-jutaan-rupiah/4
https://www.popmama.com/life/health/sandraratnasari/popmamacom-segera-luncurkan-buku-panduan-pengasuhan-generasi-pandemi
https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/devi-ari-rahmadhani/unjuk-bakat-di-popmama-little-star-2021-raih-hadiah-jutaan-rupiah/2
Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

20 komentar

  1. Aku ngalamin banget baby blues, sampe 2 minggu pasca lahiran hampir tiap hari bawaannya suram, pengen nangis terus. Dan bener banget mbak, rasanya pengen tukeran aja sama suami. Coba kamu yg jadi aku, sakit jahitan, kudu nyusuin 2 jam sekali, begadang, capek tau! Tapi untungnya bisa heart to heart ke suami, jadi dia ngerti :"

    Btw, good luck lomba blognya! Semoga sukses terus ya mbak..

    BalasHapus
  2. Saat melahirkan anak sulung, saya juga mengalami baby blues. Suami saya juga kayak bengong gitu, gak tahu mau ngapain padahal saya butuh banget dia ada terus di samping saya sementara saya tidak ngomong juga dan baru menyadari bahwa itu baby blues setelah sekian tahun berlalu :D
    Memang kita butuh belajar terus ya karena anak bertumbuh terus. Popmama bisa menjadi tempat belajar yang baik.

    BalasHapus
  3. ah ita, baby blues itu sering dialami para orang tua baru ya mbak
    makanya perlu update ilmu parenting dgn ikutan acara Popmama Parenting Academy ini

    BalasHapus
  4. Aku baru tau baby blues bisa terjadi pada ayah, kupikir cuma sama ibu aja lho mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, kupikir cuma terjadi sama ibu doang. Mungkin suami pernah kena bany blurs nuh terutama saat aku sakit

      Hapus
  5. Ya ampun kak wiwid terimakasih loh ilmunya aku beneran baru tahu kalau ayah pun bisa mengalami baby blues :(( bener sih yaa, jadi inget gimana perjuangan para ayah untuk menafkahi keluarga, kadang mereka juga mengorbankan impiannya

    BalasHapus
  6. popmama parenting ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu khususnya bagi orang tua milenial, dan saya sendiri baru tau kalau baby blues bisa juga terjadi pada ayah bukan hanya ibu saja

    BalasHapus
  7. Artikel yang menarik. Aku dan suami kayaknya juga pernah mengalami baby blues pasca melahirkan anak pertama. Yaah udah bisa ngomong dengan santuy sih kalau sekarang. Tapi saat mengalaminya benar-benar tidak santuy.

    Kejadian di film itu memang relate kok sama kehidupan nyata. It's real! En Not easy to go through that. Sebuah support each other sangat dibutuhkan. Andai waktu itu sudah kenal popmama, mungkin kami tidak perlu mengalaminya.

    BalasHapus
  8. Alhamdullilah ada Popmama dengan Terobosan nya ya?
    Karena ternyata gak mudah jadi orangtua, terlebih jadi mama yang kerap harus ngambil keputusan sendirian

    BalasHapus
  9. Inilah pentingnya belajar parenting bahkan sejak belum menyandang status orang tua, sebagai bekal antisipasi babyblues. Alhamdulillah yah, sekarang sudah makin dimudahkan untuk mengakses wawasan seputar parenting, salah satunya lewat popmama ini.

    BalasHapus
  10. Udah nggak ragu lagi deh nih kredibilitasnya Popmama memang Top. Eh, tapi aku ketinggalan info lombanya dong, wkwk..

    Goodluck ya ibu..

    BalasHapus
  11. gara-gara belajar kesetaraan malah jadinya nih kita tuh kayak makan kata2 sendiri, lagi malas bawa2 ngurus2, eh katanya setara, laaah... malah nggak ampuh. hoho

    untung banget ada popmama ini nih, membantu bgt buat para ibu dan bapak untuk tetap mindful dalam pengasuhan dan mindful jadi orangtua dan pasangan ya

    BalasHapus
  12. waaa seru yaa :) seneng banget makin banyak acara yang mengapresiasi kerja kerasa para wanita menjadi ibu :)

    BalasHapus
  13. Ini nih yg saya butuhkan. Saya masih harus belajar banyak utk jadi ortu. Ada WAG-nya gak kk?

    BalasHapus
  14. Abis lahiran anak pertama aku ngalamin babyblues. Karena belum ada ilmunya jadi bingung gimana cara menghadapinya Dan jujuR aja sih jadi masa yg akU anggap sebagai masa kelam. Jadi sekarang udah banyak belajar, sehingga pas abis lahiran anak ke 2 aku bisa melalui dengan bahagia suka cita tanpa mengalami babyblues lagi

    BalasHapus
  15. Ayah bisa kena baby blues juga ya..heu.

    Jalinan para orangtua emang penting sih sebagai support system yang saling menguatkan.

    BalasHapus
  16. Bener sih yaaa, yang berpotensi memgalami baby blues bukan hanya ibu namun juga ayah... jadi penasaran deh bagaimana akhirnya sepasang suami istri yang bertukar jiwa atau bertukar peran tersebut?

    BalasHapus
  17. Aku mengalami baby blues bukan karena kurang support atau minim pengetahuan tentang new baby born tetapi justru overthinking dan merasa harus sempurna mengurus anak, rumah dan diri sendiri yang menjadi sangat jauh berkurang waktunya karena ada baby. Membaca buku dan me time seperti jajan enak dan dandan cantik menyelamatkan aku dari perasaan kacau saat itu.

    Beruntungnya saat ini ada Popmama Parenting Academy tempat belajar yang keren banget nih!

    BalasHapus
  18. aloha mba wid ^^ hihi, mampir lagi aku kesini xD keren banget ya event popmama parenting academy ini, ada webinar dengan narsum yang kredible, ada lomba dan kompetisi juga. semoga tiap tahun terus diadakan ya, Aamiin..

    BalasHapus
  19. Keren banget kok mama ini bisa menyuguhkan acara yang kompleks yang bermanfaat buat ibu-ibu zaman now

    BalasHapus

Posting Komentar